icon
icon
article hero

Itinerary Hong Kong 4 Hari 3 Malam yang Ramah Muslim untuk Liburan Nanti

AvatarName

Tiara  •  May 27, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Selalu ada alasan untuk kembali ke hong Kong! Jalanan yang sibuk, mall yang ramai, sampai taman hiburan dan pemandangan alam, perjalanan ke Hong Kong (cuma 4 jam penerbangan) benar-benar patut dicoba sekali seumur hidup. 😍  Kredit: Giphy Tim HHWT cukup beruntung untuk mengunjungi Hong Kong beberapa kali dan kami tidak pernah bosan. Nah, kami telah merangkum itinerary 4 hari 3 malam yang ramah Muslim supaya kamu bisa bebas menjelajah Hong Kong nanti! 🤩 P.S. Baru pertama kali ke Hong Kong? Lihat juga itinerary untuk pemula dan panduan traveller Muslim untuk menjelajahi kota ini!
Hari pertama
Tiba di Hong Kong
  • Sebaiknya ambil penerbangan pagi supaya kamu tiba di Hong Kong pada siang hari. Dengan demikian, kamu punya waktu untuk melihat-lihat kota sampai sore! 🤗 
  •  Ada penerbangan langsung ke Hong Kong dari Jakarta dengan AirAsia dan Garuda, begitu pula dari Kuala Lumpur. Kalau dari Singapura, ada penerbangan langsung ke Hong Kong dengan Scoot dan Singapore Airlines. Selain itu, Cathay Pacific juga punya penerbangan langsung menuju Hong Kong dari ketiga kota tersebut! 
Menuju Terminal Tung Chung Cable Car (15 menit)
  • Bandara Hong Kong terletak di Pulau Lantau yang merupakan pulau terbesar di Hong Kong. Di pulau inilah berbagai objek wisata terkenal Hong Kong berada, termasuk Ngong Ping 360, Big Buddha, dan kampung nelayan Tai-O.
  • Berhubung kamu mendarat di Pulau Lantau, sekalian saja mulai jalan-jalan di sini sebelum beranjak ke kota. 😁
  • Mulai petualanganmu dengan pergi ke Tung Chung Cable Car Terminal. Kamu bisa naik taksi dari bandara dengan tarif sekitar HKD 40 (Rp 77.000) selama sekitar 5-10 menit perjalanan. Atau, kamu bisa naik bus nomor S1, S56, S64, atau S64X dan turun di Tung Chung Bus Terminal yang terhubung dengan terminal gondola.
#HHWT Tip: Supir taksi di Hong Kong biasanya hanya bisa bahasa Kanton. Supaya perjalanan lancar, tuliskan nama dan alamat lokasi tujuanmu dalam bahasa China di handphone atau di kertas. Jadi, kamu tinggal menunjukkannya kepada supir taksi ataupun warga lokal ketika perlu menanyakan arah.
  • Kamu bisa menitipkan koper di Tung chung Cable Car Terminal dengan biaya HKD 100 (Rp 191.000) per buah tanpa harus booking terlebih dahulu.
Mencoba naik jalur gondola terpanjang di Asia (25 menit)
  • Mari berangkat ke Ngong Ping, sebuah area perbukitan yang ada di Pulau Lantau dengan gondola yang merupakan bagian dari Ngong Ping 360.
  •  Perjalanan dengan gondola berdurasi 25 menit ini akan membawamu melihat pemandangan Pulau Lantau dan Laut Cina Selatan yang indah! 
  • Supaya lebih seru, pilih gondola Crystal Cabin yang lantainya terbuat dari kaca untuk melihat pemandangan di bawah kakimu! Harganya HKD 50 (Rp 96.000) lebih mahal daripada Standard Cabin.
#HHWT Tip: Supaya lebih hemat, beli saja tiket 1+1 Round Trip yang sudah termasuk tiket naik ke Ngong Ping dengan Crystal Cabin dan turun ke Tung Chung dengan Standard Cabin! 😉
  • Ketika kamu naik ke gondola melewati stasiun Tung Chung Bay, jalurnya akan langsung menanjak 60 derajat!
  • Stasiun gondola terakhir adalah Ngong Ping Village, sebuah area berisi pertokoan, kedai makanan, dan tempat rekreasi yang masih bagian dari Ngong Ping 360.
  • Dalam perjalanan menuju Ngong Ping Village, kamu akan dijamu dengan pemandangan alam yang hijau, Big Buddha dari kejauhan, bahkan melihat jembatan yang menghubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Macau dari kejauhan. Jembatan sepanjang 55 kilometer ini adalah salah satu jembatan terpanjang di dunia dan memiliki terowongan bawah laut! 😮
Makan siang di Ebeneezer’s Kebab & Pizza (45 menit)
  • Setibanya di Ngong Ping Village, langsung saja makan siang di Ebeneezer’s Kebab & Pizza. Restoran ini sudah bersertifikat halal dan menyajikan makanan India, timur Tengah, dan makanan barat.
  •  Cabang restoran tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki sebentar dari terminal gondola. Kamu akan melewati jembatan dengan Drum Keberkahan, yakni 4 buah beduk berwarna merah yang bertuliskan kata-kata keberuntungan. Jangan lupa berfoto di sini ya! 
  • Untuk makanan di sini, kami mencoba roti naan lembut yang sangat cocok dengan kari ayam. Kami juga memesan kebab yang enak sekali dimakan dengan saus buatan mereka!
#HHWT Tip: Ebenezeer’s telah mengantongi sertifikat halal dari The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong. Perlu dicatat bahwa ada beberapa restoran bersertifikat yang juga menjual minuman beralkohol. Hal ini tidak melanggar prasyarat halal dari lembaga sertifikasi tersebut. Status halal: Tersertifikasi halal. Perlu dicatat bahwa restoran ini pun menyajikan minuman beralkohol, namun disiapkan dan disimpan secara terpisah sesuai dengan ketentuan The Incorporated Trustees. Harga rata-rata: HKD 70-100 (Rp 134.000-Rp 191.000) Jam operasional: Senin sampai Jumat jam 10.00-18.00, Sabtu dan Minggu jam 9.00-18.30 Alamat: Shop No. 9A, Ngong Ping Village, Ngong Ping, Lantau Website
Melihat megahnya Buddha Tian Tan (1 jam)
  • Setelah puas makan siang, saatnya menjelajah lagi!
  • Buddha Tian Tan atau dikenal juga sebagai Big Buddha adalah patung perunggu Buddha terbesar kedua di dunia. Tingginya 34 meter (termasuk dasarnya) dengan berat 250 ton dan terletak di puncak Gunung Muk Yue.
  •  Berjalanlah dari Ngong Ping Village ke patung Buddha Tian Tan (pasti kelihatan kok!). Dalam 10 menit, kamu akan tiba di dasar patung Buddha tersebut. 
  • Kalau kamu mau melihatnya lebih dekat, kamu bisa naik 268 anak tangga untuk menuju patungnya. Pemandangan di atas juga indah!
Melihat indahnya Biara Po Lin (30 menit)
  • Setelah melihat Big Buddha, berjalanlah menuju Biara Po Lin yang terkenal akan keindahan arsitektur dan tamannya.
  • Luangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat sekeliling area biara, termasuk area Aula Utama Buddha, Aua Besar Sepuluh Ribu Buddha, dan Menara Lonceng. Restoran yang ada di sini pun menyajikan makanan vegetarian.
Menjelajahi Ngong Ping Village (1,5 jam)
  • Saatnya kembali ke Ngong Ping Village dan melihat-lihat pertokoan serta tempat rekreasi di sana!
  • Yuk, coba permainan virtual VR 360 yang menampilkan suasana dan pemandangan alam Hong Kong!
  • Ada beberapa permainan VR 360 yang bisa kamu coba. Favorit kami adalah Time Shuttle, sebuah permainan tembak-tembakan. 😁 Ada pula permainan menyeberang tali di atas ketinggian. Jujur saja, yang satu ini lumayan menakutkan! Untungnya, ini cuma virtual reality. 😅
  • Setelahnya, kamu bisa mencoba Motion 360 yang merupakan bioskop multidimensi! Selain kursinya bergerak, bioskop ini juga punya sensasi angin dan air untuk pengalaman yang lebih seru! Kami mencobanya dengan film Discover Lantau yang bukan hanya seru, tapi juga penuh dengan sejarah pulau ini!
#HHWT Tip: Untuk mencoba VR 360 dan Motion 360, harga tiketnya masing-masing HKD 168 (Rp 320.000) dan HKD 88 (Rp 168.000). 
  • Ada berbagai acara dan pameran yang berganti-ganti di Ngong Ping Village, jadi jangan lupa untuk cek jadwalnya! Kunjungan kami waktu itu bertepatan dengan Tahun Baru China dan pameran We Bare Bears yang lucu!
  • Jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh dan beli beberapa untuk dibawa pulang.
Ngong Ping 360 Harga tiket masuk: Untuk tiket gondola, lihat di sini. Untuk masuk ke Ngong Ping Village tidak dikenakan biaya, namun beberapa arena rekreasi di sana dikenakan tiket masuk dengan harga yang beragam. Lihat informasi lebih lanjut tentangnya di halaman ini. Jam operasional: Senin sampai Jumat jam 10.00-18.00, Sabtu dan Minggu jam 9.00-18.30 Alamat: 111 Ngong Ping Road Website
Kembali ke Tung Chung dan check in di hotel
  • Saatnya menuju ke hotel! Turunlah ke Terminal Tung Chung dengan gondola dan ambil koper di penitipan.
  • Saat terakhir kali ke Hong Kong, kami menginap di Pentahotel Hong Kong yang berada di Kowloon. Hotel ini bisa dijangkau dengan 10 menit berjalan kaki dari stasiun MTR Diamond Hill. Hotelnya bergaya kontemporer dan restorannya telah tersertifikasi halal!
  • Untuk pilihan akomodasi terjangkau dan dekat dengan makanan halal lainnya, lihat daftar berikut ini!
Harga per malam: Mulai dari HKD 491 (Rp 936.000) di Agoda Alamat:  19 Luk Hop Street, San Po Kong Kowloon  Stasiun MTR terdekat: Diamond Hill (10 menit berjalan kaki) Website
Makan malam di hotel dan beristirahat
  • Setelah penerbangan pagi dan seharian berjalan-jalan, tentu paling enak makan malam dan langsung istirahat. Untungnya, Pentahotel punya menu makanan bersertifikat halal yang bisa kamu pesan! Pilih saja antara Nasi Goreng, Mi Tumis Daging Sapi, atau Daging Kambing Pedas. Jangan lupa untuk minta menu halal dari restorannya ya.
  • Porsi makanannya besar dan mengenyangkan. Teh susunya juga enak!
Status halal: Tersertifikasi halal (restoran ini juga menyediakan makanan dan minuman non halal). Mintalah menu halal yang disiapkan terpisah sesuai dengan panduan sertifikasi halal dari The Incorporated Trustees. Harga rata-rata” HKD 100-150 (Rp 191.000-Rp 285.000)
Hari ke-2
Sarapan di hotel
  • Supaya bertenaga seharian, sarapan dulu dengan makanan halal dari restoran Pentahotel! 😁
  • Restoran hotel berada di lantai satu di sebelah resepsionis.
  • Sarapan halal disediakan dalam bentuk buffet (termasuk buah, sereal, dan salad) dan makanan hangat yang dibuat sesuai pesanan. Jangan lupa katakan kepada staf restoran bahwa kamu mau menu makanan halal. Kamu akan diberikan buku menu dan pulpen untuk menuliskan makanan yang kamu inginkan dan koki di dapur akan menyiapkannya untuk kamu.
  •  Menu yang tersedia antara lain roti kukus, mi goreng, bubur, dan tumis sayuran. Rekomendasi kami adalah mi gorengnya, tapi nasi lemaknya juga lumayan enak! 
Berkunjung ke pasar pagi Graham Street (45 menit)
  • Saatnya melihat kehidupan warga lokal dengan mengunjungi pasar pagi Graham Street! Mulailah dengan menuju stasiun MTR Central atau Sheung Wan, lalu berjalanlah menyusuri kota untuk menuju ke pasar tersebut.
  • Pasar ini adalah potret kehidupan sehari-hari warga Hong Kong. Gang pasar ini penuh dengan penjual buah dan sayuran segar di kedua sisinya. Meskipun agak sempit, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi!
  • Sambil menyusuri area ini, kamu pun bisa berfoto dengan suasana kota dan arsitektur bangunan di sekitar sini. Wilayah ini penuh dengan bangunan klasik dan permukiman vertikal. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan berbagai toko yang menjual obat-obatan tradisional dan toko modern yang saling bersebelahan.
Belajar lebih banyak tentang budaya Hong Kong di Tai Kwun (1,5 jam)
  • Setelah dari pasar, lanjutkan perjalanan menyusuri gang-gang di daerah Tai Kwun, sebuah area bekas kantor polisi yang kini disulap menjadi pusat kebudayaan dan kesenian Hong Kong.
#HHWT Tip: Area Central merupakan daerah perbukitan. Cara paling mudah untuk menyusurinya adalah dengan naik Mid-Level Escalator. Sistem eskalator tertutup ini adalah yang terpanjang di dunia dan dirancang untuk memudahkan mobilitas orang di area perbukitan Hong Kong yang curam.
  •  Ambil jalur Mid-Levels Escalator untuk menuju Tai Kwun. Ada sebuah titian yang menghubungkan Tai Kwun dengan persimpangan Hollywood Road dan Old Bailey Street yang bagus sebagai spot berfoto! 
  • Cakrawala Tai Kwun terbentuk oleh kumpulan bangunan dan gedung. Setelah melewati titian, kamu akan tiba di area terbuka Parade Ground. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan bekas Gedung Kantor Polisi, Barak Polisi, dan Gudang Senjata yang kini telah direnovasi.
  • Jangan lupa untuk mampir ke Hall B di Blok Penjara dan melihat pameran yang menampilkan potret kehidupan penjara di tempat ini.
  • Tai Kwun juga kerap menyelenggarakan berbagai pameran, pertunjukan, dan workshop  seni dan budaya di komplek ini. Selain itu, tersedia pula tur dengan pemandu (ada yang berbahasa Inggris!). Lihat website mereka untuk melihat program apa saja yang sedang berlangsung sebelum datang berkunjung!
Berburu barang-barang vintage di Cat Street
  • Dengan sedikit berjalan kaki dari Tai Kwun, kamu bisa melihat berbagai barang antik dan unik di pasar Cat Street yang telah ada sejak tahun 1920!
  • Meskipun namanya Cat Street, pasar ini sebenarnya berada di jalan Upper Lascar Row. Konon, pasar ini diberi nama Cat Street karena pada zaman dulu barang-barang yang dijual di sini diyakini merupakan barang curian. Nah, karena barang curian dalam bahasa Kanton disebut tikus, maka yang membelinya adalah kucing (Cat)! Begitulah ceritanya. 😁
  •  Di pasar ini, kamu akan menemukan berbagai toko dengan aneka barang. Mulai dari pajangan, kaset lama, majalah, keramik, dan masih banyak lagi. Ada keseruan tersendiri ketika menjelajahi pasar ini dan ada saja barang yang menarik untuk dijadikan oleh-oleh! 
#HHWT Tip: Tidak semua toko mengizinkan pengunjung untuk memotret, jadi lihat dulu apakah ada tanda larangan atau tidak.
Makan siang dengan masakan India di Bombay Dreams
  • Mulai lapar karena berjalan sepagian? Saatnya makan besar dengan nasi biryani, roti, kari, tandoori, dan sebagainya di restoran Bombay Dreams! 🤤
#HHWT Tip:  Restoran ini berada di lantai 4 gedung Carfield. Naiklah dengan lift untuk menuju ke sana.
  • Bombay Dreams adalah restoran yang menyajikan makanan India autentik. Mereka punya menu ala carte, namun yang populer adalah buffet makan siangnya. Saat kami tiba, kondisinya sangat ramai. Jadi, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.
  • Kami berkesempatan untuk mencoba buffetnya. Meski harganya agak mahal (HKD 198 atau Rp 378.000 per orang), pilihan dan rasa makanan serta suasana di sini sungguh sepadan dengan harganya. Kamu bahkan bisa melihat pembuatan tandoori dan roti naan dibuat di dapur terbuka yang ada di restoran ini.
#HHWT Tip: Mencari tempat shalat sehabis makan? Masjid Jamia hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Bombay Dreams! Halal status: Tersertifikasi halal. Restoran ini juga menyediakan minuman beralkohol yang disiapkan terpisah sesuai dengan panduan sertifikasi halal dari The Incorporated Trustees. Harga rata-rata:  Buffet makan siang HKD 198++ (Rp 378.000++), menu ala carte HKD 150-200 (Rp 286.000-Rp 381.000) untuk makanan utama Jam operasional: Buka setiap hari, buffet makan siang jam 12.00-15.00 dan makan malam 18.00-23.00 Alamat: Lantai 4 Gedung Carfield, 77 Wyndham Street, Central Website | Facebook | Instagram
Mencoba pengalaman berbelanja yang berbeda di Mall K11 Musea (2 jam)
  • Tujuan berikutnya adalah Victoria Dockside! Pengembangan terbaru dari dermaga Tsim Sha Tsui ini mencakup K11 Musea, sebuah mall mewah dengan konsep yang berbeda. Untuk menuju ke sana, pergilah ke stasiun MTR Tsim Sha Tsui atau East Tsim Sha Tsui.
  • Ketika masuk K11 Musea, kamu akan disambut oleh rancangan dan dekorasi interior mall yang sangat indah. Cocok untuk tempat berfoto!
  • Salah satu pemandangan yang patut diabadikan adalah atrium utama mall, yakni Opera Theatre. Langit-langitnya dipenuhi oleh ratusan lampu yang cantik dengan Gold Ball di tengahnya! 
  • K11 Musea dirancang dengan konsep unik dan ditujukan sebagai wadah perpaduan budaya dan perdagangan. Bukan hanya pertokoan, mall ini juga diisi dengan berbagai elemen seni dan budaya. Setiap lantai memiliki tema yang berbeda dan kamu bisa melihat aneka pameran seni dan instalasi interaktif di berbagai tempat!
#HHWT Tip: Mungkin terdengar aneh sih, tapi coba deh mampir ke kamar kecilnya yang keren. 😂 Setiap lantai pun punya kamar kecil dengan tema berbeda!
  •  Sesuai persyaratan, setiap toko di mall ini adalah toko utama ( flagship), toko pertama di Hong Kong, atau toko yang menjual barang-barang rilisan eksklusif.
  • Salah satu toko yang menarik untuk dikunjungi adalah MOMA Design Store yang terasosiasi dengan New York’s Museum of Modern Art, toko National Geographic, dan Fortnum and Masons (toko pertama yang dibuka di luar Inggris).
  • Saat ini memang belum ada restoran bersertifikasi halal di dalam mall ini. Tapi kami suka sekali beberapa kedai kopi artisan yang ada di sini. Misalnya Arabica (dari Kyoto) dan Bloom’s Coffee. Kopinya enak dan kafenya pun menarik dengan nuansa emas yang artistik. 😍
#HHWT Tip: Sebelum beranjak dari mall, jangan lupa untuk mampir ke Bohemian Garden yang ada di lantai paling atas! Ruang terbuka ini cocok untuk bersantai sambil minum kopi dan melihat-lihat suasana. Jam operasional: Buka setiap hari jam 10.00-22.00 Alamat: Victoria Dockside, 18 Salisbury Road, Tsim Sha Tsui Stasiun MTR terdekat: East Tsim Sha Tsui (keluar dari Exit J1 dan J2) dan Tsim Sha Tsui (keluar dari Exit E) Website | Facebook | Instagram
Melihat cetakan tangan selebriti Hong Kong di Avenue of Stars (45 menit)
  •  K11 berada tepat di sebelah dermaga Tsim Sha Tsui. Kamu bisa berjalan dari mall menuju jalan setapak dermaga dan melihat Avenue of The Stars, yaitu versi Hong Kong dari Hollywood Walk of Fame yang ada di Amerika! 
  • Di sini kamu bisa melihat cetakan tangan bintang Hong Kong seperti Jet Li, Jackie Chan, dan masih banyak lagi sepanjang pagar pembatas dermaga. Kamu pun bisa melihat pemandangan pelabuhan dan pulau Hong Kong dari sini!
  • Berhubung masih di sana, berjalanlah sedikit ke Salisbury Garden di mana kamu akan menemukan patung perunggu salah satu aktor paling dicintai di Hong Kong, Bruce Lee.
Menikmati suasana matahari terbenam di West Kowloon art Park (1 jam)
  • Paling enak jalan-jalan sore sambil menikmati suasana matahari terbenam di West Kowloon Art Park! 
  • Ruang terbuka hijau ini terletak di West Kowloon Cultural District yang baru, sebuah area yang didedikasikan untuk pertunjukan seni, acara, dan pameran.
  • Taman ini menghadap ke sisi lain dermaga dan menjadi spot foto yang bagus karena pemandangan kotanya (terutama di malam hari)!
  • Kami suka sekali suasananya! Terlihat pula beberapa warga lokal yang sedang berpiknik, jalan-jalan santai, atau makan di salah satu kedai yang ada di sana.
#HHWT Tip:  Karena West Kowloon Cultural District ini merupakan area yang baru dikembangkan, maka pilihan transportasi umumnya tidak banyak. Cara paling mudah untuk menuju ke sini adalah dengan naik taksi atau Uber (hanya 6 menit dari K11 Musea). Stasiun MTR terdekat dari sini adalah Kowloon yang berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki. 😅  Harga tiket masuk: Gratis Jam operasional: Buka setiap hari jam 6.00-23.00 Alamat: West Kowloon Cultural District, Tsim Sha Tsui, Hong Kong Website
Makan malam dengan Mi Daging Sapi ala Lanzhou yang autentik (45 menit)
  • Setelah puas menikmati suasana kota, saatnya makan malam! Di restoran halal ini, kita bisa menikmati mi tarik tradisional, aneka hidangan daging sapi dan kambing, serta masakan khas Lanzhou lainnya!
  • Supaya lebih hemat, kamu bisa memesan menu set yang terdiri dari 1 makanan utama dan makanan pendamping (atau Coca Cola kalau kamu tidak ingin makanan pendamping). Pilihan kami jatuh kepada sate dombanya yang lembut dan gurih!
Status halal: Tersertifikasi halal Harga rata-rata makanan utama: HKD 50-100 (Rp 96.000-Rp 191.000) Jam operasional: Buka setiap hari jam 11.00-23.00 Alamat: 61 Chattam Road South Shop 5-8, G.F Park Hotel, Tsim Sha Tsui, Hong Kong Stasiun MTR terdekat: Tsim Sha Tsui
Hari ke-3
Mengunjungi salah satu kuil paling terkenal di Hong Kong, Wong Tai Sin (1 jam)
  • Kuil Wong Tai Sin sangat populer di Hong Kong dan banyak yang percaya bahwa dengan berdoa di sini maka keinginan kamu akan menjadi kenyataan. Kuil ini dibangun untuk mengenang biksu Wong Tai Sim dan menjadi tempat ibadah umat Buddha, Tao, dan Konghucu. 
  •  Kuil ini juga populer di kalangan turis karena arsitektur dan strukturnya yang indah. Di sini pula kita bisa melihat kegiatan keagamaan warga lokal. Semua umat beragama pun diperbolehkan datang ke sini, hanya saja pastikan untuk menghormati orang-orang yang sedang beribadah ya. 
  • Sambil melihat-lihat suasana di sini, kamu akan melihat banyak warga lokal dan jemaat yang menyalakan dupa ataupun berdoa. Selain untuk beribadah, jemaat yang datang ke sini juga mencari petunjuk soal peruntungan mereka. Bahkan, ada sebuah area di mana kamu bisa menemukan sejumlah praktek peramal!
#HHWT Tip: Kalau kamu datang ke Hong Kong saat Tahun Baru Imlek (seperti kami) suasananya sangat meriah karena banyak orang yang datang ke kuil. Kalau kamu tidak terlalu suka keramaian, maka hindarilah periode ini. Tapi kalau kamu suka, momen ini adalah salah satu peringatan budaya yang paling meriah di Hong Kong dan sayang untuk dilewatkan!  Harga tiket masuk: Gratis Jam operasional: Buka setiap hari jam 7.00-17.00 alamat: 2 Chuk Yuen Village, Wong Tai Sin, Kowloon Stasiun MTR terdekat: Wong Tai Sin (keluar dari Exit B2) Website
Menjelajahi Hong Kong  tempo dulu di Sham Shui Po (2 jam)
  • Sham Shui Po adalah wilayah permukiman yang berada di barat daya Kowloon. di sini, kamu bisa melihat sisi lain Hong Kong. Dalam sejarahnya, area ini dihuni oleh kelas pekerja sehingga suasananya tidak semewah perkotaan.
  •  Sham Shui Po juga merupakan area yang populer untuk berbelanja barang-barang tekstil. Bahkan nama jalan di sini pun berhubungan dengan dunia tekstil seperti pita (Nam Cheong Street), kain (Tai Nan Street), dan manik-manik (Yu Chau Street). Kamu bisa menemukan berbagai peralatan jahit seperti kain, rena, atau bahan dengan berbagai corak! 
#HHWT Tip: Lihat juga panduan wisata jalan kaki di Sham Shui Po untuk merencanakan perjalanan di daerah ini!
  • Mau mencoba jajanan khas Hong Kong? Mampir saja ke A1 Tofu Company yang menjual kembang tahu sejak 50 tahun lalu. 😯 Kembang tahu di sini tersedia dalam berbagai rasa, termasuk wijen hitam dan almond!
Status halal: Hanya menggunakan bahan-bahan vegetarian tanpa menggunakan atau menyajikan alkohol. Harga rata-rata: HKD 10 (Rp 19.000) Jam operasional: Buka setiap hari jam 7.00-21.00 Alamat: 118 Pei Ho Street, Sham Shui Po, Hong Kong Stasiun MTR terdekat: Sham Shui Po (2 menit berjalan kaki)
  • Sham Shui Po juga dikenal memiliki banyak tempat yang bagus untuk berfoto, salah satunya adalah gedung Man Fung dan Kam Ning. Gedung Man Fung menjadi terkenal setelah seorang seniman asal Madrid menggambar mural raksasa di permukaannya. Sementara itu, gedung Kam Ning terkenal karena berwarna kuning cerah dan mencolok!
#HHWT Tip: Kami punya panduan lengkap untuk melihat tempat yang wajib dikunjungi di Sham Shui Po, termasuk pertokoan, jajanan, dan sebagainya. 😉
Makan siang di Ma’s Restaurant (45 menit)
  •  Restoran bersertifikat halal ini menyajikan makanan khas Xinjiang dan dapat dijangkau hanya dengan 5 menit berjalan kaki dari stasiun MTR Prince Edward. 
  • Kamu bisa memilih berbagai menu yang tersedia di sini. Favorit kami antara lain ikan asam manis, udang telur asin, dan daging saus cabai. Kalau kamu belum pernah makan di sini sebelumnya, jangan sampai tidak mencoba goulash daging sapinya. 🤤
  • Ma’s Restaurant juga menyajikan makanan pencuci mulut tradisional China, jadi jangan lupa sisakan ruang di perutmu ya. Kami mencoba tang yuen wijen hitam (semacam bola-bola ketan) yang disajikan panas dengan pasta wijen. Wajib dicoba!
Status halal: Tersertifikasi halal Jam operasional: Buka setiap hari jam 11.30-23.00 Alamat: 21-25 Cheung Sha Wan Road, Hong Kong Stasiun MTR terdekat: Prince Edward
Bermain di taman hiburan Monopoli pertama di dunia (2 jam)
  • Di taman hiburan yang berlokasi di The Peak Hong Kong ini, mainan Monopoli menjadi hidup!
  • Taman ini berlokasi di Level 3 The Peak Galleria yang berada di gedung terpisah dengan lokasi turun tram penumpang.
#HHWT Tip: Cara paling populer untuk ke The Peak adalah dengan The Peak Tram, tapi kamu juga bisa naik mini bus, bus umum, dan taksi. Kamu bisa membaca pilihan selengkapnya di sini.
  • Kamu bisa dipandu oleh pelayan Mr Monopoly (alias staf taman bermain) untuk menjelajahi tempat ini.
  •  Lihat sendiri token Monopoly terbesar di dunia yang ada di rumah Mr Monopoly! Token berbentuk mobil ini berukuran sebesar mobil sungguhan. 😯 Kamu pun bisa melihat benda langka lainnya seperti papan Monopoly berlapis emas! 
  • Selain melihat rumah Mr Monopoly, kamu pun bisa bermain games  atau berfoto. Salah satu yang menarik adalah permainan Ultimate Banking di mana kamu masuk ke dalam sebuah kotak dan berusaha menangkap uang monopoli sebanyak-banyaknya dalam 30 detik. Uang ini nantinya bisa kamu gunakan di toko souvenir (dengan syarat dan ketentuan yang akan dijelaskan oleh staf).
  • Jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir sebelum pulang. Selain ada pernak-pernik Monopoly seperti magnet kulkas dan gantungan kunci, ada pula souvenir Monopoly edisi terbatas seperti Stranger Things dan Angry Birds!
Harga tiket masuk: Orang dewasa HKD 260 (Rp 495.000), anak-anak dan lansia HKD 220 (Rp 420.000) Jam operasional: Senin sampai Kamis jam 10.00-20.00, Jumat sampai Minggu dan Hari Libur Nasional jam 10.00-22.00 Alamat: Shop 301, Lantai 3 Peak Galleria, 118 Peak Road, The Peak, Pulau Hong Kong Website | Facebook | Instagram
Berbelanja di sepanjang Nathan Road (2 jam)
  •  Nathan Road adalah area yang populer untuk berbelanja, makan, dan jalan-jalan, baik untuk warga lokal ataupun turis. Baik untuk kamu yang pertama kali atau sudah pernah ke Hong Kong sebelumnya, jalanan sepanjang 3,6 kilometer ini wajib dikunjungi! 
  • Nathan Road dimulai dari Sham Shui Po di utara dan terbentang hingga Tsim Sha Tsui.
  • Di sekitar area Mong Kok (2 stasiun setelah Sham Shui Po), kamu akan menemukan pertokoan di sepanjang jalan seperti Fa Yuen Street (Sneaker Street) dengn berbagai pilihan pakaian olahraga dan Ladies Market.
  • Bergeser sedikit, kamu akan menemukan Hwa Emporium, sebuah pusat perbelanjaan yang menjual semua barang dengan tema China. Kalau kamu mencari barang tradisional, baju China, atau perabot rumah seperti sarung bantal, taplak, atau sejenisnya, di sinilah tempat yang tepat!
  • Semakin dekat dengan Tsim Sha Tsui, kamu akan tiba di Granville Road yang penuh dengan butik dan factory outlet. Kamu bisa menemukan barang bagus dan murah di sini.
Menonton Gala of Lights show di Ocean Park (1.5 jam)
  • Simpan momen paling berkesan untuk menutup hari dengan menonton pertunjukan malam Gala of The Lights di Ocean Park! Pertunjukan seni dan multimedia ini cocok untuk semua umur.
  • Pertunjukan ini dibagi menjadi beberapa segmen, salah satunya adalah Soul of The Ocean. Segmen berdurasi 12 menit ini memadukan proyeksi cahaya, semburan air dan api, sampai musik dan pertunjukan akrobat. Ceritanya adalah tentang makhluk kuno yang tinggal di Ocean Park bersama para penjaganya.
  •  Kamu suka sekali pertunjukan ini dan tidak berhenti dibuat kagum dari awal sampai akhir! 
#HHWT Tip: Tiket General Admission untuk Ocean Park sudah termasuk tiket pertunjukan malam Gala of Lights. Kamu juga bisa membeli tiket Gala of Lights saja (HKD 240 atau Rp 458.000 untuk orang dewasa dan HKD 120 atau Rp 228.000 untuk anak usia di bawah 11 tahun) dan masuk ke taman bermain mulai jam 18.30. Selama Gala of Lights berlangsung, hanya Aqua City Lagoon, beberapa restoran (Ginger Grill, Neptune’s Restaurant, Lakeside Chill, Aqua City Bakery, dan Deep Sea Traders) dan toko souvenir (Waterfronts Gifts dan OPX) yang buka. Pameran hewan dan wahana permainan lainnya tutup.
  • Pertunjukan lain yang tak kalah menarik adalah Visions of Hong Kong, yaitu perpaduan antara air mancur dengan multimedia berdurasi 6 menit yang akan membawa penonton menelusuri sejarah, budaya, dan identitas Hong Kong.
  • Soul of the Ocean dimulai jam 19.00 sementara Visions of Hong Kong dimulai jam 21.00. Dalam jeda antara keduanya ada beberapa sesi interaktif, misalnya dengan bermain drum yang terhubung dengan air mancur dan lampu display!
#HHWT Tip:  Ocean Park juga punya tiket paket Gala of Lights yang sudah termasuk makan malam. Namun sayangnya, menu makanan yang ditawarkan bukan menu bersertifikat halal. Sebaiknya kamu makan dulu sebelum pergi atau membawa bekal sendiri jika ingin menonton pertunjukan ini. Kalau kamu menghabiskan seharian di taman bermain ini, kamu bisa makan malam di salah satu kedai makanan bersertifikat halal yang ada di sana sebelum mereka tutup. Harga tiket masuk: 
  • General Admission (termasuk Gala of Lights): HKD498 atau Rp 949.000 (dewasa) dan HKD 24 atau Rp 46.000 (anak di bawah usia 11 tahun)
  • Gala of Lights saja: HKD 240 atau Rp 458.000 (dewasa) dan HKD 120 atau Rp 228.000 (anak usia di bawah 11 tahun)
Jam operasional: 
  • General Admission: Senin sampai Jumat jam 10.00-18.00, Sabtu dan Minggu jam 10.00-19.00
  • Gala of Lights: 18.30-22.00 (pameran binatang dan wahana lainnya sudah tutup
Alamat: Ocean Park, Aberdeen, Hong Kong Stasiun MTR terdekat: Ocean Park Website | Facebook | Instagram
Hari ke-4 
Bermain seharian di Hong Kong Disneyland
  • Kalau kamu pecinta Disney (seperti kami!) jangan lewatkan kesempatan untuk bermain di Hong Kong Disneyland! Sebaiknya siapkan seharian penuh untuk bermain di sini sebelum kembali ke bandara.
  • Check out dari hotel setelah sarapan dan langsung pergi ke Hong Kong Disneyland. Cara paling mudah ke sana adalah dengan naik taksi dan langsung membawa koper. Selain itu, kamu pun bisa di sana pagi-pagi ketika masih sepi!
#HHWT Tip:  Kamu bisa menitipkan koper di Luggage Valet di Park Promenade yang berada di dekat stasiun MTR atau di loker yang ada di Main Street taman hiburan ini. Kedua penitipan ini mematok harga HKD 130 (Rp 248.000) untuk satu hari. Namun, perlu diingat bahwa Luggage Valet bisa menampung semua ukuran koper sementara loker hanya menerima koper berukuran 45 cm x 35 cm x 43 cm atau 18 inci x 14 inci x 17 inci. Lihat informasi tentang penitipan koper di halaman ini.
Kredit: Hong Kong Disneyland di Facebook
  • Kalau kamu sudah pernah ke Hong Kong Disneyland, langsung saja ke Tomorrowland untuk naik wahana terbarunya, Ant-man and The Wasp: Nano Battle! Di wahana ini, kamu akan naik kendaraan khusus untuk berperang bersama Ant-man dan The Wasp untuk mencegah data rahasia S.H.I.E.LD jatuh ke tangan Hydra!
  • Setelahnya, kamu bisa mencoba berbagai wahana lainnya. Misalnya roller coasters Hyperspace Mountain dan Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars. Atau naik wahana santai seperti Mad Hatter Tea Cups atau The Many Adventures of Winnie The Pooh.
#HHWT Tip: Untuk naik Hyperspace Mountain dan The Many Adventures of Winnie The Pooh, sebaiknya kamu menggunakan Fastpass! Sistem Fastpass akan mengurangi waktu mengantri dengan memberitahukan waktu khusus untuk kamu naik wahana itu. Kamu bisa membelinya di mesin tiket Fastpass di dekat pintu masuk wahana dan memindai tiket masuk kamu di mesin tersebut. Kamu harus datang lagi ke wahana itu sesuai dengan jadwal yang tertulis di tiket Fastpass. Tidak ada biaya tambahan untuk ini, jadi cara ini bagus sekali untuk menghemat waktu! 
  • Untuk makan siang, kamu bisa makan di Tahitian Terrace Restaurant atau Explorer’s Club Restaurant karena keduanya menyediakan makanan halal. Kami suka Explorer’s Club karena menyediakan banyak jenis makanan, termasuk makanan Korea, Jepang, dan Indonesia. Selain itu, di sebelahnya juga ada tempat shalat! 😊
  • Kamu mungkin tidak akan sempat melihat parade atau pertunjukan malam karena harus mengejar pesawat. Jadi, sempatkan diri untuk menonton satu atau 2 pertunjukan di siang hari. Unduh saja aplikasi Hong Kong Disneyland untuk melihat jadwal pertunjukan. Beberapa  yang paling terkenal adalah Festival of The Lion King (pertunjukan musikal akrobatik Simba dan kawan-kawan) dan Flights of Fantasy Parade (parade sore bersama para karakter Toy Story, The Jungle Book, dan lainnya!).
Menuju ke bandara untuk pulang
  • Waktu memang berlalu begitu cepat ketika kita bermain di Disneyland. Sekarang sudah waktunya kita pulang. ☹
  • Jemput koper dan pergilah ke bandara. Durasi perjalanan ke bandara adalah sekitar 30 menit dengan naik MTR (transit di stasiun Tsing Yi menuju Sunny Bay Station).
#HHWT Tip: Saat artikel ini ditulis, ada beberapa prosedur keamanan yang diterapkan. Hanya pemegang paspor dan tiket valid yang diizinkan untuk masuk ke bandara. Beberapa petugas yang berjaga pun akan memeriksa dokumen perjalanan.  Itulah dia perjalanan singkat dan berkesan ke Hong Kong! Kota ini menawarkan berjuta keseruan bagi para pelancong dengan segala keunikannya, baik yang lama maupun baru. Sudah waktunya kamu menulis Hong Kong dalam daftar liburan impianmu! Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.