icon
icon
article hero

5 Aktivitas yang Wajib Masuk Itinerary Saat Berkunjung ke Danau Toba

AvatarName

Tiara  •  Aug 28, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata Danau Toba menjadi salah satu proyek super prioritas pariwisata Indonesia. Danau vulkanik raksasa ini menyimpan begitu banyak daya tarik yang beberapa di antaranya belum diketahui banyak orang. Selain menikmati keindahan alamnya, inilah beberapa hal yang patut kamu coba untuk menikmati liburan dengan wisata di Danau Toba.
Mampir ke air terjun Sipiso-piso
Mulailah perjalanan wisata Danau Toba kamu dengan mengunjungi air terjun Sipiso-piso. Lokasinya berada di Desa Tongging yang terletak tepat di tepi Danau Toba. Air terjun setinggi 120 meter ini berada di bibir kaldera dan menjadi salah satu penyuplai air danau. Kamu juga bisa menikmati air terjun ini dari dasarnya dengan menuruni ratusan anak tangga yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan mengenakan alas kaki yang sesuai ya.
Berlayar di Danau Toba
Wisata Danau Samosir pun bisa kamu lakukan dengan naik kapal wisata yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Samosir. Kapal ini bisa kamu temukan dengan mudah karena bentuknya menyerupai rumah adat tradisional Batak dan ada patung Sigale-gale besar di anjungannya. Kapal wisata ini akan membawa kamu menyeberang ke Pulau Samosir sambil berkeliling dan melihat keindahan alam Danau Toba.
Mengunjungi Desa Adat Batak
 Setibanya di Pulau Samosir, lanjutkan wisata Danau Toba kamu dengan mengunjungi Desa Wisata Tomok. Di desa adat Batak ini, kamu bisa melihat rumah tradisional Batak dan salah satu daya tarik paling populer di Danau Toba, yaitu Sigale-gale. Patung kayu ini merupakan bagian penting dalam tarian tortor suku Batak. Selain digunakan dalam upacara adat penguburan, Sigale-gale juga digunakan dalam tarian tortor sebagai hiburan para wisatawan yang datang ke desa wisata ini. Sigale-gale digerakkan oleh pawang dengan kendali tali yang berada di dalam kotak yang menjadi fondasinya. 
Mendaki Pusuk Buhit
Wisata Danau Toba yang satu ini akan mengingatkan kamu kepada pemandangan New Zealand. Tempat ini merupakan salah satu puncak dataran tertinggi di sisi barat Danau Toba dan konon merupakan tempat lahirnya suku Batak. Pusuk Buhit bisa dijangkau melalui 2 jalur pendakian, yakni dari Desa Huta Ginjang atau Desa Aek Rangat. Selama pendakian, kamu pun bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di sana, seperti situs Batu Hobon dan pemandian Aek Sipitu Dae. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan logistik sebelum kamu berangkat mendaki ya.
Berkemah di tepi Danau Toba
 Cara lain utnuk menikmati wista Danau Toba adalah dengan berkemah di tepiannya. Salah satu spot yang menjadi favorit para wisatawan adalah di wilayah Paropo. Pemandangan di sini akan mengingatkan kamu kepada Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru. Di sini kamu bisa menikmati 2 pemandangan skealigus, yakni pemandangan perbukitan hijau dan perairan Danau Toba yang tenang. Semakin banyak alasan untuk mengunjungi Danau Toba. Bukan sekedar menikmati pemandangannya, kamu pun bisa mendapatkan pengalaman unik sejak tiba di bibir kaldera hingga di salah satu desa wisatanya. Simak juga rekomendasi wisata di Sumatera Utara lainnya dalam artikel berikut ini: