icon
icon
article hero

Itinerary Ngabuburit di Bogor Kota dari Pagi Sampai Tiba Waktu Berbuka, Bisa Ke Mana Saja?

AvatarName

Tiara  •  Apr 13, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Siapa bilang kamu tidak bisa jalan-jalan ketika berpuasa? Sebaliknya, kamu bisa jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka, alias ngabuburit. Sambil mengisi akhir pekan, kamu bisa mengajak keluarga dan orang terdekat untuk ngabuburit di Bogor. Kota Hujan ini bukan hanya dekat dan mudah diakses, namun juga menyimpan berbagai keseruan. Jika kamu berencana ngabuburit ke Bogor, contek saja itinerary berikut ini!
Kebun Raya Bogor
Hari masih pagi, saatnya melihat yang hijau-hijau di Kebun Raya Bogor. Kamu bisa jalan santai sambil menghirup udara segar dan melihat koleksi flora di taman botani ini. Kamu juga bisa mampir ke beberapa taman tematiknya yang Instagramable, seperti Taman Meksiko dan taman akuatik. Jangan lupa mampir juga ke Jembatan Cinta, sebuah jembatan gantung berwarna merah yang ada di dalam kawasan taman yang Instagramable banget. Semua fasilitas yang ada di dalam area Kebun Raya Bogor ini bisa kamu nikmati dengn membayar tiket Rp 15.000 saja.
Museum Zoologi
Usai puas keliling taman, kamu bisa lanjut ngabuburit di Bogor dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di dalam kompleks Kebun Raya Bogor. Misalnya saja, Museum Zoologi yang telah berdiri sejak tahun 1894. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai kerangka dan fauna yang diawetkan.
Surya Kencana
Lanjutkan ngabuburit di Bogor hariini dengan mengeksplor wilayah pecinan Surya Kencana. Tidak jauh dari pintu masuk Kebun Raya Bogor, kamu akan melihat gerbang berwarna merah yang menandai dimulainya kawasan tersebut. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di kawasan Pecinan Surya Kencana adalah Vihara Dhanagun yang berada tak jauh dari gerbang merah. Selain itu, Jalan Surya Kencana dipenuhi oleh berbagaijajanan khas Bogor yang wajib kamu coba. Sambil menyusuri jalan, kamu bisa membeli berbagai makanan sebagai takjil untuk buka puasa nanti.
Beli oleh-oleh
Hari sudah semakin sore. Sebelum beranjak ke tempat berbuka puasa, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Bogor untuk dibawa pulang. Beberapa yang wajib kamu beli antara lain adalah Roti Unyil Venus, Asinan Gedong Dalam, dan Lapis Bogor. Baca artikel ini untuk panduan makanan dan oleh-oleh khas Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan!
Restoran untuk berbuka
Kredit: Raa Cha Suki Selain surganya jajanan dan tempat wisata, Bogor juga punya segudang pilihan restoran untuk berbuka puasa. Salah satu pilihan yang paling populer adalah restoran keluarga di Bogor. Selain makanannya enak, restoran keluarga di Bogor juga kapasitasnya besar dan didominasi area terbuka. Dengan demikian, kamu bisa bersantap dengan nyaman. Beberapa restoran yang menjadi langganan tempat berbuka puasa di Bogor antara lain adalah Rumah Air, Gurih 7, Kluwih, hingga Shabu Hachi dan Raa ChaSuki Pajajaran (simak informasi selengkapnya dihalaman ini!) Selain itu, Bogor juga punya deretan cafe Instagramable yang bisa kamu singgahi usai berbuka puasa! Simak juga rekomendasi seputar puasa dan wisata Bogor lainnya dalam artikel berikut ini: