icon
icon
article hero

Rencanakan Liburan Impianmu Kembali ke Singapura dengan Rekomendasi Pengalaman Baru dan Tempat yang Seru Ini!

AvatarName

Tiara  •  Mar 11, 2022

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Akhirnya, kita bisa liburan ke Singapura lagi! Lewat program Vaccinated Travel Lane (VTL) antara Singapura dan Indonesia, kini travelers Indonesia tidak perlu melakukan karantina panjang ketika tiba di Singapura hanya perlu melakukan isolasi mandiri maksimal 24 jam hingga hasil swab test on arrival negatif keluar (simak syarat VTL selengkapnya di halaman ini!) Begitu banyak tempat rekreasi, makanan halal, serta pengalaman baru yang bisa kita nikmati di Singapura nanti. Pokoknya, kunjungan kamu bisa dua kali lebih menyenangkan, rasanya seperti pertama kalinya! 

Syarat masuk Singapura untuk traveler Indonesia

Angin segar soal Vaccinated Travel Lane  antara Indonesia dan Singapura memang sudah mulai berhembus, baik melalui perjalanan udara dari Jakarta maupun laut via Batam. Sejak 28 Februari 2022,, Jalur perjalanan VTL (Sea) bebas karantina juga sudah diberlakukan di Batam dan Bintan.
Kredit: Swapnil Bapat di Unsplash Kendati tanpa karantina, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti wajib vaksin penuh, menunjukkan hasil tes Antigen dan atau PCR negatif maksimal dua hari sebelum keberangkatan, dan beberapa ketentuan lainnya (lihat di halaman ini).  Satu hal yang pasti, kamu tidak perlu khawatir soal keamanan serta kenyamanan selama berkunjung ke Singapura setelah pandemi karena seluruh elemen institusi serta masyarakat begitu patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku.  Lalu, apa saja pengalaman baru yang ditawarkan Singapura untuk para pelancong dari mancanegara yang sudah rindu Negeri SInga? Berikut ini adalah pilihan HHWT untuk kamu!

Suasana kota di tengah alam

Salah satu hal yang paling bikin kangen dari Singapura adalah suasana kota yang nyaman dan ramah pejalan kaki. Kita bisa jalan-jalan keliling kota sambil menikmati suasana, mampir di taman, melipir ke cafe, atau berfoto dengan latar pemandangan metropolitan. Kini, suasana jantung Singapura semakin meriah dengan berbagai suasana baru yang sayang jika kamu lewatkan!

1. Kampong Gelam Trails

Kredit: Singapore Tourism Board Kampong Gelam memang tidak ada matinya! Selalu ada yang baru di kawasan ini.  HHWT Punya rekomendasi cara seru untuk menjelajah kawasan ini, yaitu dengan Kampong Gelam Trails! (lihat caranya di sini!). Kamu bisa menemukan toko, cafe, dan hidden gem lokal yang jarang diketahui turis.
Kredit: @motherdoughbakery Setelah puas jalan-jalan, kamu bisa ngemil aneka pastry halal di Mother Dough (pemiliknya seorang Muslim).
Kredit: @motherdoughbakery Beragam pastry lezatnya seperti croissant, baguette, quiche, dan pastry lainnya selalu bikin ketagihan. Beberapa menu yang wajib kamu coba dari Mother Dough antara lain adalah Almond Croissant, Brownie, dan Sourdough Coklat-nya.  #HHWT Tips:  Datanglah lebih pagi supaya pilihan rotinya masih lengkap. Ada menu spesial kalau kamu datang di akhir pekan! 
Opsi lain yang tidak kalah menarik adalah ngopi cantik sambil brunch di cafe The White Label (pemiliknya seorang Muslim).Terletak di sebelah Masjid Sultan Singapura di jantung Kampong Gelam, The White Label adalah restoran yang terkenal dengan masakan Prancis-Melayu halal mereka. 
Kredit: @twl_sg Beberapa menu yang wajib dicoba antara lain adalah Spaghetti Bebek Asap dan Spaghetti Tinta Cumi, sempurna untuk kamu yang ingin mencoba hidangan Prancis halal dengan sentuhan lokal! #HHWT Tips: Mampir juga ke bakery halal Singapura lainnya untuk icip-icip atau beli bekal jalan-jalan!

2. New World’s End

Kredit: @newworlds.end Ini dia cara baru untuk menikmati Singapura! New World’s End adalah sebuah pengalaman walking tour malam hari yang memadukan seni visual dan audio untuk menghadirkan kembali suasana Singapura tempo dulu. Di sini, kamu akan berjalan menyusuri jalanan sambil mendengarkan kisah Kiran dan Rosa, sepasang sejoli yang hidup melintasi momen-momen bersejarah di Singapura. Tak hanya itu, beberapa tempat dalam tur ini pun dirancang khusus menyerupai kejadian aslinya. Tur malam berdurasi 60 menit ini dibawakan dalam bahasa Inggris.    Meski tur ini berlangsung di malam hari, masih ada kok gerai makanan halal yang buka. Salah satunya adalah Lola Faye Cafe (pemiliknya seorang Muslim) yang buka sampai pukul 02.00 dini hari!
Kredit: Lola Faye Cafe Di sini, kamu bisa menikmati aneka waffle, roti lapis, kue-kue, sampai minuman manis yang mengenyangkan. Beberapa menu favorit yang wajib dicoba adalah aneka waffle Belgia dengan eskrim (enak semua!), Faye’s Spicy Chicken Wrap, dan Creamy Biscoff Cheesecake! #HHWT Tips: Jangan lupa pakai alas kaki yang nyaman ya! Alamat: 85 Desker Road, Singapura Jam operasional:Jumat-Minggu jam 17.00-23.00 Website | Facebook | Instagram

3. Jurong Lake Garden

Kredit: Singapore National Parks Salah satu hal paling menyenangkan di Singapura adalah atraksinya yang lengkap, termasuk jika ingin menikmati suasana alam. Bayangkan, kamu hanya perlu jalan kaki lima menit dari stasiun MRT Lakeside untuk tiba di Jurong Lake Garden! Taman seluas 90 hektar ini punya area bermain terbuka untuk anak, danau, dan hutan kecil yang bisa kamu eksplorasi. Jalur pejalan kakinya sudah rapi dan estetik buat foto-foto. Cocok banget buat jalan-jalan sambil menikmati alam terbuka!
Kredit: @teojosephine_  Jurong Lake Gardens juga merupakan titik awal Coast to Coast Trail, jalur sepeda sepanjang 36 kilometer yang melintasi Singapura. Kamu juga bisa sewa sepeda di penyewaan yang ada di dekat stasiun MRT Chinese Garden (harganya sekitar SGD 8 (Rp 80.000 per jam)  Di dalam taman ini juga terdapat makanan halal, yakni restoran Fusion Spoon (tersertifikasi halal) yang menyajikan aneka makanan Jepang, pizza, dan kuliner lokal. #HHWT Tips: Mau jalan-jalan ke taman nasional di Singapura? Catat juga kuliner halal yang ada di sana di artikel ini. Alamat: Yuan Ching Road, Singapura Jam operasional: Buka 24 jam Website

Healing dan memanjakan diri

Singapura juga punya tempat untuk kamu yang ingin healing secara fisik maupun mental! Mulai dari yang unik sampai alami, banyak cara untuk memperbaiki kesehatan kamu di sini.

1. Palm Ave Float Club

Kredit: Palm Ave Float Club Salah satu tempat kebugaran paling menarik yang bisa kamu coba di Singapura adalah Palm Ave Float Club. Sesuai Namanya, tempat ini menawarkan terapi dengan mengapungkan diri di air garam yang hangat.  Garam Epsom sendiri telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa menikmati relaksasi unik ini sambil ditemani musik yang mengalun lembut. Tenang saja, setiap ruangan 100% privat dan tertutup, jadi kamu bisa berendam dengan aman dan nyaman. #HHWT Tips: Hindari bercukur sebelum melakukan terapi ini. Bawa sabun wajah serta skincare sendiri ya untuk digunakan sebelum dan setelah terapi.  Setelah menikmati sesi relaksasi yang menenangkan, kamu bisa langsung menuju area Kampong Gelam untuk menikmati berbagai makanan halal di restoran Hjh Maimunah.  Bukan sembarang restoran, spesialis makanan Melayu ini adalah salah satu pemenang penghargaan Michelin Singapore Bib Gourmand tahun 2016 dan 2020. Bayangkan saja nikmatnya sepiring nasi hangat dengan Ayam Bakar, Lemak Siput Sedut, dan Sambal Goreng khas restoran ini. Simak juga rekomendasi makanan halal di Kampong Gelam favorit warga lokal di halaman ini! Alamat: 66 Kampong Bugis, #05-00, Singapore Jam operasional: Senin sampai Rabu pukul 10.00-21.00, Jumat sampai Minggu pukul 9.00-21.00, Kamis tutup Website | Facebook | Instagram

2. Staycation di Parkroyal Collection Marina Bay

Kredit: @parkroyalcollectionmarinabay Inilah hotel dengan taman indoor pertama di Singapura!  Hotel ini menganut gaya hidup berkelanjutan dan mendukung wellbeing para tamunya. Di dalamnya ada Sky Bridge empat lantai, taman indoor, serta taman vertikal setinggi 13 meter.  Hotel ini juga menyediakan gym, studio fitness dengan aneka kelas, spa, dan kolam renang dengan air mineral! Kabar baiknya, salah satu restoran di hotel ini telah mengantongi sertifikat halal. Kamu bisa bersantap ala buffet di restoran Peppermint dan makan sepuasnya! Alamat: Marina Square, 6 Raffles Boulevard, Singapura Website | Facebook | Instagram

3. Trapeze Rec Club 

Kredit: @wearetrapeze  Bukan hanya jalan-jalan, kamu juga bisa healing dengan ikut sesi kesehatan holistik di Trapeze Rec Club.  Pusat kebugaran yang berada di gedung empat lantai ini berisi cafe, studio yoga, gym, kolam dan sauna outdoor, sampai tempat pijat refleksi. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kesehatan fisik dan mental selama berkunjung ke Singapura! Usai sesi healing, kamu bisa langsung menikmati aneka makanan halal yang ada di Chinatown seperti Aisyah Restaurant dan Aspirasi Chicken Rice (keduanya dimiliki Muslim).  Alamat: 27 Tanjong Pagar Road, Singapura Jam operasional: Senin sampai Jumat pukul 7.00-20.00, Sabtu dan Minggu pukul 9.00-17.00 Website | Instagram

4. Mencoba produk wellness lokal

Kredit: Hysess Kalau kamu suka hal-hal yang mendukung kebugaran fisik dan mental, Singapura punya banyak produk lokal yang cocok untukmu. Misalnya Hysses yang menyediakan produk aromaterapi dari bahan alami atau Sifr Aromatics, sebuah merek parfum lokal independen yang telah diwariskan turun-menurun.  Masih banyak lagi produk lokal Singapura “made with passion” yang bisa kamu coba selama berkunjung ke sana!

Rekomendasi makanan halal yang baru dan wajib coba

Dalam dua tahun, industri makanan halal di Singapura terus berkembang. Kini, bukan hanya restoran halal di Singapura makin mudah ditemukan, jenis dan harganya pun semakin bervariasi!

1. Luke’s Lobster

Kredit:  @lukeslobstersg  Akhirnya, tidak perlu jauh-jauh ke New York untuk mencoba sandwich lobster fenomenal ini! Roti lembut yang disajikan dengan daging lobster, kepiting, atau udang ini bahannya memang sederhana (hanya mayones, lemon, mentega, dan bumbu). Namun, kesegaran seafood-nya itulah yang bikin Luke’s Lobster begitu digandrungi.  Meski belum bersertifikat halal dan menyajikan minuman beralkohol dalam kemasan, restoran yang hadir sejak September 2020 ini hanya menyajikan menu seafood #HHWT Tips: Kalau kamu lebih nyaman makan di resto halal, kamu bisa mencicipi sandwich lobster di Flavour Flings yang telah tersertifikasi halal! Alamat: Isetan Supermarket Scotts, 350 Orchard Road #12-K4 Shaw House, Singapura Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-21.30 Website | Facebook | Instagram

2. The Secret Garden by Zeekri

Kredit: The Secret Garden by Zeekri  Lahir di masa pandemi Februari 2021 lalu, restoran yang dimiliki seorang Muslim ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin makanan Prancis autentik yang halal. Steak Frites, Chicken Cordon Bleu, dan Aglio Olio Smoked Duck adalah beberapa menu yang wajib kamu coba di sini. Jangan lupa cicipi juga pastry-nya! Selain makanannya enak, tempatnya juga estetik banget dengan dekorasi bertema bunga. Suasananya mirip cafe-cafe di Paris!  Alamat: 19 Baghdad Street, Singapura Jam operasional : Senin-Kamis pukul 11.30-21.30, Jumat pukul 11.30-22.30, Sabtu pukul 9.00-22.30, Minggu pukul 9.00-21.30  Website | Facebook | Instagram

3. ASAP & Co

Kredit: ASAP.Co Restoran halal di Singapura ini hadir tak lama setelah gelombang pertama Covid-19 menyerang, yakni sekitar akhir tahun 2020.  Ketika ke Singapura nanti, kamu bisa menikmati steak dan dessert di restoran yang pemiliknya Muslim ini. Sejatinya, resto ini adalah gabungan dari cafe Brulee.SG dan restoran steak The Smok House. Smok Black Angus Burger, Smok Brisket Carbonara Spaghetti, sampai USDA Angus Flanken Short Ribs bisa kamu nikmati di sini. Untuk dessert-nya, kamu wajib memesan Burnt Cheesecake, Cempedak Creme Brulee, atau Tiramisu! #HHWT Tips: Simpan halaman ini untuk rekomendasi restoran steak halal di Singapura lainnya! Alamat: 774 North Bridge Road, Singapura Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 11.00-23.00 Facebook | Instagram

4. Oleh-oleh makanan lokal

Kredit: Mekhala Saat ke Singapura nanti, coba deh beli oleh-oleh makanan yang berbeda. Kamu bisa membeli aneka produk makanan lokal Singapura yang telah dikemas cantik. Ada bumbu vegan Mekhala, teh artisan Gryphon Tea Company, atau aneka selai dari Straits Preserve, semua produk ini “made with passion” oleh produsen lokal. Lihat rekomendasi oleh-oleh lokal unik lainnya di halaman ini.

 Tempat baru dan seru 

Singapura adalah jalan pintas untuk menikmati berbagai hiburan berkelas dunia. Ketika kamu traveling ke Singapura nanti, jangan lupa mampir ke tempat wisata seru yang baru dibuka ketika pandemi ini. 

1. Museum of Ice Cream

Kredit: Museum of Ice Cream Lupakan penerbangan panjang ke Amerika Serikat, kamu bisa main ke Museum of Ice Cream di Singapura!  Dibuka pada Agustus 2021, inilah Museum of Ice Cream pertama yang berlokasi di luar Amerika Serikat. Kolam meses, istana balon pink, sampai ruangan penuh banana split ada di sini! Estetik? Jelas! Instagramable? Pasti! Namun bukan hanya itu, kamu juga bisa belajar tentang sejarah es krim di seluruh dunia lewat 14 instalasi sensori yang seru. Selain melihat-lihat museum dan berfoto, kamu juga bisa mengikuti berbagai aktivitas seru di museum ini! Setelah puas bermain di Museum of Ice Cream, kamu bisa beranjak ke Orchard Road untuk pilihan makanan halal yang berlimpah. Beberapa resto yang telah mengantongi sertifikat halal di kawasan ini antara lain So Pho, Cahaya Restaurant, Maki-San, san Bebek Goreng Pak Ndut. Klik di sini untuk melihat pilihan selengkapnya! Alamat: 100 Loewen Road, Singapura Jam operasional: Kamis-Minggu pukul 10.00-22.00 Website | Facebook | Instagram

2. SkyHelix

Kredit: Mount Faber Leisure Group   Kini Sentosa punya SkyHelix, gondola setinggi 79 meter yang bisa berputar di udara! Wahana satu ini tidak kalah seru dengan Skyline Luge.  SkyHelix akan membawa kamu menikmati pemandangan Singapura sambil berputar 360 derajat di porosnya selama kurang lebih 10 menit. Lokasinya juga mudah dijangkau, cukup jalan kaki 5 menit dari stasiun Sentosa. Tidak perlu khawatir soal makanan halal karena Sentosa punya banyak pilihan. Mulai dari fast food Marrybrown, makanan Melayu di Malaysian Food Street, sampai nasi ayam goreng di Texas Chicken, semua sudah tersertifikasi halal. Lihat pilihan makanan halal di Sentosa lainnya di halaman ini. Alamat: 41 Imbiah Road, Singapura Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-21.30 Website

3. Adventure HQ 

Kredit: Adventure HQ Di Adventure HQ kamu bisa main aneka wahana seru seperti panjat tebing, arena rintangan ala ninja, labirin fosil, dan perosotan tanpa takut kepanasan. Arena bermain indoor seluas 2.800 meter persegi ini punya 10 instalasi wahana seru yang memacu adrenalin. Gimana, berani coba semuanya? Jangan khawatir, di kawasan Adventure HQ juga banyak makanan halal kok. Beberapa yang telah bersertifikat halal antara lain Jinjja Chicken, Coba Coba, dan De Sinn Hainanese Chicken Rice. Atau lihat juga pilihan lainnya di sini. Alamat: 2 Yishun Walk, Singapura  Jam operasional : Selasa-Jumat pukul 14.00-22.00, Sabtu dan Minggu pukul 10.00-22.00 Website| Facebook Semua pasti setuju kalau liburan ke Singapura adalah salah satu hal yang paling dirindukan selama pandemi. Simpan rekomendasi ini dan jangan lupa upload ke Instagram ketika kamu mengunjungi Negeri Singa di waktu mendatang! Temukan rekomendasi terbaik seputar wisata di Singapura dalam genggamanmu dengan aplikasi Visit Singapore (download di sini!). Saatnya hidupkan kembali perjalanan impianmu ke Singapura! #SingapoReimagine #VisitSingapore Artikel ini dipersembahkan oleh Singapore Tourism Board.