icon
icon
article hero

6 Kuliner Khas Belitung yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Sana

AvatarName

Tiara  •  Aug 25, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selain karena pantai dan lautnya, kuliner Belitung adalah hal yang membuat banyak orang ingin kembali ke sana. Pulau yang dikenal sebagai penghasil timah ini memang memiliki kekayaan berupa kuliner yang ciri khas rasanya sulit ditemukan di tempat lain. Untuk kamu yang berencana liburan ke Belitung, catat dulu beberapa kuliner Belitung berikut ini yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana nanti.
Mie Belitung
Kuliner Belitung yang satu ini adalah menu wajib ketika liburan ke sana. Makanan sederhana ini adalah perpaduan mi kuning dengan taburan tauge, irisan mentimun, potongan kentang rebus, emping melinjo, dan disiram dengan kuah udang kental nan gurih. Kuah kecoklatan inilah yang menjadi bintang utamanya karena terbuat dari kaldu udang asli dengan campuran bumbu-bumbu dan gula aren yang harum. Salah satu warung mi Belitung yang terkenal adalah Mie Atep Belitung yang sudah berdiri selama hampir 40 tahun.
Gangan
 Kuliner Belitung memang tidak jauh-jauh dari boga bahari. Menu lain yang patut dicoba adalah gangan. Makanan ini adalah sejenis sup ikan berkuah kuning dengan rasa asam dan pedas. Sekilas, penampilannya akan mengingatkan kita kepada pindang kuning. Namun bedanya, gangan menggunakan nanas yang memberikan rasa segar di kuahnya yang berpadu dengan daging ikan yang gurih. 
Nasi Gemok
Nasi gemok sendiri merupakan kuliner Belitung yang mirip dengan konsep nasi kucing angkringan Jogja. Kalau angkringan biasanya ditemani lauk ceker dan baceman, maka nasi gemok yang gurih ini biasanya dinikmati dengan ikan goreng dan kuah ikan yang gurih dan segar. Uniknya lagi, nasi gemok ini bukan dibungkus daun pisang, melainkan daun simpor berukuran besar.
Siput Gonggong
Bicara soal seafood, tentu tidak lepas dari aneka kerang. Kuliner Belitung satu ini begitu khas sampai dianggap sebagai ikon Belitung. Siput gonggong adalah sejenis kerang dengan cangkang kecoklatan yang bisa ditemukan di berbagai restoran seafood di Belitung. Siput gonggong biasanya diolah dengan kuah asam manis. Meski butuh usaha untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya, siput gonggong tetap menjadi kuliner Belitung favorit, terutama bagi para wisatawan.
Berego
Sekilas, kuliner Belitung satu ini mirip seperti lontong. Namun faktanya, berego lebih seperti dadar yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu. Adonannya dikukus dan digulung, lalu dipotong-potong agar lebih mudah dimakan. Tekstur berego yang kenyal ini pun semakin nikmat ketika disajikan dengan kuah kari ikan yang gurih.
Lempah Darat
Bosan dengan kuliner Belitung berbahan dasar seafood ? Tenang, masih ada lempah darat yang bisa kamu coba. Bahan untuk membuatnya adalah aneka sayuran. Bukan sembarang sayuran, lempah darat khas Belitung dibuat dengan pucuk daun talas. Supaya lebih meriah, kacang, panjang, terong, dan berbagai sayuran lain pun ditambahkan sesuai selera. Rasa kuahnya yang segar cocok dipadukan dengan nasi hangat dan aneka olahan ikan. Bagaimana, sudah mulai tidk sabar liburan ke Belitung? Simak juga referensi seputar liburan di Belitung dan destinasi domestik lainnya dalam artikel berikut ini: