icon
icon
article hero

Melihat Kembali 9 Tempat Indah di Indonesia untuk Inspirasi Liburan Setelah Covid-19

AvatarName

Tiara  •  May 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pandemi Covid-19 memang membuat rencana jalan-jalan kita tertunda. Sebagian besar tiket dan pemesanan kamar yang telah dibuat pun terpaksa dibatalkan. Sebagai traveler yang bertanggung jawab, pembatalan ini dilakukan bukan hanya karena ditutupnya tempat wisata di Indonesia, pembatalan ini pun dilakukan demi menghentikan penyebaran Covid-19. Kredit: Giphy Namun, bukan berarti jiwa petualang kita lenyap begitu saja. Seiring dengan berjalannya waktu, angka kesembuhan Covid-19 semakin tinggi. Pemerintah bahkan mengungkapkan beberapa prediksi kapan pandemi ini akan berakhir. Sambil menunggu kondisi membaik, tidak ada salahnya untuk melihat kembali beberapa destinasi cantik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi setelah pandemi ini usai! P.S. Kamu juga bisa menghidupkan suasana kampung halaman di rumah dengan memasak cemilan khas Nusantara atau menikmati oleh-oleh khas daerah di rumah!
1. Jakarta
Kalau kamu tinggal di ibukota dan masih ragu untuk jalan-jalan jauh, kamu tetap bisa berwisata ke beberapa tempat wisata di Jakarta.  Misalnya saja dengan mengunjungi Wisata Kota Tua di Jakarta Barat. Ada beberapa obyek wisata yang menarik di sini, mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, dan Cafe Batavia yang menyediakan suasana Jakarta tempo dulu. Salah satu yang terbaru adalah Taman Apung Kali Besar yang menampilkan suasana kanal air di tengah kota, mirip dengan di Belanda!    Usai mengunjungi museum dan berfoto di Taman Apung, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke wilayah Jakarta Pusat untuk menunaikan shalat di Masjid Istiqlal. Setelah shalat beristirahat sejenak, habiskan sore dengan menikmati pemandangan senja di Lapangan Banteng yang kini telah direnovasi menjadi lebih keren! #HHWT Tips: Tinggallah lebih lama di Lapangan Banteng untuk melihat pertunjukan air mancur yang hadir setiap hari Sabtu dan Minggu jam 18.30, 19.30, dan 20.15!
2. Bandung
Kota tetangga yang satu ini memang menjadi salah satu primadona karena begitu banyak tempat wisata di Bandung. Pilihannya mulai dari wisata kuliner, belanja, sampai wisata alam! Karena sudah lama kita tidak keluar rumah, bagaimana kalau menghabiskan waktu liburan perdana ini dengan wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu. Gunung berapi aktif ini terbentuk dari sisa-sisa gunung berapi purba sehingga membentuk Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Setibanya di sini, kamu akan disambut oleh cuaca dingin, aroma belerang, dan pemandangan ‘mangkok’ raksasa yang menakjubkan! Supaya semakin dekat dengan alam, kamu pun bisa menginap di alam terbuka dengan camping di Ranca Upas. Saksikan sendiri kuasa Allah SWT dalam keindahan langit bertabur bintang di malam hari. Pagi harinya, kamu bisa bermain dengan rusa-rusa jinak yang ada di sini! 
3. Bogor
Kota hujan pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Aksesnya mudah, jaraknya tidak terlalu jauh, dan pilihan wisatanya pun beragam! Pilihan tempat wisata di bogor pertama jatuh kepada wisata alam Curug Leuwi Hejo yang ada di Sentul. Karena lokasinya cukup tersembunyi, kamu harus berjalan kaki untuk menuju mata air ini. Jalanannya naik turun dan berbatu, namun rasa lelahmu akan terbayar ketika disambut oleh air berwarna hijau yang segar! Usai puas bermain air, beranjaklah ke kota Bogor untuk menikmati suasananya. Salah satu daerah yang unik dan asik untuk dikunjungi adalah Chinatown Bogor yang berada di Surya Kencana. Pada siang hari yang normal, jalanan dengan deretan ruko klasik ini berisi pertokoan yang sibuk dan yang pasti, jajanan lezat. Jangan lupa untuk mencicipi asinan Bogor dan seupan talas yang dijual di pinggir jalan ini ya!
4. Yogyakarta
Jogja memang istimewa. Karenanya, selalu ada alasan untuk kembali mengunjungi kota pelajar ini, termasuk sebagai perjalanan pembuka setelah Covid-19 berakhir. Puaskan diri untuk bermain di alam terbuka dengan mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo. Hamparan pasir nan luas ini adalah alternatif tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk kamu yang suka berfoto. Selain berfoto, kamu pun bisa mencoba sandboarding!  Sekembalinya dari Parangkusumo, kamu bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Taman Sari yang merupakan situs bekas taman Keraton Yogyakarta. Supaya lebih berkesan, jangan lupa untuk menggunakan jasa pemandu. Dengan demikian, kamu bisa menelusuri tempat-tempat tersembunyi yang hanya diketahui oleh warga lokal lengkap dengan sejarahnya! 
5. Semarang
Bergeser sedikit ke utara, ada banyak tempat wisata di Semarang yang bisa memuaskan rasa kangen kamu akan berpetualang! Lokasi pertama yang wajib dikunjungi di Semarang tentu Lawang Sewu. Gedung bersejarah ini telah berdiri sejak 1904 sebagai kantor pusat perusahaan kereta api Belanda. Meski citranya seringkali dikaitkan dengan mistis, daya tarik utama Lawang Sewu adalah keindahan arsitektur dan sejarahnya!  Dari wisata sejarah, lanjutkan perjalanan di Semarang dengan wisata budaya di Klenteng Sam Poo Kong. Suasana meriah yang didominasi warna merah akan menyambutmu ketika tiba di tempat ini. Bukan klenteng biasa, coba deh perhatikan arsitekturnya. Betul, klenteng ini memadukan gaya arsitektur China dengan nuansa Jawa!
6. Bali
Siapa yang sudah kangen dengan Pulau Dewata? Sinar matahari, angin pantai, dan birunya laut sudah menunggu untuk dikunjungi kembali!  Untuk menghindari keramaian, cobalah untuk pergi ke bagian lain wilayah Bali, misalnya Nusa Penida. Kamu bisa menuju ke Nusa Penida dengan naik kapal cepat dari Sanur, Klungkung, Serangan, atau Padang Bai. Sedikit usaha lebih, namun pemandangan yang menunggumu benar-benar layak diusahakan. Salah satunya adalah keindahan Pantai Kelingking!  Setelah kembali ke pulau utama, bersantailah sejenak dengan secangkir kopi sambil menikmati pemandangan alam di ekowisata Bali Pulina. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai jenis kopi dan teh herbal yang diolah langsung dari perkebunan lokal!
7. Berau
Kalau kamu belum pernah menginjakkan kaki di pulau Borneo, mungkin ini saatnya untuk memulai petualangan baru di Berau! Tersimpan di gugusan Kepulauan Derawan, Danau Kakaban menawarkan pengalaman menarik, yakni berenang bersama ubur-ubur! Jangan khawatir, 4 jenis ubur-ubur yang ada di danau ini tidak menyengat. Pengalaman ini hanya bisa kamu dapatkan di 2 tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban dan Pulau Micronesia! Selain bermain dengan ubur-ubur, lokasi lain di Kepulauan Derawan yang tak kalah menarik adalah Gosong Sanggalau. Hamparan pasir putih ini hanya muncul ketika air laut sedang surut. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di sana ya!
8. Pulau Belitung
Kalau kamu sudah nonton film Laskar Pelangi, tentu sudah terbayang keindahan alam yang bisa kamu temukan di pulau ini! Jangan lupa untuk mampir ke Danau Kaolin yang merupakan bekas tambang galian yang sekarang disulap menjadi tempat wisata. Airnya yang berwarna biru terllihat kontras dengan pasir putih di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang unik!  Usai mengagumi pemandangan danau, bergeraklah ke Pulau Lengkuas untuk melihat keindahan alam bawah laut Belitung. Setelah puas snorkeling, kamu juga bisa mampir dan berfoto di depan mercusuarnya!
9. Labuan Bajo
Taman Nasional Komodo memang menjadi liburan impian bagi banyak orang. Nah, sisihkan uangmu untuk pergi ke sini setelah pandemi usai! Alih-alih menginap di hotel atau penginapan, mengapa tidak mencoba pengalaman berlayar mengarungi lautan? Ada banyak operator wisata di Labuan Bajo yang menyediakan jasa live on board selama beberapa hari. Jadi, kamu bisa berkunjung ke Pulau Rinca untuk melihat komodo, Pulau Padar, dan beberapa pulau kecil lainnya sambil bermalam di atas kapal laut. Tentu akan menjadi liburan yang berkesan! Sebelum (atau setelah) berlayar, luangkan 1 atau 2 hari untuk tinggal di Labuan Bajo. Dengan demikian, kamu bisa menyempatkan diri untuk menikmati indahnya air terjun Cunca Wulang di Desa Wersawe, sekitar 30 kilometer dari Labuan Bajo. Memang kedengarannya jauh, tapi keindahannya sungguh sepadan! Meski Covid-19 belum usai, bukan berarti kamu tidak bisa merencanakan liburan impian. Pelan tapi pasti, kita semua akan melewati semua ini bersama-sama. Teruslah menjaga jarak aman, memelihara kebersihan, dan berdoa kepada Allah SWT agar pandemi ini segera diangkat dari muka bumi. Tetap semangat ya!