icon
icon
article hero

Terjamin Halal, Ini 10 Bumbu Khas Jepang dan Korea Berlabel Halal MUI

AvatarName

Tiara  •  Aug 23, 2021

icon

Apa gochujang halal?

Bisa iya, bisa juga tidak. Gochujang halal haruslah terbebas dari unsur alkohol tambahan. Selain gochujang, ada beberapa bumbu masakan lain yang sering dipertanyakan kehalalannya, misalnya kecap asin Jepang (shoyu), miso, sampai pasta kacang kedelai doenjang. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia beruntung karena produsen bahan makanan memperhatikan aspek kehalalan produknya. Jadi, kamu punya opsi halal untuk hampir semua bahan masakan. Kalau kamu ingin memasak makanan Jepang atau Korea dengan rasa autentik namun tetap halal, pilih saja merek yang sudah bersertifikat halal MUI berikut ini!

Gochujang halal

Meski banyak gochujang halal dari bisnis rumahan, sejauh ini baru gochujang halal Kikkoman dan Mokgo Food yang memiliki logo halal MUI di kemasannya. Persoalan dari gochujang halal adalah kandungan alkohol yang ditambahkan untuk mengawetkan serta menghentikan proses fermentasi. Jika kamu tidak benar-benar yakin soal gochujang yang kamu gunakan, sebaiknya pilih yang sudah pasti halal MUI.

Chunjang halal

Penggemar makanan Korea tentu tidak asing dengan makanan satu ini. Bumbu utamanya adalah chunjang yang terbuat dari kedelai hitam dengan rasa manis dan sedikit gurih. Berdasarkan pencarian tim HHWT, belum banyak merek yang menjual chunjang halal. Satu-satunya yang berlogo halal adalah chunjang dari Mokgo Food.

Kimchi halal

 Makanan Korea tentu belum lengkap jika tidak pakai Kimchi. Untuk menikmati kimchi di rumah, opsinya ada dua, yakni   membuat kimchi sendiri atau membeli yang siap makan. Untungnya, kini sudah banyak kimchi berlogo halal MUI di supermarket. Ingat, pilih yang ada logo halal MUI-nya ya, contohnya kimchi Mu Gung Hwa dan Ommason.

Shoyu halal

Shoyu berbeda dengan kecap asin biasa. Teksturnya sedikit lebih kental dan ada aroma khas yang membuat shoyu istimewa. Kabar baiknya, shoyu halal khas Jepang kini sangat mudah ditemukan! Salah satu yang paling mudah ditemukan adalah shoyu halal dari Kikkoman. Lebih baik lagi, ukurannya juga beragam, mulai dari kemasan sachet sampai jerigen dua liter!

Miso halal

Miso merupakan hasil fermentasi kedelai atau beras. Rasanya asin dengan warna coklat muda dan tekstur kental. Selain dibuat kuah sup, miso juga biasanya digunakan sebagai bumbu bakaran atau saus cocolan. Seperti produk hasil fermentasi lainnya, kandungan alkohol adalah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih miso. Tidak perlu mengira-ngira, pilih saja miso yang di kemasannya telah terdapat logo halal MUI, misalnya miso merek Enachan.

Saus teriyaki halal

 Saus teriyaki kini bukan hanya digunakan untuk masakan Jepang, namun juga untuk makanan sehari-hari. Manis dan gurihnya cocok untuk memasak tumisan ataupun sebagai bumbu marinasi. Untungnya, kini sudah banyak produsen saus halal yang memiliki saus teriyaki seperti Saori, Kikkoman, hingga Pronas. 

Mirin halal

Salah satu hal yang membuat umat Muslim ragu untuk makan makanan Jepang adalah kandungan mirin pada masakan. Saus manis ini memberikan rasa manis dan gurih dan sering ditemukan dalam sushi. Kalau kamu ingin masak makanan Jepang di rumah, kamu bisa menggunakan mirin halal dari Kikkoman. Dengan demikian, rasa masakan tetap autentik tanpa berkompromi soal kehalalannya.

Kare halal

Nasi kare Jepang memang punya godaan tersendiri. Kare Jepang berbeda dengan kari Melayu atau Indonesia, kuahnya lebih kental, warnanya lebih gelap, dan aromanya khas. Untuk mendapatkan nasi kare Jepang autentik, kamu bisa menggunakan bumbu kare blok siap pakai. Beberapa merek yang telah mengantongi sertifikat halal MUI di antaranya adalah Warasa, Nicchi, dan House.

Saus katsu halal

Bosan makan katsu dengan saus sambal dan mayones? Coba makan dengan saus tonkatsu autentik Jepang. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan saus tomat, kecap asin, gula merah, mirin, kecap inggris, jahe, dan bawang putih. Kalau ingin lebih praktis, ada pula saus katsu siap pakai yang belogo halal MUI dari merek Kikkoman.

Minyak wijen halal

 Minyak yang satu ini adalah faktor penting dalam masakan Jepang dan Korea. Pakai sedikit saja, masakan langsung harum dan sedap! Di Indonesia sendiri ada beberapa merek minyak wijen yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI, misalnya minyak wijen ABC, Heuk Im Ja, Soon Chang, dan Minyak Wijen 58. Biar makin semangat masak, simak juga rekomendasi alat dapur pilihan HHWT berikut ini: 

5 Alternatif Merk Cookware yang Bagus, Ekonomis, dan Instagramable

6 Rekomendasi Waffle Maker yang Bagus, Mulai dari Rp 100 ribuan

6 Alternatif Merek Air Fryer untuk Memulai Hidup yang Lebih Sehat

5 Resep Menu Ala Restoran yang Bisa Dibuat Kurang Dari 30 Menit