icon
icon
article hero

Penggemar Bollywood? Simak 4 Tempat Wajib Kunjung di Jaipur Ini!

AvatarName

Meita Maharani  •  Oct 06, 2021

icon

Gemar Menonton Film Bollywood? 

Jika kamu menggemari film asal negara India ini, maka kamu sama seperti Member Tribes by HHWT Meita Maharani! Kegemaranya akan film Bollywood membawanya berkelana ke Jaipur. Selain mengunjungi situs-situs bersejarah yang mempunyai banyak cerita, beberapa tempat ini juga mempunyai spot foto yang cantik dan instagramable! Simak juga cerita dari Tribes lainnya dalam artikel berikut ini:

4 Tempat Wajib Kunjung di Jaipur

Sudah lama saya ingin berkunjung ke India. Sebagai penggemar film Bollywood, rasanya kurang pas jika belum mengunjungi negara asalnya. Namun memang sudah beberapa kali saya mengurungkan niat untuk pergi karena satu dan lain hal. Sampai pada akhirnya, di tahun 2020 yang, saya bersama dengan beberapa orang teman berangkat untuk menghabiskan dua pekan disana.   Karena ini merupakan kunjungan pertama, kami pun memutuskan untuk mengambil rute Golden Triangle of India. Yang terdiri dari tiga kota, yaitu: Delhi, Agra, dan Jaipur. Untuk kali ini, mari saya membawa Anda untuk mengunjungi beberapa tempat yang ikonik alias wajib kunjung di Jaipur.   Jaipur sendiri merupakan kota yang sangat Indah. Dan seperti kebanyakan kota besar di India, dibagi menjadi dua area, old town dan new town. Untuk mengunjungi kota ini, saya dan teman-teman memilih untuk menggunakan jasa penyewaan mobil beserta dengan supirnya, untuk memudahkan perjalanan kami. Tentunya menyewa mobil juga sudah termasuk dengan jasa pemandu untuk 1 hari di kota tersebut.
  Setelah perjalanan yang cukup panjang dari Delhi, setibanya di Jaipur bagaikan masuk ke dalam dunia yang berbeda. Bagaimana tidak, kami melihat penduduk setempat yang menggunakan gajah sebagai moda transportasi. Benar-benar gajah berdampingan di jalan raya dengan kendaraan bermotor. Sedikit deg-degan rasanya tapi juga merupakan pengalaman yang baru dan menyenangkan.  
Foto: Hawa Mahal Kembali ke urusan tempat wajib kunjung, yang paling pertama di daftar adalah Hawa Mahal atau Istana Angin. Letaknya tepat di tengah old town dan berdampingan dengan istana Maharaja Jaipur. Jika kamu pernah lihat foto Hawa Mahal, kamu pasti akan terpesona dengan detail arsitekturnya. Dibuat seperti memiliki banyak jendela dengan ukiran yang detail. Tapi percayakah kamu, jika Hawa Mahal yang kerap kita temukan fotonya, justru merupakan bagian belakang dari Istana? Kami pun terkejut ketika diinfokan oleh sang pemandu. Tapi seluruh bagian dari istana ini, semuanya merupakan feast for the eyes.   Bergeser ke landmark selanjutnya, kami mengunjungi City Palace Jaipur. Di dalam komplek istana yang luas ini, ada beberapa tempat yang ramai dikunjungi. Antara lain Chandra Mahal, Shri Govind Dev Temple, Mubarak Mahal, dan City Palace Museum. Jika mampir ke Mubarak Mahal jangan lupa untuk mampir ke museum tekstilnya yang menyimpan koleksi pakaian serta kain bersejarah. City Palace di Jaipur ini hingga kini masih menjadi kediaman royal family. Dan, jika bendera dikibarkan di atas komplek residensial Maharaja, berarti sang Maharaja sedang berada di Jaipur.  
Foto: Jantar Mantar Tidak jauh dari kompleks istana, kami pun menyambangi Jantar Mantar. Tempat ini menjadi rumah untuk 19 alat astrologi serta sundial terbesar di dunia. Disini, kami dapat mengamati posisi-posisi astronomi secara langsung. Alat-alat yang ada disana dapat digunakan untuk menentukan waktu, prediksi gerhana, dan lainnya. Tempat ini juga kerap dipadati oleh para murid-murid dari sekolah setempat yang melakukan study tour.  
Foto: Amer Fort Selain itu, kami juga mengunjungi Amer Fort, yang berada sedikit di luar pusat kota Jaipur. Berlokasi di sebuah bukit, sehingga dapat mengamati keindahan kotanya. Tempat ini terlihat sangat megah dan di dalamnya terbagi ke dalam beberapa area. Yang pastinya, semua memiliki desain khas Mughal dengan menggunakan marmer dan sandstone merah yang khas disana. Semua area di Amer Fort juga masih dirawat dengan baik. Pastikan untuk mempersiapkan diri ketika berkunjung, karena banyak sekali spot-spot foto yang cantik.   Penasaran kan? Jika kamu ingin berkunjung ke Jaipur, pilihlah bulan Februari – April, karena cuacanya sangat bersahabat.  

Yuk, bergabung dengan Tribes by HHWT!

Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya. Dengan bergabung dan mengirimkan konten, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah voucher setiap bulannya, datang ke undanganmedia, berkolaborasi dengan brand, hinggajalan-jalan ke luar negeri. Kirimkan tulisan, foto, atau video kamu ke halaman berikut ini: bit.ly/HHWTtelegram