icon
icon
article hero

Berlibur ke Singapura Semakin Mudah, Cukup Siapkan 6 Hal Ini

AvatarName

Tiara  •  May 24, 2022

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.Sejak 1 April 2022 lalu, Singapura telah melonggarkan perbatasannya untuk turis Indonesia. Wisatawan yang telah divaksin penuh bisa menikmati perjalanan bebas karantina!
Kredit: Sergio Sala di UnsplashKabar gembira ini disambut dengan sukacita oleh para traveler Indonesia yang sudah kangen Negeri Singa. Sebelum kamu beli tiket dan terbang ke Singapura, ada beberapa hal penting yang perlu kamu tau. Karenanya, simak dan simpan artikel ini, ya!

Berlibur ke Singapura Semakin Mudah, Cukup Siapkan 6 Hal Ini

1. Syarat masuk ke Singapura 

Kredit: Jisun Han di UnsplashSebelum membeli tiket, pastikan kamu telah mengetahui syarat masuk ke Singapura terbaru. Dikutip dari halaman ini, semua wisatawan yang telah divaksinasi penuh diizinkan masuk Singapura tanpa karantina. Selain itu, anak berusia 12 tahun ke bawah yang belum divaksinasi lengkap pun diizinkan masuk. 

2. Dokumen yang perlu disiapkan

Kredit: @jasapasporsemarangSupaya perjalanan ke Singapura kamu aman dan nyaman, siapkan dokumen perjalanan berikut ini:
  • Paspor yang masih aktif
  • Sertifikat vaksin yang telah dikonversi ke format internasional. Konversi bisa dilakukan via aplikasi PeduliLindungi
  • Wisatawan yang sudah vaksin lengkap dan baru saja pulih dari Covid-19 dapat menggunakan Vaccinated-Recovered Portal dan menyerahkan bukti telah sembuh sebelum keberangkatan
  • Mengunduh dan membuat profil DI aplikasi TraceTogether
  • Mengumpulkan SG Arrival Card dan deklarasi e-health ke situs Immigration & Checkpoints Authority (ICA) 3 hari sebelum keberangkatan
Menurut informasi di situs tersebut, dokumen-dokumen ini bisa ditunjukkan dalam bentuk hard copy ataupun soft copy.

3. Tiba di Singapura

Kredit: Matt Seymour di UnsplashSelamat datang di Singapura! Setibanya di Changi International Airport, kamu harus melewati antrian imigrasi dengan kembali menunjukkan dokumen sebelumnya dan menjalani pemeriksaan paspor serta pencocokan wajah. Dengan peraturan kedatangan internasional yang baru untuk para pelancong dari Indonesia, wisatawan internasional tak perlu lagi menjalani tes Covid-19 ketika tiba di Singapura. Meskipun demikian, jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker, ya!

4. Menjelajahi Jewel Changi Airport

Lebih dari infrastruktur transportasi, bandara terbaik di dunia ini punya berbagai fasilitas yang mengagumkan. Salah satu yang paling menarik adalah Jewel Changi Airport, mall yang merangkap sebagai tempat wisata. Berikut ini adalah beberapa tempat menarik yang wajib kamu sambangi di Jewel Changi Airport! 

Rain Vortex

Kredit: Shreehari Devadas di UnsplashSejak dibuka pada tahun 2019, air terjun indoor  ini masih menjadi tempat favorit di Jewel Changi Airport. Mengalir dari ketinggian 40 meter, air terjun juga punya atraksi musik dan lampu yang hadir di malam hari. Lihat jawal show-nya di sini!

Canopy Park

Tempat satu ini juga tidak kalah seru. Di Canopy Park kamu bisa berjalan di atas jaring, menjelajahi labirin, sampai main seluncuran. Kamu perlu membeli tiket untuk menikmati area ini (beli di sini). Satu tiket sudah termasuk akses untuk Discovery Slides, Foggy Bowls, Petal Garden, dan Topiary Walk. 

Changi Experience Studio

Kredit: Jewel Changi AirportKamu bisa melihat cara kerja Changi Airport dan terlibat di dalamnya di Changi Experience Studio. Di sini, kamu bisa bermain game interaktif, mencoba berbagai simulasi airport, dan menikmati pengalaman visual dari proyektor. Cocok untuk kamu yang punya rasa ingin tahu dan suka teknologi!

Belanja produk lokal

Kredit: @supermamasgMumpung koper masih kosong, coba deh lihat-lihat produk lokal Singapura di Jewel. Ada In Good Company, ready-to-wear fashion brand lokal dengan koleksi bergaya minimalis yang chic. Kalau kamu sedang mencari hadiah, kamu mampir ke toko pernak-pernik Naiise Iconic, Klosh, atau toko porselen Supermama
Kredit: @1872theclipperteaKalau mau rehat sambil jajan cantik, kamu bisa mampir minum teh di The 1872 Clipper Tea. Merek teh ini adalah produsen teh tertua di Singapura. Semua tehnya diproduksi di pabrik yang telah bersertifikat halal.Pastikan kamu sudah punya panduan untuk menikmati Jewel Changi Airport, mulai dari makanan halal di Jewel sampai atraksi seru (dan gratis!) untuk kamu.

5. Selama di Singapura

Kredit: Victor He di UnsplashMeski Covid-19 di Singapura sudah terkendali, semua orang masih harus mengenakan masker. Namun per 25 April 2022, mengenakan masker hanya diwajibkan bagi orang yang berusia di atas 6 tahun dan di dalam ruangan (selain di rumah sendiri).Mengenakan masker di ruang terbuka bersifat opsional, namun dianjurkan, terutama ketka berada di tempat yang ramai untuk menghindari penularan Covid-19 dari penderita yang tidak bergejala.Selain itu, setiap orang yang mengalami gejala serupa Covid-19 pun wajib mengenakan masker ketika keluar rumah.
Kredit: Singapore Tourism Board

6. Pengalaman baru dan seru di Singapura

Begitu banyak tempat rekreasi, makanan halal, serta pengalaman baru yang bisa kita nikmati di Singapura nanti. Pokoknya, kunjungan kamu bisa dua kali lebih menyenangkan, rasanya seperti pertama kalinya!SkyHelix
Kredit: Mount Faber Leisure Group Kini Sentosa punya SkyHelix, gondola setinggi 79 meter yang bisa berputar di udara!  SkyHelix akan membawa kamu menikmati pemandangan Singapura sambil berputar 360 derajat di porosnya selama kurang lebih 10 menit.Lokasinya juga mudah dijangkau, cukup jalan kaki 5 menit dari stasiun Sentosa. 

New World’s End

Kredit: @newworlds.endNew World’s End adalah sebuah pengalaman walking tour malam hari yang memadukan seni visual dan audio untuk menghadirkan kembali suasana Singapura tempo dulu (ada kabaret juga!).Di sini, kamu akan berjalan menyusuri jalanan sambil mendengarkan kisah Kiran dan Rosa, sepasang sejoli yang hidup melintasi momen-momen bersejarah di Singapura. Tak hanya itu, beberapa tempat dalam tur ini pun dirancang khusus menyerupai kejadian aslinya.

Museum of Ice Cream

Kredit: Museum of Ice CreamTidak perlu jauh-jauh ke New York, kamu bisa main ke Museum of Ice Cream di Singapura! Dibuka pada Agustus 2021, inilah Museum of Ice Cream pertama yang berlokasi di luar Amerika Serikat. Kolam meses, istana balon pink, sampai ruangan penuh banana split ada di sini! Jangan sampai kamu tidak mencoba semua yang baru dan seru di Singapura saat berkunjung ke sana!

7. Pulang ke Indonesia

Kredit: Anete Lusina di UnsplashMeski liburan di Singapura terasa menyenangkan, jangan lupa persiapkan diri untuk perjalanan pulang ke Indonesia, ya. Pastikan kamu mengikuti peraturan perjalanan luar negeri yang berlaku, baik di Singapura maupun Indonesia. Berdasarkan aturan Kementerian Luar Negeri RI, WNI yang masuk ke Indonesia dari Singapura tidak perlu lagi menjalani karantina mandiri ataupun tes PCR. Namun, peraturan ini hanya berlaku jika kamu telah divaksin lengkap dan atau telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster).

8. Bagaimana jika positif Covid-19 ketika berada di Singapura?

Kredit: Kate Trifo di UnsplashJangan panik. Kasus Covid-19 di Singapura telah terkendali dan mayoritas kasusnya bergejala ringan. Jika kamu positif Covid-19, pihak Kementerian Kesehatan Singapura akan menghubungi kamu untuk mengonfirmasi identitas dan alamat tempat tinggal. Informasi ini akan digunakan untuk mengatur fasilitas karantina dan pelacakan kontak (tracing).
Kredit: JC Gelidon di UnsplashSelesai karantina, kamu harus melakukan tes untuk membuktikan bahwa kamu telah negatif Covid-19 sebelum pulang ke Indonesia. Adapun harga tes Covid-19 di Singapura beragam, mulai dari sekitar SGD 15 hingga SGD 98, tergantung jenis tes dan durasi untuk mendapatkan hasilnya. Tenang, ada banyak pilihan klinik untuk tes Covid-19 di Singapura!

9. Selalu persiapkan diri untuk hal yang tak terduga

Kredit: Jessica Lewis di UnsplashSebaik-baiknya rencana, jangan lupa untuk menyiapkan mental untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga. Meski ini bukan pertama kalinya kamu ke Singapura, situasi telah berubah dan kamu harus beradaptasi dengan kenormalan yang baru.Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang pengalaman perjalanan orang lain dan pertimbangkan segala skenario yang mungkin terjadi.Selain mempersiapkan fisik, mental, dan logistik dengan baik, jangan lupa untuk berdoa kepada Yang Kuasa agar perjalanan kamu lancar serta selamat hingga kembali ke rumah. Temukan rekomendasi terbaik seputar wisata di Singapura dalam genggamanmu dengan aplikasi Visit Singapore (download di sini!). Saatnya hidupkan kembali perjalanan impianmu ke Singapura! #SingapoReimagine #VisitSingaporeArtikel ini dipersembahkan oleh Singapore Tourism Board.