icon
icon
article hero

6 Makanan Khas Ramadhan di Singapura dan Malaysia yang Punya Kembaran di Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Apr 09, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Menyambut bulan Ramadhan berarti siap menyambut aneka takjil dan makanan khasnya. Jika di Indonesia kamu biasa berbuka dengan takjil kolak, es buah, atau aneka gorengan, maka Singapura dan Malaysia pun punya deretan takjil yang tidak kalah menarik. Makanan khas Ramadan di Singapura dan Malaysia biasa ditemukan di bazar-bazar yang digelar di tempat terbuka. Menariknya, ternyata ada beberapa hidangan khas yang mirip dengan takjil ala Indonesia. Serupa tapi tak sama, berikut adalah beberapa makanan khas Ramadan di Singapura dan Malaysia yang selalu menjadi rebutan saat bulan suci tiba.
Apam Balik
Takjil puasa satu ini berbentuk lingkaran dan dilipat dengan aneka isi di dalamnya. Betul sekali, tekstur dan rasanya mirip dengan martabak mini. Hanya saja, apam balik lebih tipis dan isiannya tidak semelimpah terang bulan yang kita kenal. Isinya beragam, ada kacang, coklat, susu, hingga keju.
Dendeng
Jajanan satu ini mungkin tidak lazim sebagai camilan di Indonesia, melainkan lebih populer sebagai lauk makan nasi. Namun di Singapura, khususnya di Geylang Serai Bazaar, dendeng daging sapi dengan rasa barbecue adalah jajanan wajib. Jika kamu berkesempatan mencicipinya, jangan lupa bungkus lebih banyak karena bazar ini hanya hadir setahun sekali.
Cakwe
 Cakwe atau yang lebih dikenal dengan nama yu cha kway di Singapura adalah jajanan bazar Ramadan yang juga populer. Bentuk dan teksturnya mirip dengan cakwe Indonesia, hanya saja ukurannya lebih besar. selain itu, cakwe di sana bukan hanya dinikmati sebagai camilan asin, namun juga camilan manis dengan berbagai topping seperti coklat dan mesis! 
Bubur Lambuk
Takjil untuk buka puasa yang satu ini berasal dari Malaysia. Bubur lambuk terbuat dari beras, daging atau seafood, serta rempah-rempah yang gurih dan hangat. Di Indonesia sendiri, bubur lambuk mirip sekali dengan bubur kanji rumbi khas Aceh yang juga bisa ditemukan di masjid-masjid saat bulan Ramadhan.
Burger Ramly
Burger yang biasa kita temukan di jajanan sekolah ini ternyata merupakan salah satu makanan khas bazar Ramadan di Singapura dan Malaysia. Aroma daging yang dibakar dengan mentega begitu harum dan menggugah selera. Satu hal yang membuatnya semakin disukai adalah burger ini dibuat sesuai pesanan sehingga disajikan hangat.
Kathira 
 Minuman segar takjil puasa ini dibuat dari bahan dasar gum kathira arau getah anggur. Selain itu, sebotol kathira juga berisi biji selasih, serta kurma atau kismis. Semua bahan ini dicampur dengan kuah yang terbuat dari susu, air mawah, dan sirup pandan. Di Indonesia sendiri, belum banyak yang menjual kathira. Namun, kamu bisa minum peach gum untuk sensasi segar serupa. Simak juga rekomendasi dan resep makanan untuk bulan Ramadan lainnya dalam artikel berikut ini: