icon
icon
article hero

8 Tempat Wisata Top di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi Saat ke Sana

AvatarName

Tiara  •  Jul 04, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Indonesia mengemukakan wacana untuk membuka travel bubble dengan 4 negara, dan salah satunya adalah Australia. Keputusan ini diambil untuk mendukung iklim investasi di Indonesia. Namun, hal ini pun turut memberikan keuntungan bagi para traveller yang berencana liburan ke Australia karena artinya pintu menuju negeri kangguru ini bisa dibuka lebih awal. Mengingat tersedia banyak pilihan penerbangan menuju Australia, tidak heran jika benua ini pun menjadi destinasi impian banyak orang. Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa destinasi wisata dan aktivitas di Australia yang wajib kamu coba saat ke sana!
1. Mengagumi kemegahan Sydney Opera House
Banyak yang bilang Sydney adalah kota pelabuhan paling indah di dunia, dan fakta itu memang tidak terbantahkan. Pemandangan dermaga dan lautan ini pun semakin indah dengan adanya Sydney Opera House. Gedung pertunjukan yang telah diresmikan sejak 20 Oktober 1973 oleh Ratu Elizabeth II ini memang menjadi ikon utama Sydney. Kini, Sydney Opera House adalah daya tarik wisata utama Australia dengan lebih dari 8,2 juta pengunjung setiap tahunnya. Kamu pun tidak harus menonton pertunjukan di dalamnya untuk menikmati keindahan gedung ini. Cukup dengan berjalan-jalan di sekitarnya dan jangan lupa, mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.
2. Menikmati suasana Darling Harbour
 Satu lagi tempat wisata di Australia yang bisa dinikmati secara gratis adalah Darling Harbour. Pelabuhan ini berada di teluk Sydney dan menjadi lokasi favorit warga lokal. Selain menikmati pemandangannya, di kawasan ini pun banyak pertokoan dan tempat untuk bersantai. Kamu bisa mampir ke Cockle Bay Wharf untuk sekedar minum teh, berbelanja di mall Harbourside, atau menemani si kecil bermain di Tumbalong Park. Di kawasan ini pun terdapat beberapa museum yang menarik, seperti Maritime Museum, SEA Life Sydney Aquarium, dan Museum Madame Tussauds! 
3. Mampir ke pasar lokal Queen Victoria Market
Pasar yang telah ada sejak tahun 1878 ini merupakan tempat andalan warga Melbourne dan sekitarnya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Sekarang, Queen Vic (begitu warga lokal biasa menyebutnya) menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Dari luar, pasar ini tampak seperti gedung tua khas Eropa. Lahan yang digunakan untuk membangun pasar ini pun awalnya merupakan area pemakaman. Namun, kesan angker tentu tidak ada di pasar ini. Dengan lebih dari 1.000 kios yang beroperasi, pasar ini menjadi pusat kegiatan yang sibuk setiap harinya. Di sinilah kamu bisa melihat gambaran kehidupan masyarakat lokal dan mencoba untuk jadi bagian darinya.
4. Melihat Ayers Rock di Uluru-Kata Tjuta National Park 
 Taman nasional ini terkenal akan panorama senja dan matahari terbitnya. Pemandangan tersebut pun semakin istimewa dengan kehadiran fenomena alam Ayers Rock. Gunung batu ini memang jadi pusat perhatian di Uluru National Park. Aktivitas yang ditawarkan oleh tempat ini pun tidak jauh-jauh dari Ayers Rock. Mulai dari bersepeda (kamu bisa melihatnya dari dekat!) ataupun sekedar mengikuti tur gratis dengan berjalan kaki di rute sepanjang 2 kilometer. Kalau kamu masih ingin berlama-lama di sini, pengelola taman pun menyediakan paket tur spesial dengan agenda makan malam di tengah gurun pasir! 
5. Melihat bukti sejarah manusia di Kakadu National Park
Kakadu National Park merupakan taman nasional terbesar di Australia. Di sini kamu akan menemukan berbagai pemandangan, mulai dari fenomena alam hingga bukti peradaban manusia. Satu hal yang paling menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah seni cadas Aborigin berusia lebih dari 20.000 tahun yang terlukis di bebatuan. Lukisan ini merupakan peninggalan sejarah kelompok manusia paling awal yang pernah terekam di dunia. Beberapa di antaranya menggambarkan binatang, peristiwa kontak awal dengan pendatang dari Eropa, hingga gambar X Ray tradisional! Ada 2 area ‘galeri’ lukisan batu di taman nasional ini, yaitu di Ubirr dan Burrungkuy (Nourlangie). Keduanya wajib untuk kamu kunjungi saat bertandang ke taman nasional ini.
6. Bersantai di hangatnya Bondi Beach
 Banyak yang bilang, belum ke Australia namanya kalau tidak ke Bondi Beach. Pantai ini langsung menghadap Samudera Pasifik dan memang menjadi spot paling terkenal di Sydney. Meskipun area terbuka, kamu tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan di pantai ini. Selain dilarang keras membuang sampah sembarangan dan pengunjung pun dilarang mengonsumsi minuman beralkohol di pantai ini. Otomatis, pengunjung yang berada di Bondi Beach adalah mereka yang benar-benar ingin menikmati suasana pantai. 
7. Mengintip dunia bawah laut Great Barrier Reef
Ekosistem terumbu karang terbesar di dunia ini adalah tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Australia. Keanekaragaman biota lautnya pun membuat Great Barrier Reef dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1981. Selain dengan snorkeling dan diving, kamu pun bisa menjelajahinya dengan cara lain. Misalnya dengan terbang dengan pesawat amfibi dari Airlie Beach. Perjalanan akan ditempuh selama 30 menit dan pesawat akan mendarat di sebuah laguna untuk mengantar kamu ke spot snorkeling! Dengan cara ini, kamu bisa menikmati keindahan Great Barrier Reef dari udara dan bawah laut sekaligus.
8. Memeluk koala di Gold Coast
 Kebakaran hutan yang melanda Australia membuat jutaan satwa di sana kehilangan habitat aslinya. Beberapa waktu lalu, bahkan sempat beredar foto-foto yang menggambarkan kesedihan para satwa, termasuk hewan khas Australia seperti koala. Namun, kamu masih bisa melihat langsung hewan lucu ini di beberapa suaka margasatwa Australia. Beberapa negara bagian di Australia memang melarang wisatawan untuk menyentuh koala, tapi berbeda dengan Currumbin Wildlife Sanctuary di Gold Coast. Di sini, kamu bisa bercengkrama dengan koala selama 20 menit. Selain itu, kamu pun bisa melihat lebih dekat dan belajar tentang koala di rumah sakit koala. Koala yang sakit atau terluka dirawat di sini hingga pulih dan siap kembali ke alam liar.  Pelan tapi pasti, liburan impian bisa segera kamu wujudkan. Dengan perkembangan terbaru dan rencana travel bubble yang ada, kamu bisa menjadikan Australia sebagai destinasi internasional pertama kamu untuk liburan di era new normal pariwisata. Pastikan pula agar kamu menyiapkan seluruh dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari serta mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku ya. Simak inspirasi liburan ke luar negeri lainnya dalam artikel berikut ini: