icon
icon
article hero

12 Camilan Ramah Muslim Yang Bisa Kamu Bawa Pulang Dari Singapura

AvatarName

Aditya Mulyawan  •  Dec 05, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Faruq Senin. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Setelah menikmati berbagai destinasi seru dan mencicipi kuliner yang lezat di Singapura, lantas apa lagi selanjutnya? Pastinya membeli camilan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang! Kredit: Giphy Jika kamu kebingungan dalam mencari camilan halal atau ramah Muslim untuk oleh-oleh, simak rekomendasi kami di bawah ini ya! P.S Kamu juga mencari suvenir khas Singapura yang unik? Kami sudah merangkumnya untukmu!
1. IRVINS Salted Egg Fish Skin
Berbicara tentang oleh-oleh dari Singapura, pasti IRVINS Salted Egg Fish Skin menjadi yang pertama terlintas di kepala. Saat perusahaan asal Singapura ini menghadirkan berbagai camilan bumbu telur asin beberapa tahun kebelakang, mereka memulai “salted egg revolution”🤗 Renyah dan dilapisi bubuk telur asin yang lezat, kamu dijamin akan menyukainya. Selain kulit ikan telur asin yang menjadi favorit, mereka juga menghadirkan beberapa produk berbumbu telur asin lain seperti keripik kentang, keripik singkong, serta crunchy roll yang menjadi salah satu varian terbarunya.
Kredit: Goodies_Snacks di Facebook Jika kamu menyukai makanan pedas, cobalah versi Hot Boom mereka dan rasakan “ledakan” di lidahmu 😋 Hal terbaik dari semuanya adalah, produk ini tersertifikasi halal. P.S. Ada berbagai camilan bumbu telur asin lain yang juga halal seperti Golden Duck dan Tiny Red Dot. Kamu bisa menemukannya di berbagai supermarket dan minimarket terdekat! Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata harga: SG$8/Rp 82 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Website | Facebook | Instagram
2. Garrett Popcorn
Kamu mungkin akan mencium aroma Garett Popcorn di sepanjang kota. Berasal dari Chicago, popcorn mereka terkenal akan rasanya yang begitu lezat di lidah. Garett menyiapkan popcorn yang dibuat langsung sepanjang hari, jadi kamu bisa menikmatinya saat masih panas dan renyah. Beberapa rasa yang direkomendasikan di antaranya Chicago Mix (gabungan popcorn keju dan karamel), atau rasa kacang-kacangan seperti Macadamia dan Almond Caramel Crisp. Pastikan untuk mencicipi rasa musiman mereka seperti Dark Chocolate Caramel Crisp atau Matcha Caramel Crisp! Kami telah memeriksa status halal Garett Popcorn beberapa bulan yang lalu. Mereka menyatakan bahwa pembuatannya tidak menggunakan segala jenis produk babi ataupun alkohol dalam resepnya. Pada situs resminya, mereka menyatakan bahwa semua resep mereka vegetarian dan tidak mengandung daging, gelatin, dan telur. Cek artikel kami mengenai status halal Garret. Status Halal: Tidak menggunakan babi, alkohol, atau gelatin yang digunakan dalam setiap produk Garett. Mengingat Garett belum tersertifikasi halal, keputusan untuk membeli/mengonsumsi kami kembalikan kepada pembaca. Rata-rata harga : SG$10/Rp 105 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Facebook | Instagram P.S. Jika kamu berencana mengunjungi Singapura dalam waktu dekat, berikut 11 hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di liburan akhir tahun!
3. Ya Kun Kaya
Selai lembut yang terbuat dari kelapa, telur (dan terkadang menggunakan ekstrak daun pandan untuk aroma harum), “kaya” adalah bahan sempurna untuk sarapan ala Singapura, terlebih jika dinikmati dengan butter, roti, dan telur rebus 😋
Kredit: Ya Kun Kaya Toast di Facebook Salah satu toko yang menjual selai kaya adalah Ya Kun Kaya Toast yang telah berdiri sekitar satu dekade. Outlet Ya Kun Kaya belum tersertifikasi halal, tetapi kabar baiknya selai kaya mereka sudah tersertifikasi halal! Jadi, kamu bisa menikmati sarapan ala Singapura di rumah 🤗 Jika kamu tidak mendapatkan selai kaya di Ya Kun, beberapa merek lain menjualnya di supermarket atau minimarket yang tersebar di Singapura! #Tips HHWT: Berhubung selai ini tidak bisa masuk ke dalam kabin (batasan 100ml untuk cairan/likuid), kamu harus memasukkannya ke dalam bagasi. Bungkus kemasan selain dengan kain atau bubble wrap agar tidak pecah di bagasimu. Status Halal (untuk selai kaya Ya Kun): Tersertifikasi Halal Rata-rata harga: SG$5/Rp 52 ribu Jam Operasional/Alamat:  Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini . Website | Facebook | Instagram P.S. Temukan tempat menginap di Singapura dengan 10 akomodasi ramah-keluarga ini.
4. TWG Tea
Merek asal Singapura ini telah mendirikan kafe dan tokonya di berbagai belahan dunia, 12 di antaranya berada di Singapura. Di setiap terminal di Bandara Changi pun terdapat outlet TWG Tea. Meskipun kafe mereka tidak bersertifikat halal, kamu dapat membeli sejumlah besar rasa teh, baik dalam bentuk kantung teh atau daun. Kami merekomendasikan pembelian koleksi "tea taster" yang berisi berbagai rasa teh terlaris mereka seperti English Breakfast Tea dan Jasmine Queen Tea. Selain di Bandara, berbagai outlet berada di kawasan Central Business District, jadi menemukannya tak akan sulit. Akan tetapi persiapkan dirimu, mengingat harganya cukup mahal! Status Halal: Kafe TWG Tea tidak tersertifikasi halal, keputusan untuk membeli/mengonsumsi kami kembalikan kepada pembaca. Rata-rata harga: SG$25/Rp 260 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Website | Facebook | Instagram P.S. Cek itinerary 3 Hari 2 Malam di Singapura, kurang dari Rp 2.5 juta!
5. Pandan Chiffon Cake
 Harum dan lembut, kue Pandan Chiffon Cake ini dijuluki sebagai kue nasional Singapura dan Malaysia oleh CNN!😊 Hal ini tentunya bukan kejutan mengingat banyak sekali turis yang membawa pulang kue ini, bahkan warga Singapura sendiri pun menikmatinya!  Dua toko penjual Pandan Chiffon Cake yang telah tersertifikasi halal adalah Prima Deli dan Swee Heng Bakery. Jika versi Prima Deli rasa pandannya lebih ringan, Swee Heng memiliki rasa kelapa yang kuat. Keduanya dikenal menghasilkan Chiffon Pandan Cake yang berkualitas tinggi.
Kredit: Swee Heng Bakery di Facebook Entah dinikmati bersama teh atau kopi, Pandan Chiffon Cake akan menjadi camilan yang sempurna! Prima Deli Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata Harga: Mulai dari SG$6.90/Rp 72 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Website | Facebook | Instagram Swee Heng Bakery Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata Harga: Mulai dari SG$3/Rp 32 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Website | Facebook
6. Berbagai coklat yang terjangkau
Pada segmen Traveller Thursday kami di Instagram, kami bertanya kepada pembaca kami apa yang akan mereka beli saat berlibur di Singapura. Mayoritas jawaban mereka adalah coklat yang murah!
 Salah satu toko ritel populer di Singapura yang menjual coklat dengan harga terjangkau adalah Valu$. Kamu mungkin melihat toko ini di berbagai pusat perbelanjaan dan mudah ditemukan mengingat selalu ada diskon di sana. Harganya mulai dari SG$0.50/Rp 6 ribu untuk produk coklat dari Kit Kat dan Snickers. Kamu juga bisa menemukan merek lain seperti Cadbury, Toblerone, Bounty, Rittersport, dan masih banyak lagi. Catatan: Kebanyakan dari merek yang kami sebutkan telah tersertifikasi halal. Akan tetapi, kami merekomendasikan untuk tetap memeriksa sertifikasi halal atau bahan pembuatnya, mengingat sertifikasi halal tergantung dari dimana coklat tersebut dibuat.
Tempat lain yang disukai oleh para turis adalah Mustafa Centre! Mereka punya bagian khusus yang menjual coklat. Meski harga disini sedikit lebih mahal (tetapi masih masuk akal) dibanding Valu$, mereka mungkin punya rasa coklat edisi terbatas yang tidak bisa kamu temukan di Indonesia. Salah satu hal terbaik dari Mustafa Centre adalah mereka buka selama 24 jam. Jadi, kamu bisa berbelanja di sana kapanpun. Cek panduan lengkap Mustafa Centre dari kami di sini!
7. F.EAST Chips
Kamu mungkin sempat mencicipi makanan seperti laksa atau nasi ayam Hainan saat sedang di Singapura. Sekarang, kamu bisa merasakan makanan tersebut dalam bentuk keripik kentang dari F.EAST (singkatan dari Flavours of the East) 🤗  Rasa nasi ayam Hainan mungkin tidak seperti aslinya, akan tetapi kamu bisa merasakan sentuhan jahe dan minyak wijen. Ingin menikmati laksa? Keripik rasa Singapore Laksa mereka menghadirkan cita rasa kaldu santan kelapa dan udang kering khas yang khas.  Jangan lewatkan juga Crispy Beef Rendang, varian terbaru mereka. Kamu bisa menikmati rempah-rempah rending dalam bentuk keripik kentang 😉 Tak hanya membawa kultur street food Singapura ke rumahmu, camilan ini juga bisa jadi oleh-oleh yang unik. Kamu bisa mendapatkannya di minimarket 7-11 atau di supermarket besar! Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata harga: SG$3/Rp 32 ribu Website | Facebook P.S. Jika kamu ingin merasakan cita rasa khas Singapura, berikut adalah 13 hidangan khas yang wajib kamu coba!
8. 7Days Croissant
Camilan sempurna untuk sarapan, 7Days Croissant sangatlah lembut dengan isian yang banyak – mulai dari coklat hingga krim karamel, selai stroberi dan vanilla. Mereka dijual dengan harga SG$1/Rp 11 ribu di berbagai minimarket dan supermarket di Singapura! 7Days Croissant yang ada di Singapura dibuat di Malaysia dan tersertifikasi halal. Saat turis Malaysia dapat mendapatkannya dengan mudah negaranya, turis Indonesia mungkin akan lebih kesulitan mencarinya. Jadi pastikan untuk membelinya selagi kamu ada di sini ☺ Fakta menarik: Salah satu teman kami dari Indonesia mengatakan bahwa 7Days Croissant adalah camilan yang diberikan kepada para para jemaah Haji dan Umrah. Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata harga: SG$1/Rp 11 ribu
9. The 1872 Clipper Tea Co.
 Jika TWG tidak menjadi pilihanmu, mungkin kamu bisa membeli teh dari 1872 Clipper Tea. Menjadi salah satu produsen teh tertua di Singapura, 1872 Clipper Tea mendapatkan daun teh mereka dari Sri Lanka dan dikenal dengan konsistensi dan teh aromatiknya.  Jika kamu baru pertama kali ke sana dan tidak tahu ingin memesan apa, cobalah koleksi teh terbaik mereka (mulai dari SG$18/Rp 190 ribu) seperti Earl Grey, Longan Paradise, atau Blissful Berries. Kamu juga bisa memilih untuk menikmatinya dari kantung teh atau dengan daunnya.
Credit: The 1872 Clipper Tea Co. on Facebook Ingin mencari oleh-oleh yang mewah untuk orang tercinta di rumah? Koleksi mereka akan sangat sempurna! Diramu oleh master teh mereka, salah satu produk favoritnya adalah Flavours of Singapore – yang terdiri dari kaya toast tea dan teh tarik. Pecinta teh pastinya tidak ingin melewatkan ini! 3-in-1 dan travel set mereka juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik. Status Halal: Pabrik 1872 Clipper Tea di Sri Langka tersertifikasi halal Rata-rata harga: SG$30/Rp 310 ribu Jam Operasional/Alamat: Temukan lokasi toko dan jam operasional mereka disini. Website | Facebook | Instagram
10. Gardenia Filled Buns
Saat roti Gardenia dapat ditemukan di region sekitar, beberapa rasa atau varian hanya bisa ditemukan di Singapura seperti filled buns.  Krim ini diisi di tengah gulungan roti dan sempurna untuk setiap situasi. Diluar rasa biasa seperti coklat dan stroberi, Gardenia Singapura menjual rasa lain yang lebih unik seperti coklat pisang, selai kacang & karamel, dan cranberi & vanilla.  Roti isi custard Gardenia ini juga merupakan pilihan favorit warga Singapura. Entah kamu memilih rasa coklat, vanilla, atau custard jagung, mereka hadir dalam porsi yang besar! Kamu bisa menemukan roti Gardenia di seluruh Singapura, mulai dari minimarket hingga supermarket. Status Halal: Tersertifikasi Halal Rata-rata harga: SG$1-2/Rp 11-12 ribu Website | Facebook | Instagram
11. Fluff Bakery
Sebelum penerbangan pulang dari Singapura, mengapa tidak mampir ke Fluff Bakery yang terkenal itu? Kamu bisa menikmati cupcakes lezat mereka saat berada di pesawat, atau satu hingga dua hari kedepan saat kamu sudah di rumah 😆
Kredit: Fluff Bakery di Facebook Menu dessert yang terus berganti setiap minggunya, selalu ada kejutan setiap kamu mampir ke toko roti di Jalan Pisang ini. Rangkaian cupcakes dan kue di Fluff ini terinspirasi dari cita rasa lokal. Kamu bisa menemukan rasa seperti Ondeh-Ondeh, Apam Balik Sweetcorn, dan Triple Milo bersamaan dengan rasa yang familiar seperti Red Velvet. Pastikan untuk cek media sosial mereka untuk melihat apa yang sedang ada di toko mereka! Status Halal: Dimiliki oleh Muslim  Rata-rata harga kue : SG$4/Rp 42 ribu Jam Operasional: Selasa-Sabtu; 12 Siang – 7.30 Malam, Minggu; 11 Siang – 5 Sore (hari Senin tutup) Alamat: 4 Jalan Pisang Singapore 199071 Nomor telepon: 8251 1353 Website | Facebook | Instagram
12. Rich and Good Cake Shop
Rich and Good Cake Shop dikenal dengan swiss rolls rumahan klasiknya yang begitu lezat. Mereka baru membuka tokonya di Jewel Changi Airport, kamu bisa membelinya sebelum pulang ke rumah! Pastikan untuk mencicipi kaya roll yang menjadi salah satu favorit di toko mereka. Nikmati rasa yang manis dan kaya dalam gulungan kue pandan yang lembut. Percayalah, kamu akan kembali lagi ke sini! Rasa lain yang populer adalah durian, cocok dipasangkan dengan krim mereka yang lembut dan ringan. Jika cita rasa lokal ini tidak menarik untukmu, mereka punya rasa yang lebih umum seperti mangga, coklat, green tea, red velvet, dan masih banyak lagi. Kue dari Rich and Good Cake Shop akan menyenangkan hati orang-orang terdekatmu. #Tips HHWT: Kue mereka seringkali terjual habis dengan cepat, kami menyarankan untuk datang lebih awal! Status Halal : Rich and Good Cake Shop tidak menggunakan alkohol, babi, ataupun gelatin dalam kue mereka dan berdasarkan keterangan staf di sana, kue mereka cocok untuk vegetarian. Berhubung mereka tidak tersertifikasi halal, keputusan untuk membeli/mengonsumsi kami kembalikan kepada pembaca. Rata-rata harga: SG$10/Rp 105 ribu Outlet Kandahar St Jam Operasional: Senin; 10.30 Pagi – 5 Sore, Selasa-Jumat; 9 Pagi - 5 Sore, Sabtu; 9 Pagi - 3 Sore (tutup di hari Minggu) Alamat: 24 Kandahar St, Singapore 198887 Nomor telepon: 6908 4089 Outlet Jewel Changi Airport Jam Operasional: Buka setiap hari; 10 Pagi - 10 Malam Alamat: 78 Airport Boulevard #01-232 Jewel, Singapore Changi Airport, Singapore 819666 Nomor telepon: 6908 4089 Facebook | Instagram Dengan adanya 12 camilan halal yang bisa kamu bawa pulang ke rumah, pengalamanmu di Singapura akan menjadi lebih lengkap! Apakah ada yang tertinggal dari daftar yang sudah kami buat ini? Beri tahu kami di kolom komentar ya!