icon
icon
article hero

Wisata Danau Toba Seru dengan Berkunjung ke 5 Tempat Wisata di Pulau Samosir Ini

AvatarName

Tiara  •  Aug 28, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Seiring dengan pengembangan wisata Danau Toba sebagai destinasi super prioritas, sejumlah tempat wisata di Samosir pun mulai dilirik oleh wisatawan. Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba ini memang telah menjadi magnet tersendiri bagi pariwisata di Sumatera Utara. Kental akan budaya Batak dan memiliki alam yang indah, tempat wisata di Samosir sudah siap menjadi primadona baru. Sebagai permulaan, mari berkenalan dengan sejumlah tempat wisata di Samosir yang sudah menanti di Danau Toba.
Desa Wisata Tomok
Tempat wisata di Samosir pertama yang wajib disinggahi adalah Desa Wisata Tomok. Di desa adat Batak ini, kamu bisa melihat rumah tradisional Batak dan salah satu daya tarik paling populer di Danau Toba, yaitu Sigale-gale. Patung kayu ini merupakan bagian penting dalam tarian tortor suku Batak. Selain digunakan dalam upacara adat penguburan, Sigale-gale juga digunakan dalam tarian tortor sebagai hiburan para wisatawan yang datang ke desa wisata ini. Sigale-gale digerakkan oleh pawang dengan kendali tali yang berada di dalam kotak yang menjadi fondasinya.
Desa Lumban Suhi Suhi
 Desa adat ini juga termasuk ke dalam tempat wisata di Samosir yang wajib dikunjungi. Desa ini terkenal dengan masyarakatnya yang merupakan pengrajin ulos, kain tenun khas Batak. Ulos telah menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara adat Suku Batak. Kain tenun ini juga menjadi salah satu oleh-oleh kerajinan favorit dari Sumatera Utara. Komunitas pengrajin ulos yang ada di desa ini pun berkontribusi besar dalam pelestarian kain ulos khas Batak yang dibuat dengan metode tradisional. 
Pantai Sigurgur
Kamu tidak salah baca, tempat wisata di Samosir bukan hanya danau, namun juga pantai dengan pasir putih. Pantai yang berlokasi di Desa Cinta Dame ini menyajikan panorama tropis khas kepulauan, lengkap dengan dekorasi ala pantai. Tempat wisata milik pribadi ini pun bisa diakses gratis. Selain pemandangan yang indah, di tempat ini pun telah disediakan beberapa spot untuk berfoto yang menarik. Siapa sangka kamu menikmati pemandangan pantai di Danau Toba?
Puncak Pusuk Buhit
 Tempat wisata di Samosir yang satu ini akan mengingatkan kamu kepada pemandangan New Zealand dengan pegunungan hijau dan hamparan danaunya. Tempat ini merupakan salah satu puncak dataran tertinggi di sisi barat Danau Toba dan konon merupakan tempat lahirnya suku Batak. Pusuk Buhit bisa dijangkau melalui 2 jalur pendakian, yakni dari Desa Huta Ginjang atau Desa Aek Rangat. Selama pendakian, kamu pun bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di sana, seperti situs Batu Hobon dan pemandian Aek Sipitu Dae. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan logistik sebelum kamu berangkat mendaki ya. 
Museum Batak
Satu tempat wisata di Samosir lain yang tidak kalah menarik adalah Museum Batak. Museum yang berada di Desa Tomok ini berbentuk rumah adat Batak Toba dan telah ada sejak tahun 2005. Di dalamnya, terdapat berbagai benda bersejarah dengan nilai budaya tinggi. Mulai dari peralatan perang, alat pertanian, hingga alat dapur tradisional. Selain itu, ada pula sejumlah kesenian Batak seperti alat tenun, topeng, patung, buku aksara Barak, dan kain ulos. Di sini pun kamu bisa menyewa pakaian adat Batak untuk berfoto. Semakin banyak alasan untuk menjadikan Danau Toba dan Pulau Samosir sebagai destinasi liburan. Namun, kekayaan budaya Batak dan keindahan alamnya adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sana. Simak juga rekomendasi lain seputar liburan di Danau Toba dan sekitarnya dalam artikel berikut ini: