icon
icon
article hero

9 Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kamu

AvatarName

Tiara  •  Mar 26, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] [Diperbarui 14 Juli 2021] Imunitas alias daya tahan tubuh menjadi kunci pertahanan dan kesembuhan selama pandemi Covid-19. Selain mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, ada beberapa makanan yang dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan.  Istirahat yang cukup, taat protokol kesehatan, dan tingkatkan daya tahan tubuh kamu dengan makanan ini. Catatan: Meski bisa meningkatkan daya tahan tubuh, makanan di bawah ini bukanlah pengganti obat atau imunisasi. Jika kamu merasa tidak enak badan atau kekurangan gizi, segera periksakan diri kamu ke dokter.

1. Kurma

Dimulai dengan makanan yang sudah sangat akrab dengan umat Muslim, yaitu kurma! 😉 Kehadirannya tentu sangat dinanti, terutama di bulan Ramadan. Namun, tidak ada salahnya untuk memasukkan kurma ke dalam makanan sehari-hari. Kurma tidak mengandung kolesterol, sangat rendah lemak, dan merupakan sumber glukosa yang baik karena pelepasannya lambat sehingga kamu merasa kenyang lebih lama. Kurma juga mengandung potasium, vitamin A1, B1, B3, B5, dan C serta serat! Resep pilihan: Campurkan kurma ke dalam sereal, yogurt, atau granola untuk sarapan. Bisa juga dihaluskan bersama buah-buahan seperti pisang menjadi smoothies yang sehat. K urma dengan tekstur lebih keras juga nikmat dicampur dengan salad atau dimakan begitu saja. Kamu juga bisa mencampurnya ke dalam makanan pencuci mulut seperti cemilan gandum dan madu yang manis! 😋

2. Madu

Madu telah sering digunakan dalam resep dan pengobatan tradisional atau rumahan. Siapa di sini yang kalau sedang sakit tenggorokan langsung minum air hangat dicampur madu dan jahe atau lemon? 🙋‍♀️ Pemanis alami ini  kaya akan mineral dan vitamin serta antioksidan yang membuatnya ideal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga punya kandungan antimikroba yang bisa mematikan bakteri tertentu. Kandungan inilah yang membantu meringankan gatal saat radang tenggorokan! Resep pilihan: Madu bisa digunakan dalam makanan manis ataupun gurih! Campurkan madu ke dalam bumbu rendaman masakan atau tuangkan madu di atas sereal, yogurt, atau es krim sebagai pemanis. Kalau kamu suka membuat overnight oats atau sereal, madu adalah pelengkap yang tepat!

3. Minyak zaitun (dan buahnya)

Kaya akan lemak tidak jenuh (yang meningkatkan kolesterol baik), kandungan anti-inflamasi, serta antioksidan, minyak zaitun adalah pilihan yang tepat sebagai pengganti minyak canola, minyak biji bunga matahari, atau bahkan mentega. Pastikan kamu memilih extra-virgin olive oil yang dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun dan mengandung konsentrat antioksidan paling tinggi!  Buah zaitun sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi. Zaitun hitam juga merupakan sumber vitamin A, vitamin E, dan serat pangan yang baik.  Resep pilihan: Konsumsi sekitar 3 sendok makan minyak zaitun setiap harinya atau gunakan sebagai pengganti mentega, margarin, atau minyak lainnya. Campurkan minyak zaitun ke dalam salad untuk sentuhan ala Mediterania! Banyak resep makanan yang menggunakan minyak zaitun, misalnya ayam panggang (nomor 10 di daftar ini) sehingga mengolahnya pun tidak sulit. 😊 Lihat juga sejumlah pilihan resep masakan halal ini untuk inspirasi lainnya!

4. Cuka apel

Cuka apel semakin populer sebagai makanan sehat karena kandungan anti bakteri di dalamnya. Fermentasi alami yang terjadi dalam pembuatannya menjadikan cuka apel kaya akan bakteri baik dan prebiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. 😁 P.S. Walaupun dalam bahasa Inggris disebut apple cider vinegar, secara umum cuka apel tidak mengandung alkohol karena fermentasinya alami. Di pasaran pun telah tersedia cuka apel yang telah tersertifikasi halal dan kamu bisa memeriksa labelnya untuk memastikan apakah produk tersebut mengandung alkohol. Resep pilihan: Mulai harimu dengan minum campuran 1-2 sendok cuka apel dan air hangat.

5. Susu (segala jenis)

Kita tentu sudah akrab dengan manfaat susu sapi untuk kesehatan. 🐮 Memang benar adanya, susu sapi merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin A, B12, serta vitamin D yang membantu mempertahankan daya tahan tubuh.  Selain itu, susu sapi juga menjaga kesehatan organ dalam serta sel darah merah. Kini, kamu bisa menemukan berbagai macam susu di pasaran, mulai dari susu kambing sampai susu berbahan dasar nabati seperti susu kedelai, susu beras, susu gandung, atau bahkan susu kurma. Nah, susu nabati ini kadang juga mengandung nutrisi dan vitamin ekstra yang membuatnya semakin sehat. Coba cek kemasan susumu untuk melihat kandungan apa yang ada di dalamnya! Resep pilihan: Diminum langsung atau campurkan ke dalam minuman, makanan pencuci mulut, dan lainnya! Kalau kamu minum susu nabati, kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lain supaya lebih bergizi.

6. Biji-bijian (gandum, barley, dsb)

Nasi dan roti (gandum) bukanlah satu-satunya biji-bijian yang ada di luar sana. Biji-bijian seperti gandum dan barley memang mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Gandum dan barley adalah sumber zinc, zat besi, dan vitamin B. Selain itu, juga mengandung beta-glucan yang meningkatkan sel darah di dalam sistem imunitas kita! Barley juga kaya serat, zat besi, magnesium, dan selenium. Magnesium dan selenium berguna untuk membantu pembentukan sel dalam tubuh, sementara zat besi baik untuk kesehatan jantung.  P.S. Biji-bijian kerap mengandung gluten, jadi kalau kamu sensitif terhadap gluten atau punya penyakit celiac, kamu bisa memilih biji-bijian yang bebas gluten seperti gandum, jagung, dan quinoa.  Resep pilihan: Sajikan sepiring oatmeal dengan taburan buah-buahan untuk sarapan atau campurkan barley ke dalam sup dan rebusan untuk tambahan rasa. Pilih roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh atau multi-grain untuk nutrisi lebih.

7. Aneka jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski vitamin C sendiri bukanlah pengganti obat-obatan dan tidak mengobati flu dengan sendirinya, namun asupan vitamin C secara reguler bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C memiliki kandungan antioksidan dan baik untuk kesehatan organ dalam. Vitamin juga bukanlah unsur yang dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Karenanya, penting bagi kita untuk mengonsumsi vitamin yang ada di buah jeruk ini! Resep pilihan: Ada begitu banyak jenis buah sitrus, termasuk jeruk, lemon, tangerine, grapefruit, dan jeruk nipis. Berbagai buah dan sayuran lainnya pun ada yang mengandung vitamin C. Kamu bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara, misalnya untuk bumbu rendaman daging, jus (jangan disaring karena seratnya baik untukmu!), atau dimakan begitu saja.

8. Ikan

 Ikan dan minyak akan kaya akan asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA yang mampu meredakan peradangan dan infeksi. Kamu bisa mendapatkan suplai nutrisi ini dari suplemen seperti minyak ikan kod ataupun ikan segar. Keduanya adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung.  Salmon, tuna, dan makarel adalah beberapa contoh ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Jadi, kamu bisa makan aneka jenis ikan yang baik untuk tubuhmu. 😋 Resep pilihan: Macam-macam! Rebus, kukus, bakar, atau panggang, tambahkan sedikit jeruk dan rempah untuk mengurangi amisnya dan membuatnya semakin lezat. Kalau berani, kamu juga bisa membuat sushi dan sashimi sendiri, pastikan saja bahwa kualitasnya benar-benar baik. 😁

9. Semangka

Memang paling nikmat makan semangka di tengah hari yang panas, tapi tahukah kamu bahwa semangka mengandung potasium, vitamin A, dan vitamin C juga? Semangka juga kaya akan asam amino dan antioksidan yang menjaga agar tubuh selalu bekerja dengan baik. Ada pula kandungan lycopene yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh! Semangka juga cocok sebagai cemilan rendah kalori! 🤤 Resep pilihan: Sebagai cemilan, dicampur salad, atau dibuat jus dengan buah lainnya. Kamu juga bisa membuatnya jadi sorbet atau gelato sebagai hidangan pencuci mulut! Menjaga kesehatan diri sendiri adalah salah satu usaha yang penting untuk menghindari penyakit dan apa yang kita makan berpengaruh terhadap kesehatan.  Pastikan kamu menerapkan pola makan seimbang agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Jangan lupa untuk melihat juga berbagai resep masakan halal di sini! 😊 Baca juga: