icon
icon
article hero

7 Destinasi Wisata yang Ada di Dekat Sirkuit MotoGP Mandalika

AvatarName

Tiara  •  Sep 01, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Penyelesaian sirkuit MotoGP Mandalika terus digeber untuk memenuhi tenggat waktu uji coba yang akan dilaksanakan pada juni 2021 mendatang. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pun didaulat sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia. Selain sirkuit MotoGP, ternyata Mandalika punya sejumlah tempat wisata yang menarik seperti yang berikut ini.
Bukit Merese
Bukit Merese merupakan salah satu tempat melihat sunset terbaik di KEK Mandalika, bahkan di seluruh Pulau Lombok. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Tanjung Aan serta biasa dijadikan tempat menggembala ternak bagi warga lokal. Namun siapa sangka, bukit di dekat sirkuit MotoGP Mandalika ini ternyata menyimpan pemandangan hijau yang berpadu dengan birunya laut yang mempesona.
Pantai Tanjung Aan
Pasir putih dan laut birunya bisa kamu nikmati dengan tenang karena pantai di dekat sirkuit MotoGP Mandalika ini masih sepi pengunjung. Berjemur, berenang, atau bermain pasir adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Sambil menikmati suasana, kamu pun bisa membeli souvenir yang dijajakan oleh para pedagang. Kalau kamu mau ke Gugus Gili, kamu pun bisa naik kapal yang tersedia di sana.
Pantai Seger
 Usai Mandalika ditetapkan sebagai KEK pariwisata, Pantai Seger terus dibenahi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjungnya. Panorama pantai yang unik dengan permukaan terpisah ini bisa kamu nikmati dari atas bukit. Pantai ini juga menjadi lokasi festival tahunan Bau Nyale. Dalam festival ini para wisatawan dan masyarakat lokal berlomba mencari nyale atau cacing laut untuk dikumpulkan dan diolah menjadi sajian khas Lombok. 
Pantai Kuta Mandalika
Tidak jauh dari Pantai Seger, ada Pantai Kuta Mandalika yang tidak kalah indah. Pantai ini juga menjadi lokasi penyelenggaraan festival Bau Nyale. Bedanya, di pantai ini kamu bisa menikmati aneka wahana dan water sports seperti banana boat, windsurfing, hingga paralayang. Kamu pun bisa sekedar menikmati panorama pantainya di area duduk yang telah tersedia.
Pantai Gerupuk
Selain di sirkuit MotoGP Mandalika, kamu pun bisa memacu adrenalin di Pantai Gerupuk yang berada tidak jauh dari sana. Deburan ombaknya menjadi magnet tersendiri bagi para peselancar dari seluruh dunia. Kalau kamu ingin berselancar, kamu bisa naik kapal dari Pantai Gerupuk menuju Teluk Gerupuk. Jangan khawatir, di kawasan tersebut ada beberapa spot berselancar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, termasuk untuk pemula.
Desa Adat Sade
 Di desa ini, kamu bisa melihat bagaimana suku sasak hidup secara tradisional dan minim tersentuh arus modernisasi. Kamu akan menemukan berbagai rumah di desa Sade dengan bentuk dan fungsi berbeda-beda. Mayoritas rumah di desa ini berdinding anyaman bambu, beratap alang-alang, dan lantainya terbuat dari tanah liat dan sekam padi. Satu hal yang menarik di desa ini adalah aktivitas menenun kain yang dilakukan oleh kaum wanita. Kamu pun bisa melihat proses pembuatan kain tenun dan membelinya sebagai oleh-oleh. 
Desa Adat Ende
Opsi desa adat lain di dekat sirkuit MotoGP Mandalika adalah Desa Ende. Serupa dengan Desa Sade, di desa ini kamu bisa melihat aktivitas tradisional Suku Sasak. Salah satu tradisi unik di desa ini adalah prosesi 'kawin lari' sebelum melaksanakan pernikahan antara kedua belah pihak. Keramahan warganya dijamin akan membuat kamu merindukan desa ini. Tidak perlu menunggu sampai sirkuit MotoGP Mandalika selesai, kamu pun bisa liburan di Mandalika dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitarnya. Simak juga rekomendasi wisata seputar Lombok lainnya dalam artikel berikut ini: