icon
icon
article hero

5 Resep Makanan Khas Imlek untuk Perayaan di Rumah

AvatarName

Tiara  •  Jan 14, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Perayaan Imlek sebentar lagi tiba. Bagi banyak orang, makanan khas Imlek adalah bagian penting dari perayaan tahun baru ini. Karenanya, tidak heran jika banyak restoran keluarga di Jakarta yang penuh oleh orang-orang yang ingin merayakan momen ini bersama keluarga. Jika kamu masih ragu keluar rumah dan bertemu orang asing, kamu pun bisa menikmati makanan khas Imlek di rumah dengan membuatnya sendiri. Bahan-bahannya mudah, cara membuatnya sederhana, dan sudah pasti halal, berikut adalah resep makanan khas Imlek yang bisa kamu praktekkan di rumah.
Pindang bandeng
Ikan merupakan perlambang rezeki dalam budaya China. Karenanya, tidak heran jika makanan khas Imlek ini selalu disajikan setiap tahunnya. Rasanya pun lezat, memadukan ikan bandeng yanglembut dengan kuah pindang gurih dan sedikit manis. Untuk membuat makanan khas Imlek ini, kamu harus menyiapkan ikan bandeng dan bumbu-bumbu seperti cabe merah, asam Jawa, kunyit, bawang putih, daun salam, dan kecap manis.
Ikuti saja video di atas untuk langkah-langkah selengkapnya.
Siu Mie
 Siu Mie adalah makanan khas Imlek yang melambangkan panjang umur. Orang yang menyantapnya pun diharapkan terus mendapatkan kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah. Karenanya, siu mie tidak boleh terlalu sering diaduk saat dimasak agar tidak putus atau hancur. Bahan-bahannya pun sederhana dan bebas dikreasikan sesuai preferensi masing-masing. Cara membuatnya bisa kamu llihat di halaman ini.
Telur teh
Makanan khas Imlek ini mudah dibuat dan cocok juga untuk menu sehari-hari. Dalam pembuatannya, telur direbus dua kali. Pertama, untuk mematangkan dan kedua untuk memberikan rasa serta warna pada telur yang sudah matang. Warna pada telur teh berasal dari daun teh. Sementara untuk aroma dan rasanya berasal dari gula batu, bunga lawang, daun salam, kayu manis, kecap manis, dan kecap asin. Simak cara membuatnya di halaman ini.
Sup Delapan Jenis
Sesuai namanya, maanan khas Imlek ini berisi delapan jenis isian yang beragam. Biasanya, isi yang digunakan tidak jauh-jauh dari aneka jamur dan seafood. Bahan yang paling sering digunakan antara lain ikan, udang, perut ikan, timun laut, jamur, abalon, kerang, kacang ginko, hingga biji bunga teratai. Jangan khawatir, kamu pun juga bisa membuat versi rumahan yang lebih sederhana dengan bahan-bahan yang tersedia. Cukup siapkan kaldu ikan sebagai kuahnya dan bumbu-bumbu sesuai selera.
Yu Sheng
Yu Sheng merupakan makanan khas Imlek berupa sejenis salad yang terdiri dari irisan aneka buah, sayur, dan ikan salmon. Untuk menyantap Yu Sheng pun ada cara tersendiri, yakni dengan diracik bersama-sama dan diangkat tinggi-tinggi dengan sumpit. Tidak lupa, doa-doa yang baik pun dipanjatkan selama prosesnya.  Cara membuat Yu Sheng tidak sulit, hanya saja butuh persiapan tersendiri untuk mengolah bahan-bahannya. Kamu bisa melihat cara membuat Yu Sheng dari awal hingga akhir dalam video di atas. Tahukah kamu bahwa Tahun Baru Imlek awalnya dirayakan untuk menyambut datangnya musim panen dan musim semi?
Menjelang datangnya Tahun Baru Imlek, HHWT mengajak kamu untuk turut serta menikmati kemeriahannya dalah Hello Spring Festival 2021!
Ada apa saja di festival ini?
Akan ada berbagai booth virtual yang menarik, termasuk dari JR West, Klook, dan Singapore Tourism Board. Kamu juga bisa bergabung dalam program siaran live menarik dengan berbagai tema, seperti pengalaman para mualaf yang merayakan Tahun Baru Imlek, tradisi dan kebiasaan di Tahun Baru Imlek, dan kiat agar acara makan bersama keluarga lebih menyenangkan. Kamu juga bisa memenangkan Lucky Draw berupa empat voucher GrabFood senilai masing-masing Rp 200.000 dan Grand Lucky Draw masing-masing satu voucher staycation di Hotel Pullman Jakarta Thamrin dan Central Park! Daftar sekarang juga di halaman ini. Sampai ketemu di Hello Spring Festival 2021! Simak juga rekomendasi dan info seputar Imlek lainnya dalam artikel berikut ini: