icon
icon
article hero

Sudah Kangen ke Labuan Bajo? Catat Dulu Syarat Masuknya

AvatarName

Tiara  •  Jul 30, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Sejak dibuka kembali pada 15 Juni 2020 lalu, industri pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai kembali bergairah. Salah satu destinasi yang paling dirindukan di sana, yakni Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo pun telah kembali dapat dikunjungi sejak 22 Juni 2020 lalu. Namun, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung, Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) menerapkan beberapa syarat dan ketentuan untuk para wisatawan yang hendak mengunjungi kawasan wisata ini. Sebelum kamu memesan tiket pesawat dan merencanakan perjalanan ke sana, simak dulu syarat dan ketentuan untuk berkunjung ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo berikut ini ya.
Pendaftaran secara online
Seluruh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara wajib mendaftarkan diri secara online di halaman ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pendataan dan memastikan siapa saja yang berkunjung ke sana. Kamu akan diminta untuk mengisi identitas dan lokasi yang akan kamu datangi saat berwisata di wilayah ini.
Melampirkan surat keterangan sehat dan asuransi
Saat melakukan pendaftaran, kamu wajib mengunggah surat keterangan sehat dari lembaga kesehatan yang valid. Selain itu, kamu pun wajib mengisi nama perusahaan asuransi yang kamu ikuti dan mengunggah bukti berupa buku atau kartu anggota asuransinya. Jangan khawatir, BPJS juga bisa digunakan.
Wajib menggunakan agen perjalanan
 Saat mendaftar secara online, kamu pun wajib memilih agen perjalanan resmi yang sudah terdaftar dan berkantor di wilayah Labuan Bajo. Selain untuk memberdayakan pelaku pariwisata lokal, cara ini juga dapat membatasi jumlah orang yang keluar-masuk Labuan Bajo.
Memilih jam kunjungan
Jam kunjungan bukan hanya berlaku bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke habitat komodo seperti di Loh Liang, Loh Buaya, dan Pulau Padar. Semua destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo pun telah ditentukan waktu kunjungannya. Kamu tinggal memilih lokasi yang ingin dikunjungi dan tanggal serta waktu kunjungannya. Ingat, waktunya terbatas. Jadi, rencanakan dan pilih baik-baik setiap itinerary liburan kamu di Labuan Bajo nanti.
Membawa bukti registrasi yang sudah dicetak
Setelah melengkapi seluruh persyaratan di website pendaftaran, kamu akan menerima email bukti registrasi. Bukti registrasi dan semua dokumen kelengkapan perjalanan yang diunggah juga harus dicetak dan dibawa untuk divalidasi ulang saat tiba di Bandara Komodo. Ke depannya, otoritas Labuan Bajo akan menggunakan sistem keanggotaan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komodo dan Pulau Padar. Kendati demikian, hal ini masih dalam tahap perencanaan dan belum diterapkan. Sistem pendaftaran online ini merupakan satu langkah awal untuk menuju ke sana.
 Bagaimana, sudah siap bertemu kembali dengan para komodo? Keindahan alam nan eksotis di Labuan Bajo menjadi sebuah pemandangan yang sangat dirindukan. Meski harus memenuhi sejumlah persyaratan ekstra, semua usaha akan terbayar oleh pengalaman liburan yang berkesan. Semua ini pun dilakukan demi kebaikan bersama dan memulihkan kembali industri pariwisata yang terpukul akibat pandemi. Sampai ketemu di Labuan Bajo! Simak juga referensi wisata lain di tanah air dalam artikel berikut ini: