icon
icon
article hero

8 Pengalaman Terbaik di Australia untuk Bucket List Kamu Tahun 2021 (Lengkap dengan Lokasi Makanan Halal!)

AvatarName

Sastri  •  Dec 17, 2020

icon

Artikel ini adalah terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Shasha Dania di halaman ini. Sambil menunggu negara Australia kembali dibuka untuk wisatawan, saatnya merencanakan aktivitas apa saja yang bisa kamu nikmati nanti di Negeri Kanguru. Kami mengumpulkan 8 pengalaman tak terlupakan di Australia untuk bucket list kamu tahun 2021, lengkap dengan pilihan makanan halal di sekitar destinasinya.
1. Memetik buah sendiri di Australia Selatan
Coba rencanakan perjalanan darat di Australia Selatan dan Adelaide. Sepanjang perjalanan, kamu akan melintasi perkebunan buah terbaik di kawasan ini. Dengan satu jam berkendara dari Kota Adelaide, kamu bisa melakukan aktivitas petik buah sendiri sesuai musim. Inilah kesempatanmu untuk mencicipi buah khas Australia yang tidak akan ditemukan di belahan Bumi lain, sambil menikmati panorama pedesaan di sepanjang jalan. Salah satu perkebunan yang paling terkenal adalah Beerenberg Farm . Jika kamu berkunjung antara bulan November hingga April, cobalah berkendara ke Adelaide Hills untuk menikmati aktivitas memetik stroberi. Kamu hanya perlu merogoh kocek AUD $5 (Rp 52 ribu) per orang (gratis untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun) untuk bisa memetik stroberi segar sepuasnya! Stroberi yang kamu petik nantinya akan ditimbang dan kamu perlu membayar sesuai aturan. Namun harga itu sepadan dengan kesegaran stroberi Australia yang tersohor nikmatnya.  Kalau kamu berkunjung antara bulan Januari hingga Juni, arahkan kendaraanmu ke Harrisville Orchards untuk memetik buah apel. Ini adalah satu-satunya perkebunan komersial di Adelaide Hills di mana kamu bisa memetik apel dan memakannya langsung!
Credit: Cherries at Verdun Jika kamu gemar melakukan aktivitas memetik buah, rencanakan perjalanan ke Adelaide antara bulan Desember hingga Januari untuk memetik buah ceri. Musim panen ceri di area ini biasanya hanya berlangsung 2-4 minggu, sehingga menjadi momen terbaik untuk mencicipi kesegaran ceri khas Australia! Harrisville Orchard memiliki tur memetik ceri pada musim ini. Selain itu, kamu juga bisa menyambangi Cherries at Verdun untuk merasakan pengalaman yang sama. Makanan halal terdekat: Ada banyak pilihan makanan halal di Adelaide sebelum kamu memulai perjalanan ke Adelaide Hills. Salah satu restoran unik yang patut kamu cicipi adalah Le Souk, yang berlokasi di tengah Adelaide Central Market. Restoran bersertifikat halal ini menyuguhkan masakan ala Algeria dan Mediterania, dengan suguhan menu seperti Chakchouka, Lamb Tagine, dan Paella.
2. Menangkap dan memakan langsung tiram segar di Freycinet
Australia dikaruniai sumber daya laut yang melimpah, namun pengalaman yang bisa kamu temukan di Tasmania akan menjadi salah satu yang tak terlupakan. Para pecinta makanan laut bisa mencicipi seafood terbaik mulai dari tiram (oyster), salmon, dan abalone . Pastikan kamu memesan tur untuk melihat langsung proses pengembangbiakan tiram serta melahapnya langsung dalam kondisi segar! Salah satu peternakan tiram yang menyuguhkan tur untuk wisatawan adalah Oyster Bay Tours yang dioperasikan oleh Freycinet Marine Farm. Peternakan ini terletak di Coles Bay, bagian timur Tasmania, sekitar 2 jam perjalanan dari Hobart. Peternakan ini dibuka pada 2005 dan kini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi turis. Pacific Oysters dan Tasmanian Blue Mussels diternakkan langsung di sini. Namun selain itu mereka juga menyediakan hasil laut lainya seperti abalone, scallop, rock lobster, dan sea urchin roe.
Credit: Tourism Tasmania and Andrew Wilson Mulailah tur dengan menarik jala langsung di atas laut. Pemandu profesional akan mengajarkanmu bagaimana peternak tiram membudidayakan hasil laut yang bernilai tinggi ini. Jangan lupa cicipi Pacific Oysters langsung dari laut lepas, dan jangan lupa belajar bagaimana cara memakannya dengan benar! P.S. Harga tur ini termasuk segelas wine, namun kamu bisa menukarnya dengan jus apel segar khas Tasmania. Tur sudah termasuk dengan 6 tiram segar untuk dikonsumsi, ½ mangkuk remis kukus, dan pilihan saus jeruk nipis, lemon, atau red wine sebagai pendamping. Makanan halal terdekat: Kamu bisa bertolak ke Freycinet Marine Farm untuk mencicipi makanan laut segar hasil tangkapan warga lokal. Kamu bisa menyantap berbagai olahan seafood sambil menikmati panorama pinggir pantai. Dua perpaduan yang tak akan terlupakan. Note: restoran ini hanya menyuguhkan makanan laut, namun soy sauce dan keju mungkin digunakan sebagai bahan makanan. Minuman beralkohol juga dijual di sini. Kami merekomendasikan kamu makan di sini dengan berhati-hati.
3. Melihat paus di Brisbane
Melihat paus adalah salah satu pengalaman yang setidaknya harus kamu alami sekali dalam seumur hidup. Jika kamu ingin melihat paus bungkuk sedang beraksi, rencanakan perjalanan ke Brisbane antara bulan Juni-November untuk melihat mereka bermigrasi. Paus-paus ini bertolak dari Kutub Selatan ke perairan yang lebih hangat di Queensland, dan melihat mereka secara langsung adalah pengalaman yang tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata. [caption id="attachment_107477" align="aligncenter" width="900"]
Credit: Tourism Australia[/caption]   Ikuti cruise tour yang berangkat dari Brisbane untuk merasakan langsung pengalaman ini. Beberapa servis cruise tour antara lain Tangalooma Whale Watching Day Cruise dan Brisbane Whale Watching. Tur ini hanya beroperasi pada musim-musim tertentu, kamu perlu mengecek ketersediaannya terlebih dahulu dan melakukan reservasi bila memungkinkan.
Credit: Tourism Australia Cruise ini biasanya berangkat pada pagi hari dan berakhir antara waktu makan siang hingga sore. Jangan lupa dengarkan informasi dari pemandu profesional sambil melihat sekitar, jangan sampai kamu ketinggalan penampakan paus bungkuk! #HHWT Tip: Beberapa cruise  sudah termasuk makan siang, namun kamu juga bisa memilih tur yang tidak termasuk makan. 
Credit: Amin’s Butcher & Grill Makanan halal terdekat: Jika kamu sudah kembali ke daratan, arahkan kendaraan ke Amin’s Butcher & Grill. Toko daging ini memiliki restoran, di mana kamu bisa memilih sendiri jenis daging dan cara mengolahnya mulai dari steak, burger hingga daging panggang, berbagai pilihan tersedia di sini. Opsi lain, kamu bisa menyambangi beberapa gerai makanan ramah Muslim di Kota Brisbane.
4. Berkunjung ke Fitzroy Falls di Morton National Park
Dengan jarak tempuh 3 jam perjalanan dari Sydney, Morton National Park adalah taman nasional dengan segudang panorama alam memukau. Mulai dari deretan air terjun, jalur trekking, sampai hutan hujan. Area ini juga merupakan tempat tinggal dari Suku Yuin, orang Aborigin yang tinggal di New South Wales sejak berabad silam. Tak heran di tempat ini kamu bisa menemukan ratusan peninggalan Suku Aborigin! Morton National Park sangat cocok jika kamu ingin menghabiskan satu atau dua hari menjauh dari keramaian Sydney.
Credit: Walter on Flickr Panorama alam yang tak boleh terlewatkan di sini adalah Fitzroy Falls. Dengan tinggi lebih dari 80 meter, air terjun ini langsung jatuh ke lembah di bawahnya. Arahkan kakimu ke jalur trekking East Rim dan Wildflower  untuk mencapai air terjun ini, dengan pemandangan yang luar biasa indah di sepanjang jalan. Jika beruntung, kamu bisa melihat hewan endemik Australia seperti kookaburra dan kakatua! Begitu sampai, mampirlah ke Fitzroy Falls Visitor Centre untuk belajar mengenai usaha regenerasi dampak kebakaran hutan di Morton National Park, sekaligus mendalami seluk-beluk suku Aborigin di wilayah ini. Area ini masih dalam rangka pemulihan akibat kebakaran hutan awal tahun ini.
Credit: Doug Beckers on Flickr Jalur trekking Fairy Bower Falls sangat menyenangkan serta sejuk pada musim panas, dan berakhir pada air terjun tersembunyi yang indah. Celupkan kakimu ke dalam air yang menyegarkan untuk meredakan penat usai trekking, dan nikmati panorama alam sekitar. Jika kamu berkunjung pada musim semi, cobalah trekking melewati Three Views atau Granite Falls untuk pengalaman berjalan dikelilingi bunga liar. Jika kamu termasuk turis yang suka bertualang, cobalah naik kano di Shoalhaven River atau Kangaroo River pada musim gugur.
Credit: Andrew Harvey on Flickr Makanan halal terdekat: Tidak ada restoran halal di dekat Morton National Park. Oleh karena itu, kami merekomendasikanmu untuk membungkus makanan dari restoran halal dan ramah Muslim di Sydney untuk dibawa piknik. Ada beberapa spot untuk piknik antara lain Pigeon House Mountain Didthul, atau di sepanjang jalur Granite Falls. Saatnya menyantap makan siang sambil menikmati keindahan alam tak tersentuh di Australia! 
5. Mengamati bintang di Nambung National Park
Australia Barat memiliki segudang panorama alam yang memukau, dan salah satu taman nasionalnya wajib ada dalam bucket list kamu. Masukkan Pinnacles Desert dan Nambung National Park dalam itinerary kamu. Formasi batu gamping di Pinnacles menjadi pemandangan yang tidak biasa, dan bahkan lebih indah lagi ketika malam tiba!
Credit: dylan_odonnell on Flickr Habiskan malam romantis dengan mengamati bintang di tengah gurun yang tenang, jauh dari cahaya lampu dan hiruk-pikuk perkotaan. Kamu bahkan bisa memotret Galaksi Bima Sakti dari sini. Formasi batu gamping yang tersebar di wilayah ini akan menambah keindahan foto jepretanmu.
Credit: dylan_odonnell on Flickr Tidak ada area kemping di Nambung National Park, namun kamu bisa berkendara menuju kota terdekat yaitu Cervantes (30 menit sampai 1 jam berkendara dari Pinnacles Desert). Kota ini memiliki beberapa opsi hotel dan motel sesuai bujet. Opsi lain, kamu bisa melakukan reservasi stargazing tour yang disediakan beberapa agen perjalanan seperti Autopia Tours. Tur ini termasuk agenda stargazing dan kunjungan ke area-area pesisir Australia Barat.
Makanan halal terdekat: Restoran ramah Muslim paling terkenal dekat sini adalah Lobster Shack di Cervantes. Tersedia berbagai opsi makanan laut, namun mintalah agar staf restoran tidak menambahkan alkohol pada makananmu. Restoran ini juga menjual minuman beralkohol.  [caption id="attachment_107468" align="aligncenter" width="900"]
Credit: Tourism Australia[/caption]
6. Melihat sarang rayap magnetik dan air terjun cantik di Litchfield National Park
Jika kamu berkunjung ke Darwin di Northern Territory, Litchfield National Park adalah opsi terbaik untuk day trip menjauh dari ramainya perkotaan. Taman wisata alam ini memiliki deretan air terjun, hutan, jalur trekking yang memukau, serta formasi alami yang unik seperti sarang rayap magnetik. Jangan lupa berfoto jika kamu menemukan formasi alam ini. Beberapa di antaranya berusia lebih dari 100 tahun, dan merupakan formasi unik wilayah utara Australia. Sarang ini tidak seperti sarang rayap pada umumnya, karena bentuknya dipengaruhi oleh medan magnet di sekitar wilayah tersebut. Sarang rayap magnetik ini bisa mencapai tinggi sampai 2 meter. Ada pula sarang rayap Cathedral yang tingginya mencapai 4 meter! Usai melihat langsung sarang rayap, kamu bisa menikmati keindahan alam Litchfield National Park dengan trekking sepanjang jalur yang tersedia. Ada beberapa jalur trekking yang bisa dipilih sesuai level. Walker Creek Walk misalnya, memiliki jalur sepanjang 3,5 kilometer di mana kamu bisa berkesempatan melihat langsung hewan liar. Para hiker dan pecinta petualangan mungkin akan menyukai Greenant Creek Walk. Rute ini membentang bolak-balik dengan tujuan akhir kolam di bawah Tjaetaba Falls dan dek observasi. Rute hiking  sepanjang 27 kilometer ini memiliki rute yang sedikit curam, dan baik dilakukan sebagai aktivitas satu hari penuh. Nikmati panorama hijau sekitar termasuk pohon fig dan palem yang menjulang. Jangan lupa cermati sekitar untuk menemukan gecko, kadal, dan kodok yang mungkin menyeberang di depanmu! P.S. Kolam yang berada di bawah Tjaetaba Falls berlokasi di atas situs religius Suku Aborigin. Penjaga kawasan tersebut meminta wisatawan untuk berenang di bagian atas air terjun. Jadi begitu tiba di kolam ini, berjalanlah sedikit ke arah bawah untuk mencelupkan kaki di air yang segar. [caption id="attachment_107476" align="aligncenter" width="900"]
Credit: Tourism Australia[/caption]   Air terjun lain di area ini yang tak boleh kamu lewatkan antara lain Florence Falls, Tjaynera Falls, juga Tolmer Falls. Kolam yang berada di bagian bawah air terjun cocok untuk merendamkan kaki usai trekking di bawah sinar matahari. Sambil menikmati sekitar, kamu bisa melihat burung-burung endemik serta kelelawar dan bandicoot. Kamu juga bisa belajar lebih dalam mengenai sejarah Australia dengan mengunjungi Bamboo Creek Tin Mine. Sisa-sisa bangunan ini hanya dibuka saat musim gugur dan musim dingin, namun menjadi lokasi yang pas untuk belajar mengenai perkembangan pertambangan timah di Australia. Makanan halal terdekat: Rindu masakan Indonesia? Bertolaklah ke restoran Sari Rasa di Darwin. Restoran ini dimiliki oleh Muslim serta bersertifikasi halal. Kamu bisa menyantap rendang daging, kari ayam, dan sambal. Rasanya seperti kembali ke kampung halaman! Jarak tempuh dari Litchfield National Park menuju restoran ini adalah sekitar 1,5 jam. 
7. Rasakan pengalaman kultural Aborigin di Canberra
Canberra tak hanya menjadi ibu kota Australia, namun merupakan kota yang kaya akan sejarah Suku Aborigin. Jelajahi dan rasakan pengalaman ala Suku Aborigin pada beberapa situs peninggalan di sekitar Canberra, dengan pemandu profesional yang akan membantumu memahami hubungan antara Suku Aborigin dan warga lokal setempat. Jika tertarik untuk mendalami seluk-beluk Suku Aborigin, kamu bisa memesan tur khusus di Dhawura Tour dengan pemandu lokal Suku Ngunnawal. Ada beberapa jenis tur yang tersedia jika kamu ingin menghabiskan siang, atau setengah hari, atau bahkan satu hari penuh mendalami budaya Suku Aborigin. Opsi yang lebih sebentar (2 jam) akan membawamu ke Mount Majura, Mount Taylor, dan Black Mountain untuk belajar bagaimana Suku Aborigin menginterpretasi dan merefleksikan tempat mereka tinggal. Hal ini termasuk makanan yang mereka dapatkan dari tumbuhan atau hewan asli, dan artefak yang tersebar di area tersebut. Lanjutkan perjalananmu mendalami sejarah Aborigin di Namadgi National Park, dengan bentang alam pedalaman yang akan membuatmu terperangah. Kunjungi lokasi kemping di area ini yang memiliki artefak Aborigin sejak akhir Zaman Es. Jangan lupa untuk melihat situs rock painting  di Yankee Hat Shelter. Namadgi National Park juga memiliki beberapa walking dan biking trails untuk kamu menikmati alam. [caption id="attachment_107472" align="aligncenter" width="900"]
Credit: Tourism Australia[/caption] Akhiri perjalananmu dengan sesuatu yang kontemporer di National Gallery of Australia di Kota Canberra. Koleksi galeri ini mencakup peninggalan terlengkap Suku Aborigin dan Torres Straits Islander. Museum ini juga menjadi lokasi National Indigenous Art Trennial. Di sini kamu bisa melihat perpaduan karya seni masa lampau dalam balutan kontemporer, serta beragam pertunjukan seni yang membawa kembali budaya asli Aborigin ke masa sekarang. Restoran halal terdekat: Canberra memiliki beberapa restoran halal dan ramah Muslim, namun salah satu tempat untuk kamu menikmati masakan khas Malaysia adalah Papparich. Restoran ini terletak di jantung Kota Canberra, menggunakan bahan-bahan dan daging bersertifikat halal. Tidak ada minuman beralkohol yang disajikan. Kamu bisa mencicipi Dim Sum, Nasi Lemak, Assam Laksa, dan lainnya. Papparich bisa disambangi sekitar 20-30 menit berkendara dari galeri menggunakan bus umum.
8. Naik kano di Snowy River, East Gippsland
Melbourne dan sekitarnya adalah destinasi yang populer untuk wisatawan. Namun, Negara Bagian Victoria memiliki bentang alam yang tak terhitung jumlahnya. Inilah saatnya menjelajahi beberapa taman nasional di Victoria dan East Gippsland seperti Australian Alps, sambil melakukan aktivitas luar ruang yang memompa adrenalin.
Kamu bisa menyewa campervan  untuk satu hari penuh, atau untuk bermalam di Snowy River National Park dan Alpine National Park. Butuh waktu tempeh sekitar 6 jam jika berkendara dari Melbourne menuju Snowy River, sehingga ada baiknya kamu menyewa campervan untuk 2-3 hari. Ada beberapa jasa penyewaan campervan di Bandara Melbourne dan pusat Kota Melbourne. Jangan lupa menyewa car seat jika Anda travelling bersama anak di bawah 7 tahun. Bayi berusia kurang dari 6 bulan diwajibkan menggunakan car seat menghadap belakang. Berlokasi di seberang Snowy River National Park dan Alpine National Park, terdapat Snowy River yang membentang sepanjang 325 km. Sungai ini merupakan lokasi populer untuk trekking, naik kano, dan rafting. Para pecinta aktivitas luar ruangan pasti akan merasa tertantang dengan kayaking di sungai ini. Jika kamu travelling dengan keluarga, aktivitas luar ruang yang cocok adalah dengan memesan tur whitewater paddling untuk dinikmati bersama. Whitewater paddling tidak terlalu mendebarkan layaknya kayaking, dan terdapat beberapa level kesulitan sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Beberapa operator tur juga mengizinkan anak-anak di atas 10 tahun untuk ikut serta, namun lebih baik mengecek ketentuannya terlebih dahulu. Restoran halal terdekat: Tidak ada restoran halal yang tersedia di dekat taman nasional ini, namun kamu bisa piknik dengan membawa makanan dari  restoran ramah Muslim di Melbourne . Opsi lain, kamu bisa bertolak ke kota terdekat Orbost (sekitar 1,5 jam perjalanan dari Snowy River National Park) untuk memesan makanan di Morganics Cafe and Store. Kamu bisa memesan sandwich, burrito, juga muffin sebagai makanan penutup di restoran vegetarian berkonsep Western ini. Restoran tersebut menyajikan menu seafood (tuna) dan opsi vegan. Kami merekomendasikan kamu makan di sini dengan berhati-hati. Dengan banyak hal yang bisa dilihat di Australia, beberapa pengalaman tak terlupakan ini akan menunjukkanmu sisi lain dari Negeri Kanguru. Waktunya untuk memasukkan daftar ini dalam bucket list di Australia untuk tahun 2021, dan mulailah merencakanan perjalanannya!  Artikel ini dipersembahkan oleh Tourism Australia.