icon
icon
article hero

Itinerary 4 Kota yang Bisa Kamu Singgahi Saat Road Trip di Jawa Timur

AvatarName

Tiara  •  Nov 05, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bagaimana road trip Jawa kamu pada long weekend lalu? Lancar? Atau mungkin malah tidak bepergian karena menghindari keramaian? Jangan khawatir, road trip Jawa bisa kamu lakukan kapanpun kamu mau. Kalau ada waktu luang, sekalian saja road trip ke Jawa Timur. Makanannya enak, aksesnya mudah, dan banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Sebagai permulaan, kamu bisa contek itinerary 4 kota ketika road trip Jawa Timur berikut ini.
Madiun
Pemberhentian pertama di road trip Jawa Timur ini adalah kota Madiun. Ketika tiba di sana, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyantap nasi pecel khas Madiun. Beberapa depot makan pecel yang paling legendaris antara lain Nasi Pecel Yu Gembrot di Jalan Imam Bonjol, Nasi Pecel Bu Mandung, atau Nasi Pecel Sri Tanjung di Jalan Cokroaminoto. Selesai makan, kamu bisa mulai mengeksplor kota Madiun. Mulailah dengan mampir ke alun-alun kota yang asri. Tapi kalau kamu masih punya banyak waktu dan tenaga, cobalah singgah ke temapt wisata alam di Madiun. Beberapa yang paling populer adalah Waduk Widas dimana kamu bisa berpiknik sambil menikmati suasana danau. Kalau kamu suka hiking, kamu bisa mengunjungi atau mendaki Gunung Wilis. Jangan khawatir soal tempat menginap, ada berbagaipilihanhomestay hingga hotel berbintang 3 di Madiun yang bisa kamu inapi.
Mojokerto
Usai puas menjelajahi Madiun (dan membungkus beberapa porsi nasi pecel), saatnya melanjutkan road trip Jawa Timur ini menuju Mojokerto. Kamu bisa check in dulu di hotel di Mojokerto pilihan kamu, lalu lanjut jalan-jalan setelah membersihkan diri. Ternyata, Mojokerto juga punya monumen serupa. Patung ini merupakan perwujudan dari Buddha Gautama yang berada di kompleks Maha Vihara Mojopahit. Patung sepanjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter ini tercatat sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di dunia setelah patung yang berada di Thailand dan Nepal. Manfaatkan road trip Jawa Timur ini untuk merapah sejarah Nusantara. Salah satunya dengan mengunjungi situs Trowulan peninggalan kerajaan Majapahit. Ada begitu banyak situs bersejarah lain di Mojokerto yang bisa kamu kunjungi, seperti Candi Tikus dan Candi Bajang Ratu.
Surabaya
Injak gas lagi dan lanjutkan road trip Jawa Timur ke ibukota setempat, kota Surabaya! Satu hal yang pasti, kota pahlawan ini akan memanjakan kamu dengan makanan enak yang wajib dicoba. Silakan check in dulu di hotel pilihanmu, bersih-bersih, lalu rehat sejenak untuk melanjutkan jalan-jalan. Surabaya sendiri punya begitu banyak tempat wisata menarik. Namun, kamu bisa memilih yang paling unik terlebih dahulu untuk memanfaatkan waktu roadtrip Jawa Timur yang singkat ini. Kawasan hutan bambu ini berada di wilayah Sukolilo dan dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh deretan pohon bambu yang melengkung, angin sepoi-sepoi, dan kicauan burung. Suasana yang akan mengingatkan kita kepada hutan bambu Arashiyama di Kyoto, Jepang. Selain hutan bambu, kamu pun bisa kabur sejenak dari panasnya Surabaya dengan mampir ke Kebun Bibit Wonorejo. Surabaya juga punya beberapa museum dan monumen bersejarah yang menarik. Contohnya, Museum House of Sampoerna, Tugu Pahlawan, dan Monumen Kapal Selam KRI Pasopati.
Malang
Road trip Jawa Timur ini akan berakhir di kota apel, Malang. Sebelum check in ke hotel pilihan di Malang, kamu bisa mengisi perut terlebih dahulu di salah satu restoran legendaris di Malang. Jangan lupa bungkus satu porsi untuk cemilan. Mulailah petualangan road trip Jawa Timur di Malang dengan yang mudah dulu, misalnya dengan berkunjung ke Kampung Jodipan. Kamu bisa mengambil foto di kampung warna-warni ini. Bergeser sedikit dari kota Malang, kamu bisa menikmati udara sejuk di kota Batu. Kota Batu juga merupakan salah satu destinasi keluarga favorit karena adanya Jatim Park. Di sini, setiap anggota keluarga bisa bersenang-senang. Mulai dari mengunjungi Batu Secret Zoo, Museum Angkut, hingga Eco Game Park! Masihkurang? Lanjutkan liburan denganwisata petik apel sepuasnya! Bagaimana, sudah semakin tergerak untuk road trip Jawa Timur? Selain itinerary yang lengkap, jangan lupa siapkan fisik dan mental untuk menempuh perjalanan. Selain JAwa Timur, road trip Jawa Tengah juga bisa kamu coba. Simak juga inspirasi wisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: