icon
icon
article hero

4 Pengalaman Warkop Ala Asia yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Jan 24, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Secangkir kopi bisa dinikmati dengan berbagai cara. Kopi hitam panas, kopi susu, sampai kopi karamel macchiato adalah minuman wajib bagi sebagian orang untuk memulai hari. Namun, tahukah kamu bahwa negara-negara di Asia punya cara yang berbeda untuk menikmati kopi? Dari kopi tetes hingga pengalaman ngopi ala Hong Kong, berikut ini adalah beberapa pengalaman minum kopi ala negara-negara di Asia yang bisa kamu cicipi di Indonesia.
Kopi Tetes Vietnam
Vietnam drip coffee alias kopi tetes adalah cara minum kopi Vietnam yang khas. Alih-alih diseduh dan diaduk langsung, kopi Vietnam diseduh disajikan dengan alat khusus yang diletakkan di atas gelas kopi. Larutan kopi tersebut lalu menetes perlahan lewat lubang-lubang kecil di dasar alatnya dan ditampung di gelas. Untuk kamu yang suka kopi susu, kopi Vietnam biasanya disajikan dengan campuran susu kental manis. Pengalaman minum kopi unik ini sudah diadopsi oleh banyak kedai kopi lokal. Namun untuk pengalaman yang autentik, kamu bisa bertolak ke beberapa restoran Vietnam seperti Saigon Delight, NamNam Noodle Bar, Do An, atau monViet
Kopitiam Malaysia
 Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Bangi Kopitiam, Lau's Kopitiam, atau QQ Kopitiam. Kopitiam sendiri merupakan penggabungan istilah kopi yang berasal dari bahasa Melayu dan bahasa China. Menurut sejarah, kopitiam merupakan bisnis kedai kopi yang dijalankan oleh orang China yang berasal dari Puzhou dan Hainam pada masa penjajahan Inggris di Malaysia. 
Salah satu ciri khas dari kopitiam adalah cangkir yang digunakan, yakni cangkir keramik berwarna putih dengan aksen bunga berwarna hijau di sisi-sisinya. Menu yang disajikan pun punya nama yang khas seperti Kopi O, Kopi Tarik, hingga Teh Tarik. Kopitiam pun menyajikan aneka makanan Melayu dan China seperti roti srikaya, nasi lemak, hingga aneka dimsum.
Kopi Tubruk Indonesia
Indonesia punya kopi yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Apapun jenis kopinya, salah satu cara paling umum adalah dinikmati sebagai kopi tubruk. Kopi tubruk adalah metode paling sederhana untuk menyeduh kopi, yakni hanya dengan air panas. Budaya minum kopi di Indonesia sendiri begitu kaya, baik dari segi asal kopinya dan cara menikmatinya. Salah satu kopi Indonesia yang paling terkenal dan diminati adalah kopi luwak asli. Biji kopi ini telah melalu proses fermentasi alami dengan perantara hewan luwak dan menghasilkan kopi dengan cita rasa yang unik. Jika kamu ingin menikmati sensasi minum kopi Indonesia yang berbeda, kamu bisa mencoba Kopi Joss ala Yogyakarta. Kopi hitam ini istimewa karena dicelup dengan bara arang yang menyala sebelum disajikan.
Cha Chaan Teng
 Secara bahasa, Cha Chaan Teng berarti kedai teh. Cha Chaan Teng sendiri meruapkan restoran kasual ala Hong Kong yang menyajikan aneka makanan dan minuman ala China  yang populer pada zaman setelah perang.  Makanan yang disajikan di Cha Chaan Teng tentu tidak jauh-jauh dari makanan China. Namun, salah satu yang paling khasa adalah roti bakarnya yang unik. Potongannya ekstra tebal dan rasanya gurih dengan potongan mentega di atasnya. Untuk minuman, tentu saja teh susu ala hong Kong yang menjadi favorit. Meski tidak sebanyak kedai kopi Vietnam atau Kopitiam, Cha Chaan Teng sudah mulai bisa ditemui di sejumlah kota besar. Simak juga rekomendasi restoran dan kafe unik lain yang bisa kamu singgahi dalam artikel berikut ini: