icon
icon
article hero

7 Daerah Penghasil Oleh-oleh Jogja, Bisa Dapat Harga Lebih Murah!

AvatarName

Tiara  •  Sep 01, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Mencari oleh-oleh khas Jogja memang bukan hal yang sulit. Cukup datang ke salah satu pusat oleh-oleh khas Jogja dan kamu bisa menemukan hampir semua yang kamu cari. Namun, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan varian yang lebih beragam jika datang langsung ke daerah penghasil oleh-oleh tersebut. Dari begitu banyak tempat, berikut adalah beberapa kawasan penghasil oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu sambangi saat liburan.
Kotagede - Kerajinan perak
Kotagede dikenal sebagai pusat kerajinan perak oleh-oleh khas Jogja. Di kawasan ini, kamu akan disambut oleh deretan toko perak yang menjual hasil karya pengrajin lokal. Kamu pun bisa menyaksikan proses pembuatan perhiasan perak di beberapa toko yang ada di sini. Selain membeli produk jadi, pengunjung juga bisa memesan perhiasan perak sesuai keinginan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.
Desa Kasongan Bantul - Gerabah
Warga Desa Kasongan di Bantul memiliki keahlian membuat gerabah yang diwariskan turun temurun. Di desa ini, kamu akan melihat rumah-rumah warga yang disulap menjadi galeri dan toko gerabah beraneka macam. Aneka pot tanaman, guci, alat masak, dan berbagai gerabah lainnya ini bisa dibeli dengan harga mulai dari belasan ribu rupiah saja. #HHWT Tip:  Selain membeli gerabah, kamu pun bisa belajar membuat gerabah di studio milik warga desa ini!   
Pasar Beringharjo - Aneka batik
Inilah surga belanja favorit untuk mencari oleh-oleh khas Jogja berupa aneka batik. Pasar yang berlokasi di dekat Jalan Malioboro ini selalu ramai oleh wisatawan yang hendak membeli oleh-oleh. Kain, kemeja, daster, hingga tas batik pun tersedia di pasar ini. Selain pilihannya beragam, kamu pun bisa menemukan batik dengan berbagai rentang harga di Pasar Beringharjo.
Desa Pathuk - Bakpia
Para penyuka bakpia harus mampir ke pusat oleh-oleh khas Jogja yang satu ini. Desa Pathuk dikenal sebagai kampung bakpia karena hampir semua rumah tangga di desa ini adalah produsen bakpia. Dari sinilah bakpia yang kamu lihat di toko oleh-oleh berasal. Selain bisa mendapatkan lebih banyak varian dan merek, kamu pun bisa melihat proses pembuatan bakpia secara tradisional di desa ini.
Jalan Wijilan - Gudeg
Ke Jogja tentu belum lengkap tanpa membawa pulang gudeg. Jalan Wijilan adalah surganya oleh-oleh khas Jogja yang satu ini. Sepanjang jalan, kamu akan menemukan berbagai warung gudeg yang bisa kamu cicipi. Selain makan di tempat, warung gudeg di sini pun menyediakan aneka paket gudeg yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.
Gunung Kidul - Belalang goreng
 Oleh-oleh khas Jogja ini terbilang ekstrim dan tidak mudah ditemukan selain di tempat asalnya. Gunung Kidul dikenal sebagai daerah produsen belalang goreng yang renyah. Camilan gurih bernutrisi ini bisa kamu temukan dengan mudah dan harga murah di kawasan Gunung Kidul yang berada di sisi selatan Yogyakarta. 
Jalan Godean - Tas Dowa
Tas rajut buatan tangan ini menjadi oleh-oleh khas Jogja yang semakin diburu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa langsung datang ke tokonya yang berada di Jalan Godean. Tas Dowa di toko ini menyediakan banyak variasi dan dijamin asli. Kamu bisa melihat langsung tas yang kamu incar di toko ini dan bebas memilih sambil mencobanya. Membeli oleh-oleh khas Jogja bukan hanya membawa pulang kenangan liburan ke rumah, namun juga memberdayakan pengrajin dan produsen lokal. Selain itu, kamu pun bisa melihat langsung dan mengapresiasi proses pembuatan dibalik barang yang kamu beli. Simak juga rekomendasi wisata di Jogja lainnya dalam artikel berikut ini: