icon
icon
article hero

Rumah Atsiri Tawangmangu, Wisata Edukasi Lengkap yang Harum Namanya

AvatarName

Tiara  •  Dec 10, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Apakah kamu pengguna setia minyak atsiri alias essential oil? Jika iya, maka Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu adalah destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Taman marigold keemasan, harumnya lavender, hingga hijaunya dedaunan mint adalah hal bisa kamu nikmati di Rumah Atsiri Indonesia.
Kredit: Rumah Atsiri Berawal dari bekas pabrik penyulingan minyak atsiri bernama Citronella, area seluas 2,3 hektar ini kini disulap menjadi kompleks hiburan dan edukasi berbasis minyak atsiri. Sebelum ke sana, simak dulu apa saja yang bisa kamu lakukan di Rumah Atsiri Indonesia, Tawangmangu.
Bermain di taman
Kredit: Rumah Atsiri Rumah Atsiri punya lima taman dan kebun yang bisa kamu jelajahi. Taman Koleksi adalah salah satu yang paling menarik di mana kamu bisa melihat lebih dari 80 tanaman penghasil minyak atsiri, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Ketika tiba di sana, kamu langsung bisa mencium semerbak harumnya. Pemandu juga akan menjelaskan masing-masing tanaman dan membantu kamu untuk memetiknya.
Kredit: Rumah Atsiri Rumah Atsiri juga punya Marigold Plaza, sebuah taman yang berisi petak-petak bunga marigold kuning cerah. Spot wajib untuk kamu yang suka berfoto! Selain itu, ada pula rumah kaca, nursery  untuk tanaman hias (yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh!), dan kebun yang digunakan untuk keperluan riset Rumah Atsiri. 
Belajar tentang minyak atsiri
Kredit: Rumah Atsiri Praktik penyulingan minyak atsiri sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu. Rumah Atsiri pun mengemas sejarah ini dalam Rumah Atsiri Museum. Kamu bisa belajar tentang awal mula, proses produksi, hingga alat tradisional yang digunakan untuk membuat minyak atsiri. Laboratoriumnya juga terbuka untuk pengunjung yang ingin mengikuti kursus dan aktivitas edukasi seputar minyak atsiri. Lebih baik lagi, kegiatan ini bisa diikuti oleh semua umur.
Kredit: Rumah Atsiri Kamu pun bisa melihat langsung laboratorium dan proses penyulingan yang digunakan untuk produksi minyak atsiri di tempat ini.
Belanja oleh-oleh yang unik
Kredit: Rumah Atsiri Bukan hanya membawa pulang minyak atsiri. Di sini pun kamu bisa membeli oleh-oleh aneka olahan yang harum seperti parfum, sabun, sampo, dan perawatan personal lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa membeli tanaman atsiri atau tanaman hias di nursery Rumah Atsiri.
Bersantap di rumah kaca
Kredit: Rumah Atsiri Untuk pengalaman yang lebih menyeluruh, tinggalan lebih lama untuk makan malam di Rumah Atsiri. Ketika senja menjelang, rumah kacanya diubah menjadi area makan Rumah Atsiri Restaurant. Selain menikmati makanan yang dibuat dari bahan-bahan segar kebun sendiri, kamu pun bisa bersantap sambil menikmati pemandangan taman Marigold Plaza yang cantik. Rumah Atsiri bisa menjadi destinasi alternatif yang menarik, khususnya untuk kamu yang berencana menyambangi kawasan Jawa Tengah. Selain menghirup udara segar, kamu pun bisa mempelajari hal baru dan membeli minyak atsiri  untuk relaksasi. Kamu pun bisa mengikuti paket tur yang disediakan oleh Rumah Atsiri! Rumah Atsiri Indonesia Alamat: Jalan Watusambang, Desa Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah Harga tiket masuk: Rp 50.000 (bisa digunakan untuk berbelanja di dalam) Nomor telepon: +62812 1112 2263 Jam operasional: Setiap hari jam 10.00-17.00 Website | Facebook | Instagram Simak juga hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan di Jawa Tengah dalam artikel berikut ini: