icon
icon
article hero

Itinerary Bali Ramah Muslim 5 Hari 4 Malam untuk Bulan Madu Romantismu

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Jun 05, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Winnie Chong. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kamu baru saja menjadi pengantin baru? Persiapan pernikahan kemarin pasti membuatmu lelah 😴 Nah, sekarang saatnya untuk merencanakan bulan madu berdua dengan pasanganmu! Jika kamu ingin menjadikan Bali sebagai destinasi bulan madu, jangan khawatir! Kami telah menyiapkan itinerary bulan madu Bali 5 hari 4 malam untukmu ☺️
Kenapa Bali?
Menjadi jantung pariwisata Indonesia, Bali merupakan pulau cantik yang dikelilingi oleh laut biru yang jernih. Bersantai dan nikmatilah keindahan yang ditawarkan Pulau Dewata ini – pemandangan alam hijau, pantai dengan pasir putih, ombak yang tenang, pemandangan matahari terbenam, dan berbagai alasan lainnya  😍 P.S Masih belum yakin? Inilah 8 alasan kenapa Bali merupakan destinasi sempurna untuk bulan madumu!
Waktu Terbaik Berkunjung ke Bali
Tidak peduli periodenya, suasana Bali selalu penuh kehidupan. Pulau ini memiliki dua musim sepanjang tahun. Masing-masing musim memiliki keunggulan tersendiri. Musim kemarau (April-Oktober) Pada musim kemarau, cuaca di pulau ini hangat, curah hujan menurun, dan tidak terlalu lembap. Ini merupakan waktu yang tepat untuk aktivitas outdoor di pantai ditemani oleh langit biru cerah dan angin yang sejuk. Sayangnya, semua orangberpikiran sama dan ingin berkunjung ke Bali pada musim ini! Akibatnya, sebagian besar hotel, restoran, dan objek wisata jadi lebih mahal dan sibuk karena tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung. Musim Hujan (November-Maret) Selama musim hujan, udara di pulau ini menjadi lebih panas dan lembap. Periode ini cukup sepi akan wisatawan, yang berarti  biaya dan harga-harga akomodasi sedikit lebih waras. Bagian terbaiknya, kamu dapat menikmati objek wisata tanpa harus berdesakan! Sebenarnya, musim apapun dapat menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bali, semua kembali pada selera masing-masing. Namun untuk memaksimalkan perjalananmu, kami menyarankan untuk berkunjung pada musim kemarau! Bagaimanapun, cara terbaik untuk menikmati keindahan alam adalah dengan berada di tempat terbuka 😊
Menuju ke Bali
Ada banyak maskapai yang menawarkan penerbangan langsung ke Bandara Ngurah Rai, jadi kamu dapat terbang dengan mudah dari Jakarta, Singapura, ataupun Kuala Lumpur. Hanya dengan durasi penerbangan kurang lebih 2 jam dari Jakarta, atau 3 jam dari KL dan Singapura, kamu sudah sampai di surga Pulau Dewata! Kamu juga dapat memilih bus atau kereta sebagai transportasi alternatif, namun ini akan membutuhkan 2-3 hari penuh. Saran kami, pilihlah pesawat agar perjalananmu tetap terasa nyaman! #HHWT Tip: Bingung memilih penginapan di Bali? 6 villaromantis ramah muslim ini akan sempurna untukmu!
Berkeliling Bali
Berhubung rencana perjalanan ini akan banyak berpindah lokasi, kami sarankan agar kamu menyewa mobil plus sopirnya untuk mengantarkanmu dan pasangan berkeliling supaya kamu dapat menghemat waktu dalam tawar-menawar harga taksi. Tidak hanya itu, sopir dari penyewaan mobil biasanya adalah warga lokal yang sudah hafal rute, sehingga perjalananmu akan lebih praktis.  #HHWT Tip: Untuk liburan bebas ribet di Bali, sewalah mobil pribadi untuk mengantarmu berkeliling pulau dengan nyaman!
Hari pertama: Tiba di Bali, kemudian menuju Ubud
  • Untuk memaksimalkan liburanmu, ambillah penerbangan pagi ke Bali. Dengan begitu, kamu masih memiliki waktu setengah hari untuk berkeliling.   😉
  • Setibanya di bandara, pergilah ke Ubud dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Siapkan makanan untuk dinikmati di tengah perjalananmu.
Berenang di Air Terjun Tegenungan (1 jam)
  • Sebelum tiba di penginapan Ubud, mintalah sopirmu untuk mampir sebentar di Air Terjun Tegenungan. Pemandangan air terjun yang diapit oleh alam ini tidak boleh dilewatkan! 
  • Turuni anak tangga yang untuk lebih dekat ke air terjun. Jika aliran air sedang tenang dan jernih, kamu bisa berenang di kolam air terjun atau sekedar bermain air! 
Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80581, Indonesia Jam Buka: Setiap hari; 06.30—18.30 Biaya Masuk: Rp15.000,00 per orang (Rp5.000,00 untuk biaya parkir) Menikmati pemandangan indah di Bukit Campuhan(1 jam)
  • Setelah bermain air di air terjun, saatnya untuk check-in ke hotel dan melanjutkan perjalananmu di Ubud.
  • Atraksi selanjutnya adalah Bukit Campuhan! Susuri jalan setapak yang dikelilingi oleh pemandangan Desa Ubud yang asri 😍 
  • Pendakian singkat ini akan mengantarkanmu ke hamparan persawahan yang indah dan pepohonan tropis. Sungguh pemandangan yang spektakuler!
Alamat: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Ginayar, Bali 80571, Indonesia Jam buka: 24 jam Biaya masuk: Gratis
Santap malam bagai bangsawan di Queens of India (1 jam)
  • Aktivitas luar ruangan tadi pasti melelahkan (perutmu pasti juga sudah keroncongan 😂).
  • Untuk santap malam, pergilah ke Queens of India untuk pilihan masakan India paling autentik dan terlezat di Bali.
  • Tempat ini menyediakan berbagai pilihan, mulai dari kari kental pedas, dhal yang nikmat, serta nasi saffron yang wangi. Tersedia juga roti naan, Chapatis, dan Ayam Tandoori!
#HHWT Tip: Ayam Handi mereka wajib untuk dicoba! Menu ini merupakan salah satu primadona restoran, yaitu ayam kari dimasak dengan clay pot disajikan bersama roti naan. Status halal: Menggunakan bahan halal. Meskipun begitu, alkohol disajikan di restoran. keputusan untuk makan di sini kami kembalikan kepada kamu Jam buka: Setiap hari; 10.00–22.00 Alamat: Jl. Suweta, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia Website | Facebook | Instagram Waktunya untukmenutup hari ini dan kembali ke penginapan. Istirahat yang cukup dan siapkan dirimu untuk petualangan esok hari! P.S. Ingin makanan halal lainnya di Bali? Simak 18 restoran ramah muslim di sini!
Hari ke-2: Ubud
Saatnya untuk bangun dan sambut hari baru di Bali! Shop at the Ubud Art Market (2h)
  • Untuk mengawali harimu, pergilah ke Pasar Seni Ubud.
  • Berlokasi di pusat Ubud, Pasar Seni Ubud merupakan rumah dari kerajinan tangan unik yang dapat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi. Mulai dari perhiasan emas dan perak, topi dari sedotan, hingga tas anyaman, semua ada di sini!
  • Di sini juga menjual beragam koleksi produk batik, lho
Jam buka: Setiap hari; 09.00—18.00 Alamat: Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia Santap siang di Bale Udang Mang Engking (1 jam)
  • Nikmati santap siangmu di Bale Udang Mang Engking Ubud. Restoran Indonesia ini menyediakan pengalaman bersantap ala pedesaan di atas saung atau bale bambu.
  • Dikelilingi oleh hamparan sawah hijau serta kolam ikan yang luas akan semakin menambah nafsu makanmu. Jangan lewatkan hidangan khas mereka, Udang Bakar Madu!
P.S. Simak rekomendasi menu kami di Bale Udang Mang Engking Ubud! Status halal: Menggunakan bahan halal Jam buka: Setiap hari; 11.00—22.00 Alamat:Jl. Raya Goa Gajah, Peliatan, Kecamatan Ubud,Kabupaten Gianyar, Bali 80571, IndonesiaWebsite | Facebook | Instagram Melihat Ritual Penyucian Diri di Pura Tirta Empul (1 jam)
  • Seusai menyantap makan siang, saatnya untuk melanjutkan perjalanan. Kali ini, kunjungi Pura Tirta Empul yang memiliki mata air suci.  
  • Di sini, kamu dapat mengamati penduduk setempat melakukan ritual penyucian diri di mata air suci. Ritual tersebut diyakini untuk menyucikan diri dari penyakit dan hal-hal buruk lainnya.
  • Seperti pura pada umumnya, taatilah aturan seperti mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup serta anjuran menggunakan kain panjang selama berada di kawasan pura. Kain ini disediakan di depan pintu masuk.
Biaya masuk: Rp 50.000 per orang (Rp 2.000 untuk biaya parkir) Jam buka: Setiap hari; 08.00—18.00 Alamat: Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552, Indonesia Santap malam ala clean eating di Bali Buda (1h)
  • Mau sadar akan kesehatan atau tidak, asupan makanan sehatmu akan terjamin di Bali Buda. 
  • Berdiri di tahun 1994, Bali Buda mempromosikan hidup dan makan sehat yang sekarang populer di Ubud. Restoran ini menyajikan berbagai menu mulai dari sarapan, masakan Italia, hingga tradisional Indonesia.
  • Bali Buda  beroperasi sesuai dengan slogannya “Real Food by Real People”. Makanan di restoran ini dimasak menggunakan bahan organik. Ia juga menawarkan pizza gluten-free
  • Meskipunmenghitung kalori tidak berlaku saat liburan, tetapi tidak ada salahnya untuk menyantap makanan sehat saat bulan madu 😊
#HHWT Tip: Jangan lewatkan toko kecil di dalamnya yang menjual barang dari bahan alami seperti produk perawatan kulit hingga produk rumah tangga! Status halal: Bersertifikat halal Jam buka: Setiap hari; 07.00—22.00 Alamat: Jl. Jembawan #1, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia Website | Facebook | Instagram Akhiri malammu dengan beristirahat. Tujuanmu ke Bali adalah berbulan madu, jadi puaskanlah dengan melepas lelah dan relaksasi!
Hari ke-3: Ubud
Selamat pagi! Saatnya memulai hari dengan petualangan baru di Bali! Menikmati indahnya matahari terbit di Gunung Batur (2-3 jam)
  • Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif di Bali. Kamu dapat mengagumi pemandangan gunung ini dari Desa Penelokan, Kintamani.
  • Hiruplah udara segar dan nikmati keindahan alamnya yang akan langsung membuatmu serasa berada di puncak dunia! 
  • Tengok juga kawah dan kaldera dari gunung berapinya. Abadikan keindahan panorama dengan biasan matahari pagi dalam warna keemasan yang lembut melalui kameramu 😍
Biaya masuk: Rp 30.000 per orang Jam buka: 24 jam Alamat: Batur Tengah, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Indonesia Santap siang dengan pemandangan indah di Grand Puncak Sari (1 jam)
  • Berjarak 5 menit berkendara dari Gunung Bantur, kamu akan menemui GrandPuncak Sari. Satu-satunya restoran bersertifikat halal di Penelokan. Dengan lokasinya yang sangat dekat dengan Gunung Bantur, makan siangmu akan ditemani panorama menakjubkan dari Gunung dan Danau Batur.
  • Nikmati beragam makanan yang ditawarkan bergaya prasmanan di restoran yang menghadap langsung ke gunung berapi. Keren banget, kan? 😎
Status halal: Bersertifikat halal Jam buka: Setiap hari; 08.00—18.00 Alamat: Jl. Raya Penelokan-Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Indonesia Website Mengunjungi sawah terasering Tegalalang (1 jam)
  • Sawah terasering Tegalalang merupakan kawasan wisata eksotis yang menawarkan daya tarik sawah terasering. Hamparan sawah berundak  yang tersusun rapi menjadikannya objek wisata terkenal di Bali. Dapatkan potret instagramable dengan memanfaatkan lokasi sekitar!
  • Kamu dapat menemukan petak-petak sawah yang tersusun rapi di sisi bukit hijau Ubud, menciptakan pola luar biasa yang memanjakan mata. Kagumi pemandangan alam yang indah saat kamu menyusuri pematang sawah 😍
Biaya masuk: Rp 20.000 per orang (Rp 5.000 untuk biaya parkir) Jam buka: Setiap hari; 08.00—18.00 Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561, Indonesia Website Menaiki wahana ayunan sawah terasering Tegalalang (1h)
  • Jika kamu memiliki Instagram, kamu mungkin sudah tahu soal ayunan hits di bali yang sering seliweran di feed-mu. Nah, inilah saatnya kamu ikut keseruannya di Tegalalang!
  • Di sawahterasering Tegalalang, kamu dapat memilih di antara dua ayunan: yang berada di bawah, tepat di samping pintu masuk; dan yang berada di atas yang mana menawarkan pemandangan sawah.
  • Jangan khawatir, kamu akan dilengkapi pengaman saat menaiki wahana ini 😌
  • Selain itu, ada banyak spot instagramable untuk berfoto dengan pasangan sebagai kenang-kenangan dari perjalanan bulan madumu. 
Biaya masuk: Rp100.000,00 per orang Menyantap burger lezat di Halal Ubud Burger (1jam)
  • Berjalan dan berayun membuatmu butuh asupan lezat untuk makan malam. Pergilah ke Halal Ubud Burger untuk memuaskanngidam burger yang enak dan juicy
  • Di kedai burger ini kamu akan disuguhi berbagai pilihan menu: Classic Cheeseburger, Dory Fish Burger, atau Vegetable Burger, pilihlah sesuai seleramu!
  • Setiap burger disajikan dengan kelezatan seperti jalapeno dan bawang bombay karamel. Yang lebih istimewa lagi, kamu dapat mencoba sandwich ala Vietnam di kedai ini 😱
Status halal: Bersertifikat halal Jam buka: Setiap hari; 10.00–22.00 Alamat: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571, Indonesia Website | Facebook | Instagram Dengan perut (dan hati) yang penuh, saatnya kembali ke penginapan. Manfaatkan sisa waktumu untuk bersantai dan menonton TV dengan pasangan sebelum mengakhiri harimu!
Hari ke-4: Nusa Dua
  • Hari yang baru untuk mengeksplor Bali! Check out dari penginapanmu di Ubud danpergilah ke selatan arah Nusa Dua untuk perjalananmu selanjutnya!
Melihat pesawat terlantar (bukan yang di bandara, ya!) (1 jam)
  • Tahukah kamu bahwa ada pesawat Boeing 737 yang terlantar di kawasan Bukit Peninsula Nusa Dua Bali?
  • Pesawat itu terdampar di sebuah lapangan (bukan lapangan udara, ya) dan anehnya tidak ada yang tahu bagaimana ia bisa berada di sana. Lokasi ini sekarang telah menjadi kawasan wisata yang unik.
  • Mungkin kamu tidak dapat memecahkan misterinya, tetapi kamu masih bisa datang ke lokasi untuk berfoto dengan pesawat terdampar ini! 
Biaya masuk: Gratis Jam buka: 24 jam Alamat: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia Menikmati makan siang romantis di Tamarind Mediterranean Brasserie (1 jam)
  • Setelah kamu check-in di hotel area Nusa Dua, saatnya untuk santap siang di Tamarind Mediterranean Brasserie! Restoran dengan struktur bangunannya terbuat dari anyaman bambu ini memiliki pemandangan langsung menghadap ke pantai.
  • Nikmati sensasi makan siang romantis ditemani pemandangan indah dari samudera hindia dan pasanganmu!
  • Jika menginginkan suasana yang lebih privat, kamu dapat memesan meja di tepi pantai. 
  • Santap menu masakan Indonesia dan Internasional seperti  Gulai Kambing, Lamb Cutlet, dan Australian Beef Tenderloin Steak, sembari ditemani gemuruh ombak dan hembusan angin pantai! 
Status halal: Bersertifikat halal Alamat: Nusa DuaBeach Hotel & Spa, Kawasan Pariwisata Nusa Dua North 4, Kuta Selatan, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361, IndonesiaJam buka: Setiap hari; 12.00—23.00 Website Memandangi matahari terbenam di Pura Uluwatu (1 jam)
  • Liburan di Bali belum lengkap tanpa menyaksikan matahari terbenam di Pura Uluwatu. Pura megah ini terletak di bukit karang dengan ketinggian sekitar 70 meter di atas permukaan Samudera Hindia. 
  • Lokasinya yang strategis bak di atas awan dan ombak yang menghantam tebing di bawahnya menarik wisatawan untuk berkunjung, terutama untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam 😍
  • Seperti pura lainnya di Bali, wisatawan disarankan menggunakan pakaian sopan saat berkunjung. 
Biaya masuk: Rp 30.000 per orang Jam buka: Setiap hari; 07.00–19.00 Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali Menikmati pertunjukan Tari Kecak (1 jam)
  • Selagi di Pura Uluwatu, jangan lewatkan pagelaran tari kecak di panggung terbuka yang dimulai sekitar pukul 18.00 WITA bersamaan dengan waktu matahari terbenam.
  • Tarian tersebut dibawakan oleh sekitar 75 penari yang mengeluarkan suara “cak” secara bergantian. Menyaksikan tarian ini dengan matahari terbenam sebagai latar belakang akan membuatmu terpukau!
#HHWT Tip: Untuk mendapatkan tempat duduk terbaik saat menonton pertunjukan, datanglah lebih awal sekitar pukul 17.00 WITA. Pilihlah posisi menghadap matahari terbenam untuk pemandangan yanglebih spektakuler! Biaya masuk: Rp100.000 per orang Santap malam di Raja Bali Nusa Dua, Nusa Dua Beach Hotel (1 jam)
  • Pemenang penghargaan restoran kelas atas, Raja Bali Nusa Dua menyajikan hidangan mewah khas tradisional Bali (sesuai dengan namanya 😂) Keindahan restoran dipadukan dengan kerajinan khas Bali yang menampilkan suasana romantis nan mewah.
  • Menu rekomendasi kami dari restoran bintang lima ini? Cobalah Bebek Betutu yang dibumbui dengan 16 jenis rempah dan dibungkus daun pisang. Jangan lupa juga untuk mencicipi Palem Sari Ulam yang merupakan seafood dikukus dengan santan!  
Status halal: Bersertifikat halal Jam buka: Setiap hari, 13.00—23.00 Alamat: Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Bandung, Bali 80361, Indonesia Website | Facebook | Instagram Santap malam ini mengakhiri harimu di Nusa Dua. Saatnya kembali ke penginapan untuk beristirahat!
Hari 5: Kunjungi beberapa pura lagi sebelum kepulanganmu!
Jangan biarkan hari terakhir di Bali mempengaruhi suasana hatimu! Check out dari penginapan lebih awal dan lanjutkan perjalanan bulan madumu sebelum kembali terbang ke rumah 😉😉 Menyaksikan keindahan matahari terbit di Tanah Lot (1 jam)
  • Objek wisata lainnya yang wajib dikunjungi di Bali ialah Tanah Lot, sebuah pura yang dibangun di atas batu karang. Ikon budaya Bali ini akan membuatmu terpana dengan keindahan deruan ombak serta sinar keemasan dari matahari terbit.
  • Kami sarankan untukmengunjunginya sebelum matahari terbit untuk menghindari keramaian pengunjung saat matahari terbenam. Jika kamu menyukai fotografi, gunakan kesempatan ini untuk mengabadikan pemandangan pura dan sekitarnya!
Biaya masuk: Rp 60.000 per orang Jam buka: Setiap hari; 07.00—19.00 Alamat: Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121, Indonesia Mengagumi arsitektur Pura Petitenget (1 jam)
  • Jika masih sempat, cobalah mampir ke Pura Petitenget di Kuta. Pura mungil dan berusia tua ini berada di dekat Pantai Petitenget.
  • Resapilah pahatan-pahatan kecil serta kuil batu tinggi saat memasuki area pura. Warna dinding yang kontras menyatu dengan baik dengan alam sekitar, menjadikan pura ini tidak boleh dilewatkan jika berada di area ini. 
  • Seperti ketika mengunjungi semua pura di Bali, kenakanlah busana sopan yang menutupi lutut dan bahumu. Jangan khawatir, kain sarung juga disediakan di pura untuk pengunjung yang tidak berbusana tertutup.
Biaya masuk: Rp 50.000 per orang Jam buka: 24 jam setiap hari Alamat: Jl. Petitenget, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara. Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia Santap siang di Batik Bali (1 jam)
  • Salah satu restoran dengan konsep terbaik di Bali, Batik Bali menyajikan cita rasa Asia Tenggara: Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
  • Bersantap dalam suasana yang nyaman dengan interior restoran yang bersih. Dinding berwarna pastel yang lembut terlihat selaras denganlangit-langit yang bertemakan batik, memancarkan kehangatan yang nyaman nan modern pada interior. Nikmati santapan terakhirmu di Bali dengan penuh gaya!
Status halal: Menggunakan bahan halal. Meskipun begitu, alkohol disajikan di restoran. Keputusan untuk makan di sini kami kembalikan kepada kamu. Jam buka: Setiap hari; 11.00—00.00 Alamat: Jalan Kayu Aya, Seminyak, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Bali 80361, Indonesia Website | Facebook | Instagram Dengan berat hati, saatnya menuju bandara untuk kembali ke rumah. Kami harap dengan adanya panduan bulan madu ini, kamu memiliki momen yang tak terlupakan dengan pasanganmu selama di Bali 🤗