icon
icon
article hero

4 Cara Berbeda untuk Menikmati Pemandangan Matahari Terbit di Candi Borobudur

AvatarName

Tiara  •  Aug 31, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Menikmati kemegahan Candi Borobudur mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana kalau menikmati pemandangan matahari terbit di Candi Borobudur? Pengalaman sunrise Borobudur ini adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Magelang. Selain menikmati panorama Candi Borobudur yang megah, kamu pun bisa menyaksikan sang matahari mengintip dari ufuk timur dan menyinari alam Magelang yang asri dengan sinarnya yang keemasan. Tidak perlu bingung, pengalaman sunrise Borobudur ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya pun sudah kami rangkum di bawah ini!
Menginap di Manohara Borobudur
Cara pertama dan paling nyaman untuk melihat sunrise Borobudur adalah dengan menginap di Manohara Borobudur. Kompleks akomodasi ini punya kamar dan villa yang bisa kamu inapi. Lokasinya pun berada di dalam kompleks Candi Borobudur sehingga kamu bisa menjangkaunya dengan mudah. Selain itu, resort ini pun menawarkan paket piknik dengan pemandangan Candi Borobudur. Tamu yang menginap di Manohara hanya dikenakan biaya Ro 270.000 untuk mengikuti tur sunrise Borobudur.
Manohara Sunrise Tour
Kalau kamu belum sampai hati merogoh kocek jutaan rupiah untuk menginap di kompleks Candi Borobudur, ada alternatif lain yang lebih murah. Kamu tetap bisa menikmati panorama sunrise Borobudur dengan mengikuti tur sunrise dari Manohara Resort tanpa menginap di sana. Caranya, cukup dengan membeli paket tur dari resort tersebut dengan harga Rp 370.000 (untuk wisatawan domestik). Biaya paket tur ini (baik menginap atau tidak) sudah termasuk akses masuk ke Candi Borobudur, sarapan, dan souvenir. Tur sunrise Borobudur ini dimulai sejak pukul 4.30 pagi. Jadi, perhitungkan juga waktu tempuh dari akomodasi tempat kamu menginap agar tidak terlambat mengikutinya. Catatan: Manohara Borobudur belum dibuka kembali saat artikel ini dipublikasikan. Harga: Mulai dari Rp 1.700.000 per malam atau Rp 370.000 (turnya saja) Alamat: Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jalan Badrawati, Borobudur Nomor telepon: +62293 718 1192 Website | Facebook | Instagram
Bukit Barede
Cara lain yang lebih ekonomis untuk menikmati sunrise Borobudur adalah dengan mengunjungi beberapa viewpoint di Magelang, salah satunya adalah Bukit Barede. Lokasinya berada di Bukit Menoreh dengan panorama pegunungan yang hijau. Dari bukit ini, kamu bisa melihat siluet Candi Borobudur dari kejauhan. Kawasan ini pun disebut-sebut menyajikan salah satu pemandangan matahari terbit terbaik di Magelang. Untuk mendapatkan pemandangan dan spot terbaik, sebaiknya kamu tiba di Bukit Barede sejak pukul 4.00 pagi. Meski terdengar terlalu dini, kamu akan punya banyak waktu untuk beristirahat sejenak sambil sekedar minum kopi atau jajan di warung yang ada di sini. Harga tiket masuk : Mulai dari Rp 2.000 untuk biaya parkir Alamat: Dusun Sendaren Karangejo, Borobudur, Magelang Jam operasional: Setiap hari jam 4.00-17.00
Punthuk Setumbu
Spot lain untuk menikmati indahnya sunrise Borobudur adalah Punthuk Setumbu. Masih di kawasan perbukitan Menoreh, namanya semakin melejit ketika muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Di sini telah tersedia beberapa kursi panjang untuk beristirahat setelah mendaki menuju Punthuk Setumbu sambil menunggu matahari terbit. Cara lain untuk menikmati tempat ini adalah dengan berkemah. Namun, pastikan kamu membawa perlengkapan sendiri ya. Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 15.000 Alamat: Busung Kurahan Karangejo, borobudur, Magelang Jam operasional: Setiap hari jam 4.00-17.00 Jadi pilih mana, menikmati sunrise Borobudur dengan cara mewah atau cara murah? Apapun pilihan kamu, keduanya puny kelebihan dan kekurangan tersendiri. Satu hal yang pasti, hal itu tidak mengurangi keindahan panorama matahari terbit yang mengintip di balik megahnya Candi Borobudur. Simak juga rekomendasi wisata di sekitar Candi Borobudur dan kota Magelang dalam artikel berikut ini: