icon
icon
article hero

8 Tempat Instagramable (Dekat Makanan Halal) di Hong Kong untuk Kunjunganmu Nanti

AvatarName

Tiara  •  May 29, 2020

icon

[Artikle ini aslinya ditulis oleh Atiqah Mokhtar. Kamu bisa membaca artikel berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Ketika pergi ke Hong Kong, satu hal yang pasti kita lakukan adalah berfoto. Latar belakang fotonya pun bermacam-macam, mulai dari cakrawala kota modern dengan gedung-gedung tinggi hingga area perkampungan bernuansa tempo dulu yang unik. Elemen inilah yang membuat Hong Kong menjadi tempat yang selalu dirindukan. Untungnya, Hong Kong punya banyak tempat unik yang cocok untuk tempat berfoto! Kamu pun tidak perlu susah-susah mencarinya karena kami telah merangkum 8 lokasi berfoto unik di Hong Kong yang juga dekat dengan makanan halal. Jadi, usai puas berfoto kamu bisa langsung makan! 😁 Catatan: Lembaga yang bertanggung jawab akan sertifikasi halal di Hong Kong adalah The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong. Perlu dicatat bahwa restoran yang bersertifikasi halal sekalipun kerap menyajikan minuman beralkohol. Meskipun demikian, hal ini tidak melanggar ketentuan selama minuman tersebut disiapkan dan disimpan terpisah. Kami juga menyertakan keterangan untuk restoran yang menyajikan minuman beralkohol.
1. Old Town Central Street Art
 Old Town Central adalah salah satu lingkungan tertua di pulau Hong Kong yang terletak di dekat area Central dan Sheung Wan. Suasananya yang keren dan eksentrik dengan berbagai mural, gang-gang kecil, dan pertokoan menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi.  Untuk kamu yang baru pertama kali ke sini, jangan lewatkan mural bergambar rumah yang ada di ujung jalan Hollywood Road dan Graham Street (gambarnya di atas). Mural ini hanyalah satu dari sekian banyak mural yang ada di area ini. Lihat daftar lokasi artistik lainnya di halaman ini!
Bukan cuma street art, ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor di area Old Town Central. Mulai dari pasar loak, bangunan klasik, sampai Masjid Jamia (masjid tertua di Hong Kong) yang mengagumkan! Cara ke sana: Dari stasiun MTR Sheung Wan atau Central, kamu bisa berjalan kaki untuk mengeksplor daerah Old Town Central. Kalau kamu mau ke lokasi mural bergambar rumah tadi, kamu cukup berjalan kaki selama 8 menit dari salah satu stasiun tersebut. Restoran ramah Muslim terdekat: Ebeneezer’s Kebab & Pizzeria
 Ebeneezer’s Kebab & Pizza adalah restoran bersertifikat halal di Hong Kong yang menyajikan makanan India, Timur Tengah, dan makanan barat. Restoran ini punya 15 cabang di seluruh Hong Kong, jadi kita bisa menemukannya dengan mudah. Cabang terdekat di Old Town Central berada di Hollywood Road (dekat sekali dengan mural bergambar rumah tadi!). Kamu bisa makan kebab, biryani, pizza, salad, dan sebagainya. Kalau kamu mau coba kebabnya, pilih kebab kombinasi kambing dan ayam!  Status halal: Tersertifikasi halal. Restoran ini menyajikan minuman beralkohol, namun disiapkan dan disajikan terpisah (sesuai dengan panduan The Incorporated Trustees). Harga rata-rata: HKD 70-100 (Rp 134.000 - Rp 191.000) Jam operasional: Senin sampai Jumat jam 10.30-18.00, Sabtu dan Minggu jam 10.30-19.00 Alamat: G/F, 24 Hollywood Road, Central Hong Kong Website
2. Victoria Dockside
Area perkotaan Hong Kong selalu berubah karena adanya pembangunan. Salah satu lokasi yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Victoria Dockside. Berlokasi di Tsim Sha Tsui, pembangunan baru ini mencakup apartemen, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. 
Kami sempat mampir ke mall K11 Musea saat terakhir kali ke Hong Kong dan benar-benar dibuat terpesona! Konsep mall ini sangat unik, memadukan pusat kebudayaan, perbelanjaan, dan sebuah karya arsitektur! Di dalamnya, ada pameran dan instalasi seni yang unik, dan yang paling menarik adalah Opera Theatre (atrium utama mall).
Kalau kamu mencari tempai selfie  yang unik, naiklah ke lantai paling atas menuju Bohemian Garden. Eskalator menuju taman ini dihiasi dengan busur-busur artistik yang cocok sebagai latar belakang.   Dari mall K11 Musea, kamu bisa langsung berjalan ke tepi dermaga Tsim Sha Tsui untuk menikmati pemandangan Pulau Hong Kong. Sambil menikmati suasana, kamu pun bisa melihat Avenue of Stars, yakni Hollywood Walk of Fame versi Hong Kong.  Cara ke sana: Naik MTR lalu turun di stasiun Tsim Sha Tsui (keluar Exit J1 dan J2) atau East Tsim Sha Tsui (keluar Exit E) dan berjalan menuju Victoria Dockside. Restoran halal terdekat: Hung’s Chinese Restaurant (5 - 12 menit berjalan kaki dari Victoria Dockside)
Puas berjalan-jalan saatnya mengisi tenaga di Hung’s Chinese Restaurant dengan ayam panggang renyah! Pemilik restoran yang berlokasi di Chungking Mansion ini adalah seorang Muslim. Chungking Mansion sendiri merupakan bangunan yang berisi pertokoan dan kedai makanan di Nathan Road. Ayam panggangnya yang lezat sangat cocok ditemani nasi goreng, sapi lada hitam, atau udang goreng tepung! #HHWT Tip: Kalau kamu ingin makanan lain, ada beberapa kedai makanan halal di Chungking Mansion, termasuk makanan India dan Pakistan! Status halal: Pemiliknya Muslim Harga rata-rata: HKD 50-100 (Rp 96.000-Rp 191.000) Alamat: Chungking Mansion, 36-44 Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Hong Kong
3. Sham Shui Po
Bicara soal berfoto di Hong Kong, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan permukiman vertikal yang ada di sana. Kalau kamu ingin memotret kehidupan sehari-hari warga lokal, maka Sham Shui Po adalah tempat yang tepat! Lokasinya di Kowloon dan menyajikan pemandangan yang berbeda dengan area perkotaan yang sibuk.  Tempat yang wajib dikunjungi di antaranya Tai Nan Street yang menjadi lokasi film Rush Hour 2 dan Transformer: Age of Extinction. Kanan-kirinya dihiasi bangunan dan papan nama, sebuah pemandangan yang akan mengingatkan kita akan suasana tahun 70an.  P.S. Mau kembali mengunjungin Hong Kong? Lihat dulu itirerary Hong Kong terbaru untuk kamu contek, termasuk Sham Shui Po, K11 Musea, dan lainnya!
Kredit: @yassakkaf di Instagram Sham Shui Po juga terkenal akan street art dan lingkungannya yang artistik, salah satunya adalah gedung Man Fung! Banyak orang salah kaprah dan mengira gedung Man Fung adalah yang berwarna kuning. Faktanya, gedung Man Fung adalah yang bergambar mural, sementara gedung kuning di sebelahnya adalah gedung Kam Ning. Tapi yang jelas, keduanya jadi tempat favorit untuk berfoto. #HHWT Tip: Meski banyak orang berfoto di lantai paling atas gedung Kam Ning dan Man Fung, hal ini bisa melanggar hukum karena menerobos batas wilayah properti pribadi. Selalu hormati privasi pemilik gedung dan berfotolah dari jalanan di depannya! Restoran halal terdekat: Ma’s Restaurant (7 menit berjalan kaki dari stasiun MTR  Sham Shui Po)
 Usai berfoto, mampirlah ke Ma’s Restaurant untuk menikmati hidangan ala Xinjiang! Ada berbagai menu yang bisa kamu pilih, mulai dari nasi sampai mi dan masakan khas Xinjiang lainnya. Coba juga goulash ( pastry isi daging sapi) mereka yang populer! Jangan lupa untuk mencoba jajanan ramah Muslim lainnya di area ini dengan melihat panduan menjelajahi Sham Shui Po! Status halal: Tersertifikasi halal Jam operasional: Setiap hari jam 11.30-22.45 Alamat: Shop A, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po, Hong Kong
4. Nathan Road
Kunjungan ke Hong Kong tentu tidak lengkap rasanya tanpa jalan-jalan di Nathan Road. Jalan sepanjang 3,6 kilometer ini membentang melewati Kowloon dari Victoria Harbour sampai Sham Shui Po di utara. Nama lainnya adalah Golden Mile yang penuh dengan pertokoan, mall, dan restoran di kedua sisinya.
Nathan road adalah surganya para fotografer urban karena ada keramaian yang berbeda di setiap sudutnya. Beberapa yang populer adalah Mong Kok (area belanja seperti Ladies Market dan Sneakers Street) dan Tsim Sha Tsui (di dekat Victoria Dockside). P.S. Mau belanja di Hong Kong? Simak dulu daftar lokasi belanjanya di halaman ini! Cara ke sana: Ada 5 stasiun MTR di sepanjang Nathan Road (Tsim Sha Tsui, Jordan, Yau Ma Tei, Mong Kong dan Prince Edward). Restoran halal terdekat: Popeyes Louisiana Kitchen (dekat stasiun MTR Mong Kok di Nathan Road)
Kredit: @thefoodbit di Instagram  Betul sekali, cabang Popeys yang ada di Mong Kok ini sudah mengantongi sertifikat halal. Jadi, kamu bisa menikmati ayam goreng rempah cajun yang nikmat usai menjelajahi Nathan Road! Jangan lupa pesan biskuitnya ya! 🤤  #HHWT Tip: Perlu diingat bahwa hanya Popeyes Mong Kok yang bersertifikat halal! Status halal: Tersertifikat halal Harga rata-rata: HKD 50 (Rp 96.000) Jam operasional: Setiap hari jam 11.00-22.30 Alamat: Shop B01, B/F, T.O.P, 700 Nathan Road, Mong Kok, Hong Kong
5. Tai Kwun Centre For Heritage And Arts
Baru-baru ini, kami mampir ke Tai Kwun dan jatuh cinta kepada daerah ini! Sebelum menjadi pusat kebudayaan dan kesenian, area ini berisikan gedung-gedung Kepolisian Pusat Hong Kong.
Gedung-gedung inilah yang membuat Tai Kwun menjadi tempat yang sangat Instagramable. Parade Ground, Kantor Kepolisian Pusat, Barak, dan Gudang Persenjataannya telah diremajakan dan menjadi pemandangan yang apik!
Kamu pun bisa melihat beberapa gedung baru seperti JC Contemporary yang merupakan pusat kesenian non profit. Gaya arsitektur dan fasad gedung ini saja sudah menjadi pemandangan tersendiri! Cara ke sana: Turun di stasiun MTR Central lalu naik Mid-Levels Escalator (jalur eskalator tertutup di sana) dan menuju titian masuk di persimpangan Hollywood Road dan Old Bailey Street. Restoran halal terdekat: Bombay Dreams (2 menit berjalan kaki dari Tai Kwun)
 Sedang ingin makanan India? langsung saja datang ke Bombay Dreams di dekat sini yang menyajikan masakan India dengan suasana mewah. Roti naan, chapati, ayam tandoori, dan semua makanannya disiapkan khusus di dapurnya. Bombay Dreams menyediakan makan ala buffet, tapi kamu juga bisa pesan menu ala carte! #HHWT Tip: Kalau kamu mau makan siang di sana, jangan lupa reservasi terlebih dahulu ya. Status halal: Tersertifikasi halal. Meski menyediakan minum beralkohol, persiapan dan penyajiannya terpisah sesuai dengan panduan The Incorporated Trustees. Harga rata-rata: Buffet makan siang HKD 198++ (Rp 378.000++), Menu ala carte HKD 150-200 (Rp 286.000-Rp 380.000) untuk makanan utama Jam operasional: Buka setiap hari jam 12.00-15.00 (makan siang) dan 18.00-23.00 (makan malam) Alamat: 4/F, Carfield Building, 77 Wyndham Street, Central Website | Facebook | Instagram
6. Blue House
Kredit: @tinalovestotravel di Instagram Ada begitu banyak bangunan indah di Hong Kong! Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Blue House yang ada di Wan Chai, Pulau Hong Kong. Sesuai namanya, gedung berwarna biru ini sudah ada sejak tahun 1920 dan merupakan salah satu tong lau atau bangunan rendah yang dibangun sebelum masa peperangan. Lebih baik lagi, gedung biru ini berada di antara bangunan berwarna kuning oranye! Sungguh pemandangan yang unik! Cara ke sana: Turun di stasiun MTR Wan Chai dan berjalan sekitar 7 menit ke Blue House.  Restoran halal terdekat: Kantin Islamic Centre (10 menit berjalan kaki) dan Wai Kee (13 menit berjalan kaki)  Dua restoran ini, Islamic Centre Canteen dan Wai Kee, sama-sama enak!
Kantin Islamic Centre Canteen menjadi lokasi favorit wisatawan Muslim untuk makan dimsum halal. Lokasinya berada di Masjid Ammar dan Osman Ramju RSadick Islamic Centre, jadi kamu bisa sekalian shalat di sini. Untuk ke restoran ini, kamu tinggal naik ke lantai 5. Menu favorit di sini antara lain siomay ayam kukus, har gaw (pangsit udang kukus), dan pangsit udang goreng. #HHWT Tip: Dimsum ini hanya tersedia sampai jam 15.00, jadi datanglah sepagi mungkin. Beberapa menu bahkan bisa habis sebelum jam 12.00. Kalau kamu terlambat, jangan khawatir karena masih ada menu lain seperti aneka nasi, mi, dan tumisan.
Tidak jauh dari sana, ada Wai Kee di Bowrington Road Market yang menyajikan bebek panggang! Disajikan bersama nasi, bebek panggang keemasan ini benar-benar enak! ada juga menu lainnya seperti mi pangsit dan nasi kari kambing. #HHWT Tip: Pusat jajanannya berada di lantai 2 gedung Bowrington Road Indoor Market yang bisa diakses lewat eskalator di samping gedung. Kantin Islamic Centre Status halal: Tersertifikasi halal Harga rata-rata: HKD60-150 (Rp 115.000-Rp 286.000) Jam operasional:  Jam 10.00-15.00 (dimsum), 18.00-21.00 (makanan Kanton) Alamat: Lantai 5, Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai, Hong Kong Wai Kee Status halal: Pemiliknya Muslim Harga rata-rata: HKD 30 (RP 58.000) Jam operasional: Jam 10.00-18.00 (hanya melayani pesanan untuk dibungkus setelah jam 17.30) Alamat: Shop 5, Bowrington Road Cooked Food Centre, 1/F, Bowrington Road Market, 21 Bowrington Road, Wan Chai
7. Ngong Ping 360
Tahukah kamu bahwa Pulau Lantau adalah pulau terbesar di Hong Kong? Selain Hong Kong Disneyland, di pulau inilah Ngong Ping 360 berada! Di sini, kamu bisa melihat pemandangan pulau dari ketinggian dengan naik gondola. Selain itu, ada pula berbagai pertokoan, restoran, dan tempat hiburan di Ngong Ping Village.
Ada banyak spot menarik di Ngong Ping Village, tapi jangan sampai kamu melewatkan Tian Tan Buddha dan Biara Po Lin! Arsitektur klasik dan patung Buddha di sini adalah pemandangan yang menarik untuk berfoto!
Ngong Ping VIllage juga menyelenggarakan acara dan pameran berbeda yang bisa menjadi materi Instagram yang menarik. Saat kami ke sana, sedang ada pameran We Bare Bears yang super lucu! Selain itu, jangan lupa mampir ke tempat berfoto permanen di sana, seperti Pohon Bodhi yang berisi permohonan para pengunjung!  Biaya masuk: Lihat di sini untuk tiket gondola. Masuk Ngong Ping Village tidak dikenakan biaya, namun beberapa tempat bermain di sana perlu tiket masuk. Lihat lebih lanjut tentang tempat bermainnya  di sini. Cara ke sana: Turun di stasiun MTR Tung Chung dan naik gondola ke Ngong Ping Village Restoran halal terdekat: Ebeneezer’s Kebab & Pizzeria (di Ngong Ping Village)
Sekali lagi, Ebeneezer’s menyelamatkan perut kita semua! Mereka punya cabang di Ngong Ping Village, jadi kamu bisa makan di sana.  #HHWT Tip: Ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Ada restoran vegetarian di dalam Biara Po Lin yang menyajikan makanan nabati tanpa menggunakan atau menyajikan alkohol. Status halal: Tersertifikasi halal. Meski menyediakan minum beralkohol, persiapan dan penyajiannya terpisah sesuai dengan panduan The Incorporated Trustees. Harga rata-rata: HKD 70-100 (Rp 134.000-Rp 191.000) Jam operasional: Senin sampai Jumat jam 10.00-18.00, Sabtu dan Minggu jam 9.00-18.30 Alamat: Shop No. 9A, Ngong Ping Village, Ngong Ping, Lantau Website
8. Hong Kong Disneyland
Daftar ini tentu tidak lengkap tanpa Disneyland! Taman bermain ini penuh dengan kebahagiaan dan kenangan masa kecil, jadi wajar saja kalau suasananya pun cocok untuk berfoto. 😍 Pasang mata dan siapkan kamera/smartphone karena ada banyak spot foto yang menarik! Misalnya foto dengan Minnie Mouse, istana Sleeping Beauty, atau parade karakter yang meriah di malam hari. Pokoknya kamu akan bersenang-senang di sini!  #HHWT Tip: Taman ini punya sederet lokasi terbaik untuk berfoto! Kamu pun bisa naik Hong Kong Disneyland Railroad untuk mengambil foto panorama taman bermain ini.
Kredit: Hong Kong Disneyland di Facebook Jangan lupa untuk berfoto bersama karakter Disney seperti Mickey, Minnie, dan teman-teman yang biasanya berada di area Main Street (dekat pintu masuk) saat teman ini baru buka. Untuk menghemat waktu, langsung saja antri di wahana favorit di sini. Kamu bisa berfoto dengan para karakter belakangan di beberapa titik temu karakter yang ada di taman ini.  #HHWT Tip: Unduh aplikasi Hong Kong Disneyland yang dilengkapi dengan GPS, jadwal, serta waktu tunggu wahana. Kamu pun bisa melihat di mana karakter favoritmu berada lewat aplikasi ini!  Restoran halal terdekat: Tahitian Terrace and Explorer’s Club (di dalam taman bermain)
Untungnya, tidak sulit untuk menemukan makanan halal di Hong Kong Disneyland. Ada 2 restoran halal di sini, yaitu Tahitian Terrace dan Explorer’s Club yang sama-sama menyajikan makanan Asia. Tahitian Terrace menyajikan aneka nasi kari, sementara Explorer’s Club punya makanan Korea, Jepang, India, Indonesia, dan Vietnam. Status halal: Tersertifikasi halal Harga rata-rata: HKD 100-200 (Rp 191.000-Rp 380.000) Lokasi: Tahitian Terrace berada di Adventureland, sementara Explorer’s Club berada di Mystic Park  Hong Kong adalah perpaduan unik antara pemandangan kota, panorama alam, dan daerah tempo dulu yang menanti untuk diabadikan. Entah itu untuk selfie ataupun memotret arsitektur, suasana Hong Kong siap untuk kamu unggah ke Instagram. 😉 Inilah waktunya untuk mulai merencanakan perjalanan kamu ke Hong Kong nanti!  Artikel ini dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.