icon
icon
article hero

Liburan Tropis ke 6 Pulau Kecil di Nusantara yang Harus Kamu Coba (Ada yang Dekat Jakarta!)

AvatarName

Tiara  •  Aug 27, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan Hangatnya matahari, pasir putih, dan laut biru. Hal inilah yang selalu membuat kita kangen wisata pulau dan pantai. Untungnya, Indonesia dianugerahi garis pantai yang begitu panjang dengan berbagai gugusan pulau kecil. Otomatis, ada banyak alternatif wisata pulau yang  bisa dikunjungi. Bukan cuma Bali atau Lombok, berikut adalah sejumlah destinasi dengan pantai cantik yang menjadi wisata pulau favorit di Indonesia!
Pulau Seribu
Kepulauan Seribu adalah alternatif utama untuk wisata pulau di dekat ibukota. Gugusan pulau dengan pasir putih dan alam bawah laut yang indah ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Jakarta. Berlibur ke sana pun tidak selalu harus menginap karena banyak operator wisata yang menyediakan paket one day trip Pulau Seribu dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu pun bisa menikmati 342 pulau yang ada di sini dengan berbagai cara. Mulai dari island hopping, menginap di resort, atau bahkan berkemah di tepi pantai!
Karimun Jawa
 Kepulauan yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu destinasi wisata pulau yang populer. Airnya yang biru dan pasir putih menjadi pemandangan yang memanjakan mata saat berkunjung ke sini. Untuk menuju ke sana pun tidak sulit dan bisa dilakukan ala backpacker. Dari Semarang, kamu cukup menuju Jepara dengan bus, lalu naik kapal ke Pulau Karium Jawa. Meski lokasinya agak jauh, fasilitas pemandu wisata dan penginapan pun sudah banyak di sini. 
Gugus Gili
Inilah alternatif untuk kamu yang ingin wisata pulau, namun tidak suka suasana ramai seperti Bali. Gugus Gili berada di sebelah barat laut Pulau Lombok dan menawarkan suasana liburan yang tenang. Uniknya, tidak ada kendaraan bermotor di ketiga gugus pulau ini baik Gili Trawangan, Gili Air, maupun Gili Meno. Untuk berkeliling pulau, biasanya wisatawan menyewa sepeda atau naik delman. Selain menikmati suasana pantai berpasir putih, kamu pun bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan snorkeling atau diving.
Pulo Cinta
Percayalah, foto di atas bukan di Maldives, melainkan di Gorontalo, Sulawesi Utara. Lebih unik lagi, pulau ini asli berbentuk hati. Wisata pulau ini menampung kompleks bangunan yang berfungsi sebagai restoran dan dikelilingi oleh 15 villa terapung di sekitarnya. Perjalanan menuju ke sana pun tidak terlalu sulit, cukup dengan 2 jam perjalanan darat dari bandara menuju dermaga dan 15 menit menyeberang dengan kapal. Mengingat pulau ini juga merupakan sebuah resort, jadi kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah dan kuliner Sulawesi yang sedap!
Wakatobi
 Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari 4 gugusan pulau yang ada di Kabupaten Wakatobi, yakni Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Lokasinya berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan dapat dijangkau dengan 30 menit penerbangan dari Bandara Haluoleo Kendari menuju Bandara Matahora di Pulau Wangi-wangi. Di wisata pulau Wakatobi, kamu bukan hanya dapat menikmati pemandangan pantai dan hangat sinar matahari, namun juga diving di puluhan spot dan menyapa para Suku Bajo yang ada di sana.
Morotai
Untuk kamu yang suka snorkeling dan diving, Morotai adalah wisata pulau yang wajib kamu selami paling tidak sekali seumur hidup. Setidaknya ada 28 diving spot di Morotai dengan berbagai terumbu karang dan kehidupan laut yang indah. Satu hal yang membuat lokasi ini berbeda adalah adanya bangkai pesawat dan mobil di kedalaman puluhan meter yang diduga berasal dari sisa-sisa peperangan zaman dahulu. Pengalaman lain yang tak kalah seru di adalah diving bersama hiu! Simak juga liburan pantai bernuansa tropis di Nusantara lainnya dalam artikel berikut ini: