icon
icon
article hero

6 Kuliner Khas Manado Halal yang Wajib Dicoba Saat Singgah di Sana

AvatarName

Tiara  •  Aug 31, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata kuliner Manado adalah bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan saat berkunjung ke Likupang. Manado adalah kota pertama yang akan kamu singgahi saat menuju Likupang. Jadi, tidak ada salahnya untuk mampir dan jalan-jalan sebentar di ibukota Sulawesi Utara ini. Satu hal yang wajib dilakukan tentu saja berwisata kuliner. Meski kuliner Manado kerap dikaitkan dengan makanan ekstrim dan tidak halal, sesungguhnya kuliner Manado pun banyak yang halal. Inilah beberapa kuliner Manado halal yang wajib kamu coba ketika berkesempatan singgah di sana.
Tinutuan
Makanan yang juga dikenal dengan nama bubur Manado ini bukan hanya lezat, tapi juga sehat dan mengenyangkan. Kuliner Manado ini merupakan bubur nasi yang dicampur dengan berbagai sayuran seperti labu kuning, bayam, daun kemangi, dan jagung serta biasa disantap sebagai sarapan. Di Manado sendiri, Tinutuan biasa disajikan dengan perkedel jagung dan aneka lauk lainnya. Kamu pun bisa menikmatinya di pusat kuliner tinutuan Manado yang berada di Jalan Wakeke.
Woku Belanga
 Manado merupakan sebuah kota pesisir. Karenanya, tidak heran jika kuliner Manado halal didominasi oleh olahan ikan laut. Salah satu yang paling populer seantero negeri adalah woku belanga. Masakan berkuah ini biasanya terbuat dari ikan dan hidangan laut lainnya, namun bisa juga ditemui versi ayamnya. Kuah kuningnya sedikit pedas dan gurih, serta semakin sedap dengan harumnya daun kemangi. Nama woku belanga sendiri diambil dari cara memasak tradisionalnya yang menggunakan belanga dari tanah liat. 
Cakalang Fufu
Inilah bahan dasar beberapa kuliner Manado yang terkenal. Cakalang fufu adalah ikan tongkol yang diasap dan bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti ditumis, dimasak santan, atau dijadikan pampis. Selain enak, cakalang fufu juga cukup tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.
Sambal Roa
Kuliner Manado yang satu ini merupakan salah satu unsur penyedap dalam sajian makan. Sambal roa sekilas seperti sambal biasa, namun yang membedakannya adalah campuran ikan roa asap yang sudah ditumbuk halus bersama sambal. Sambal ini biasanya dijadikan pendamping tinutuan. Namun, sepiring nasi hangat saja sudah cukup untuk menikmati sedap dan pedasnya.
Es Brenebon
 Untuk kamu yang suka makanan manis, kuliner Manado satu ini tidak boleh terlewatkan. Es brenebon dibuat dari perpaduan kacang merah, es serut, gula merah, dan disiram dengan kental manis rasa coklat. Rasanya yang manis ini cocok untuk dinikmati usai menyantap makanan Manado yang bercita rasa bumbu kuat atau sekedar sebagai camilan di siang hari yang panas. Salah satu restoran paling legendaris yang menyajikan es brenebon di Manado adalah kedai Es Miangas yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. 
Gohu
Satu lagi kuliner Manado yang manis dan segar adalah gohu. Makanan mirip asinan ini jarang ditemukan di daerah lain dan menjadi favorit masyarakat lokal. Bahan utamanya adalah pepaya mengkal yang diiris-iris dan dicampur dengan kuah yang terbuat dari cuka, air, cabai halus, gula aren, jahe, dan yang membuatnya berbeda yakni telur ikan yang telah difermentasi. Sulawesi Utara mungkin belum menjadi pilihan utama soal destinasi wisata. Namun faktanya, daerah ini menawarkan pengalaman liburan yang menarik dengan keindahan alam dan kulinernya. Simak juga rekomendasi wisata menarik seputar Sulawesi Utara dalam artikel berikut ini: