icon
icon
article hero

9 Oleh-oleh Jogja, Solo, dan Semarang yang Wajib Kamu Beli Saat Road Trip

AvatarName

Tiara  •  Jun 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Road trip tentu belum kengkap tanpa membeli oleh-oleh. Jogja, Solo, dan Semarang adalah destinasi favorit untuk wisata dan belanja saat road trip. Sisakan ruang di mobil kamu sebelum kembali ke rumah karena kamu bisa membeli oleh-oleh berikut ini saat perjalanan pulang.

Yogyakarta

Bakpia

Oleh-oleh Jogja satu ini tentu tidak boleh ketinggalan. Saat ini, begitu banyak merek dan varian bakpia Jogja yang bisa kamu beli. Bakpia klasik isi kacang hijau tentu wajib dibungkus. Selain itu, ada pula bakpia keju, bakpia kukus, hingga bakpia isi ubi ungu!

Gerabah

Kalau kamu hobi memelihara tanaman di rumah, inilah kesempatan untuk membeli pot terakota dengan harga miring. Oleh-oleh Jogja satu ini bisa kamu temukan di kawasan Desa Wisata Kasongan. Di desa ini, ada puluhan toko gerabah yang menjual pot terakota dengan harga mulai dari Rp 10.000 saja! Barang seperti pot terakota ini tentu lebih aman jika dibawa langsung dengan mobil.

Dekorasi rumah

Selain gerabah, oleh-oleh Jogja lain yang juga bisa kamu beli di Desa Kasongan adalah aneka dekorasi rumah. Ada keranjang anyam, cermin, sampai aneka wadah dari eceng gondok. Mumpung kamu pulang naik mobil, kamu bisa membeli berbagai perabot bernuansa tropis ini!

Solo

Orion Mandarijn

 Oleh-oleh Solo satu ini bukan hanya enak dinikmati, tapi juga cocok sebagai hadiah. Toko Orion ini sudah ada sejak tahun 1932 dan terus menjadi favorit berkat kue Mandarijn Orionnya. Selain kue bolu lapis, di toko kue ini pun ada berbagai roti, camilan, dan sirup dengan rasa unik seperti beras kencur dan kunyit asam sirih!

Surabi Notosuman

Manis, lembut, dan harum, tidak heran jika oleh-oleh Solo ini selalu menjadi rebutan setiap kali dibawa pulang. Supaya lebih mantap, kamu bisa membelinya langsung di sentra serabi Solo yang ada di Jalan Moh. Yamin. Di sini, kamu bisa menemukan deretan penjual serabi, tinggal pilih mau yang mana!

Roti Kecik

Kamu mungkin belum akrab dengan oleh-oleh Solo yang satu ini. Faktanya, roti kecik sudah menjadi oleh-oleh Solo sejak tahun 1881. Roti kecik ini bahkan telah dipatenkan oleh toko Roti Ganep Solo. Rasanya unik dengan harum vanila dan tekstur yang garing, cocok untuk dicelup ke kopi atau teh hangat.

Semarang

Bandeng Presto Juwana

Ke Semarang tentu belum lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh satu ini. Bandeng Juwana menyediakan berbagai oleh-oleh yang terbuat dari ikan bandeng, mulai dari bandeng presto, otak-otak, sampai pepes dan teriyaki.

Lumpia

 Lumpia Gang Lombok tentu menjadi oleh-oleh Semarang yang tidak boleh terlewatkan. Selain sebagai oleh-oleh, kamu pun bisa menikmatinya sebagai bekal perjalanan. Tapi ingat, lumpia punya saus dan aroma khas tersendiri. Jadi hati-hati ya ketika makan di mobil, jangan sampai tumpah! 

Moaci Gemini

Sudah ada sejak tahun 1985, oleh-oleh Semarang ini masih menjadi favorit banyak orang. Kue kenyal berbalut wijen atau tepung ini berisi kacang yang gurih. Kini, ada juga Moaci Gemini isi stroberi, jeruk, hingga cookies and cream! Simak juga rekomendasi dan tips road trip lainnya dalam artikel berikut ini: