icon
icon
article hero

Obati Rindu ke Jepang dengan Menginap di The Onsen Hot Spring Resort Malang

AvatarName

Tiara  •  Jul 22, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Foto-foto The Onsen Resort Malang yang beredar di media sosial sontak membuat tim HHWT penasaran. Kepulan asap di onsen (pemandian air panas), hijaunya pegunungan, hingga gerbang berwarna merah, semua hal yang mengingatkan kita akan negeri sakura ada di sana. Dibuka sejak tahun 2017, The Onsen Resort Malang telah menjadi destinasi favorit baru bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Batu. Sesuai namanya, keunikan resort ini adalah adanya onsen atau kolam pemandian air panas pribadi di kamarnya. Namun, bukan hanya itu keistimewaannya. The Onsen Resort Malang menyajikan pengalaman menginap ala Jepang bagi tamu dengan berbagai fasilitas menarik lainnya. Sebelum kamu memesannya untuk liburan di Malang nanti, mari lihat lebih dekat The Onsen Resort Malang! Catatan: Harga, jam operasional, dan fasilitas yang ada bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola selama masa tanggap pandemi.
Lokasi dan cara menuju ke sana
 The Onsen Resort Malang berada di kota Batu, atau sekitar 25 km barat daya dari Alun-alun Malang. Perjalanan dengan mobil bisa ditempuh dalam sekitar satu jam. Jalurnya pun terbilang mudah karena jalanannya cukup lebar meski menanjak di perbukitan. Kamu akan dengan mudah menemukan resort ini karena pintu masuknya cukup besar, lengkap dengan papan nama bertuliskan The Onsen Hotspring. 
Suasana di The Onsen Resort Malang
Begitu masuk ke dalamnya, kamu akan disambut oleh suasana sejuk khas kota Batu. Sejauh mata memandang, pemandangan perbukitan hijau akan memanjakanmu. The Onsen Resort Malang pun terbuka untuk wisatawan umum. Cukup membayar tiket masuk Rp 50.000, kamu sudah bisa menikmati suasana di sini dan mencoba berbagai fasilitasnya.
Kredit: The Onsen Hot Spring Resort di Facebook Salah satu pemandangan paling cantik di sini adalah sebuah gerbang berwarna merah yang berdiri di atas kolam. Refleksi gerbang di permukaan kolam yang tenang tersebut menambah kesan damai nan senyap di resort ini. Terlebih dengan latar belakang perbukitan hijau dan udara sejuk yang ada di sini. Beralih ke sisi lainnya, The Onsen Resort Malang punya sebuah jembatan lengkung berwarna merah. Jembatan inilah yang menjadi spot berfoto favorit para pengunjung resort. Kamu pun bisa menyewa kimono dan yukata selama berada di resort ini. Dari fotonya, mungkin tidak akan ada yang menyangka bahwa kamu sedang liburan di kota Batu, Malang!
Tipe kamar yang tersedia
 Untuk kamu yang berencana bermalam dan menikmati semua fasilitas yang ada di sini, The Onsen Resort Malang punya 25 villa atau 'ryokan' yang menghadap pemandangan indah. Ada 2 tipe ryokan yang bisa dipilih, yakni ryokan dengan 2 kamar atau 3 kamar. Keduanya punya fasilitas yang sama, hanya luas kamarnya yang berbeda. 
Kredit: The Onsen Hot Spring Resort di Facebook Deluxe Suite di The Onsen Resort Malang bisa menampung 4 orang. Sementara Executive Suite berkapasitas 6 orang. Eksterior dan interior setiap kamar didominasi kayu dan bambu yang semakin menegaskan nuansa Jepang. Di bagian dalam, ada ruang duduk dengan tatami dan meja rendah, persis seperti yang bisa ditemukan di rumah tradisional Jepang. Uniknya, kamu bisa memilih mau tidur di atas kasur pegas biasa atau menggunakan futon, kasur khas Jepang.
Fasilitas
Karena jaraknya yang cukup jauh dari lobby, kamu akan diantar dengan boogie car untuk menuju ryokan. Setiap ryokan sudah dibekali dengan fasilitas standar resort. Bedanya, The Onsen Resort Malang memadukan budaya Jepang pada detailnya. Misalnya dengan menggunakan tatami di ruang tengah hingga jubah mandi ala Jepang yang tersedia di setiap kamarnya.  Satu hal yang membuatnya istimewa adalah keberadaaan kolam air panas atau onsen pribadi di setiap ryokan. Dengan demikian, kamu bisa menikmati berendam dengan air panas alami. Untuk wisatawan yang hanya ingin mencoba pengalaman onsen, The Onsen Resort Malang pun punya 2 onsen umum, masing-masing untuk laki-laki dan perempuan, berkapasitas 20 orang. Onsen umum ini buka mulai jam 14.00 sampai 17.00. Selain berendam di onsen, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah penyewaan kimono dan yukata. Kontur perbukitan di resort ini memang mengingatkan kita kepada suasana di Kyoto yang sejuk. Jadi, sekalian saja menghayati suasana dengan berpakaian ala Jepang. Biaya sewa pakaian tradisional ini berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000. 
Kredit: The Onset Hot Spring Resort di Facebook Menginap di The Onsen Resort Malang bisa sedikit mengobati kerinduan kita akan liburan ke Jepang. Suasana sejuknya mirip dengan cuaca di Kyoto menjelang musim semi, pemandangan di resort pun cukup mendukung dengan ornamen khas Jepang. Tinggal ganti baju dengan yukata dan kimono, kamu pun bisa mengabadikan momen liburan seolah sedang berada di negeri sakura. Sebuah tempat liburan yang layak untuk dikunjungi! Harga: Mulai dari Rp 2.185.000 di Traveloka (untuk tanggal 1-2 Agustus 2020) Alamat: Jalan Raya arumdalu 98 Songgoriti, Batu Nomor telepon: +62341 510 1888 Website | Facebook | Instagram Simak rekomendasi dan ulasan tentang destinasi wisata lain di tanah air dalam artikel berikut ini: