icon
icon
article hero

KRL Yogya – Solo Mulai Beroperasi, Ini Itinerary One Day Trip ke Solo dari Yogyakarta!

AvatarName

Sastri  •  Feb 09, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta – Solo mulai beroperasi tepat hari ini, 10 Februari 2021. KRL ini akan beroperasi di 11 stasiun yaitu Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Prambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Delanggu, Stasiun Dawok, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Balapan. KRL dari Yogya ke Solo beroperasi pukul 05.15 – 19.10 WIB, sementara KRL arah sebaliknya beroperasi mulai pukul 05.05 – 19.10 WIB. Waktu tempuh antar kedua kota adalah sekitar 60 menit. Nah, jika libur akhir pekan ini kamu berencana untuk menyambangi Jogja, tak ada salahnya meluangkan satu hari penuh untuk menjelajahi Kota Solo. Dengan waktu tempuh hanya 1 jam, kamu bisa mendapatkan vibes baru di Kota Solo dan mencicipi ragam kuliner khasnya! P.S. Jika kamu berencana travelling ke Jogja, beberapa informasi berikut pasti akan berguna :) 7 Pantai Tersembunyi di Jogja yang Tak Banyak Diketahui 9 Cafe Instagramable di Jogja yang Bikin Betah Berlama-lama 8 Tempat Wisata Alam Seru di Yogyakarta untuk Para Pecinta Adrenalin 7 Hotel Kapsul untuk Liburan Hemat (Mulai dari Rp 60 Ribuan!) di Yogyakarta
06.00 WIB – stand by di Stasiun Yogyakarta
 Kamu bisa naik kereta yang berangkat pukul 06.28 WIB. Dengan begitu, perkiraan kamu akan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 07.48 WIB. 
08.00 WIB – Sarapan di Pasar Gede Hardjonagoro
Pasar Gede Hardjonagoro adalah pasar tradisional tertua serta terbesar di Solo. Pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1930 lho! Di dalam pasar, kamu bisa menemukan banyak penjual makanan, buah, kue, serta aneka kebutuhan rumah tangga. Jangan khawatir kalau perut keroncongan, kamu bisa mencicipi Timlo Sastro, Nasi Liwet Bu Sri, Brambang Asem, serta menyeruput segarnya Es Dawet Telasih!
10.00 WIB – Keraton Surakarta
Saatnya kamu menyelami budaya dan tradisi Solo di Keraton Surakarta. Bangunan ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744. Sampai sekarang, bangunan ini masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Kamu bisa berkeliling area Keraton dan mengunjungi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Kedaton, dan banyak area lainnya yang bersejarah.
12.00 WIB – Warung Selat Mbak Lies
“Bistik Jawa”, begitu orang biasa menyebutnya. Orang Solo sendiri menyebut makanan ini “Selat”, yang merupakan adaptasi dari beef steak khas negara Barat. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi Selat adalah Warung Selat Mbak Lies, yang berada di sebuah gang kecil. Restoran ini juga merangkap sebagai galeri seni, kamu bisa membeli aneka pernak-pernik dan tanah liat.
13.30 WIB – Selfie mania di The Heritage Palace Solo
The Heritage Palace menempati bekas Pabrik Gula (PG) Gembongan yang terletak di Kecamatan Kertasura. Bangunan ini dulu dibangun oleh Belanda tahun 1892. Setelah lama ditinggalkan, bangunan ini pun direvitalisasi menjadi museum angkut yang indah dan instagramable ! Kamu bisa masuk ke Museum Transportasi, Museum 3D, dan berfoto di depan mobil-mobil klasik dengan latar bangunan ala Eropa! Baca lengkapnya di sini.
15.30 WIB – Camilan sore di Serabi Notosuman
Siapa yang tak kenal Serabi Notosuman? Camilan manis satu ini rasanya menjadi buah tangan yang wajib dibawa dari Solo. Salah satu gerai serabi yang patut kamu sambangi adalah Serabi Notosuman Ny Lidia, yang sudah buka sejak tahun 1920-an. Serabi Notosuman terkenal karena digulung dan dibungkus menggunakan daun pisang. Serabi ini bisa dinikmati begitu saja, tak perlu menggunakan kuah atau topping apapun. Sangat nikmat selagi hangat!
16.00 WIB – Kampung Batik Kauman
Menurut sejarah, Kampung Batik Kauman dulu merupakan pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan. Mereka mempertahankan tradisi dengan cara membatik. Dibandingkan Laweyan, batik Kauman lebih menonjolkan motif yang klasik dan didasarkan pada pakem atau standar keraton. Di sini, kamu bisa mengunjungi lebih dari 30 industri batik rumahan. Kamu juga bisa belajar cara membatik, dan membawa kain batik sebagai oleh-oleh!
17.00 – Pecel Solo
Restoran Pecel Solo yang berlokasi di Jl Prof Dr Supomo menyuguhkan aneka makanan khas Solo. Mulai dari Pecel Ndeso, Garang Asem, Nasi Liwet, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih lauknya secara prasmanan.
18.30 – stand by di Stasiun Solo Balapan
Datanglah lebih cepat di Stasiun Solo Balapan untuk naik KRL terakhir menuju Jogja, yaitu pukul 19.10 WIB. Lelah sudah pasti, namun itinerary  ini sepadan dengan pengalaman yang kamu dapatkan. Selamat liburan! :) 
Have Halal, Will Travel telah memulai event virtual pertama kami di tahun ini, Hello Spring Festival! Mulai tanggal 5 - 19 Februari 2021, HHWT mengajak kamu turut serta dalam kemeriahannya. Selain itu, kamu pun berkesempatan memenangkan berbagai hadiah dari Lucky Draw dan Grand Lucky Draw! Langsung saja buka halaman ini untuk mendaftarkan diri! Kamu yang mendaftarkan diri berkesempatan untuk memenangkan hadiah Lucky Draw berupa empat voucher GrabFood senilai Rp 200.000. Dalam satu minggu, akan ada dua pemenang yang terpilih untuk mendapatkan masing-masing satu voucher.Jangan lupa untuk mengikuti terus rangkaian acara Hello Spring Festival setiap hari karena ada Grand Lucky Draw yang sudah menunggu. Ada dua voucher staycation satu malam di hotel Pullman Jakarta Thamrin dan Pullman Jakarta Central Park senilai jutaan rupiah! Selain memenangkan hadiah, kamu pun bisa mengikuti berbagai acara seru di festival ini. Salah satunya adalah live show bersama Klook, JR West, dan Singapore Tourism Board. Simak terus informasinya di website dan media sosial HHWT, jangan sampai kamu ketinggalan! Simak jadwal live show selengkapnya di halaman ini! Langsung saja daftar dan ajak keluarga serta teman-teman kamu untuk bergabung di Hello Spring Festival!