icon
icon
article hero

8 Destinasi Wisata Indonesia yang akan Segera Buka Kembali

AvatarName

Tiara  •  May 29, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pandemi Covid-19 yang merebak di seluruh dunia tak ayal berdampak terhadap berbagai industri, khusunya pariwisata. Sejak Maret 2020 lalu, sebagian besar tempat wisata terpaksa harus menutup sementara operasionalnya. Namun, setelah 2 bulan ditutup, industri pariwisata tanah air mulai kembali menunjukkan geliatnya. Berikut ini adalah 8 destinasi wisata di Indonesia yang akan segera dibuka kembali! P.S Belum mau liburan ke luar kota? Kamu bisa menginap di hotel staycation Jakarta dan sekitarnya!
1. Candi Borobudur
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko (Persero) menyatakan akan kembali membuka Taman Wisata Candi pada 2 Juni 2020 mendatang. Tentu saja pembukaan kembali ini diiringi dengan penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19. Protokol ini sesuai dengan arahan Kementerian Parekraf dengan prinsip cleanliness, health, dan safety (CHS). Seluruh wisatawan yang datang nanti diwajibkan untuk menjalani beberapa protokol kesehatan. Di antaranya adalah menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh. Manajemen juga akan menetapkan jarak aman serta menyediakan hand sanitizer dan papan petunjuk protokol kesehatan.
2. Bali
 Pulau Dewata rencananya akan kembali membuka diri untuk wisatawan pada bulan Oktober 2020 mendatang. Nusa Dua, Jimbaran, dan Badung disebut-sebut akan menjadi tujuan pertama untuk penerapan program CHS Kemenparekraf. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman dan fasilitasnya yang lengkap. Secara bertahap, pariwisata di Bali akan kembali dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan dan keamanan terkait Covid-19. P.S Simak juga 3 syarat yang harus kamu penuhi sebelum bisa memasuki wilayah Bali, baik dari jalur udara ataupun jalur laut!
3. Taman Nasional Komodo
Pulau Komodo dan tempat wisata lain di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan kembali terbuka bagi pengunjung mulai 15 Juni 2020. Pembukaan ini berlaku baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Bukan hanya Taman Nasional Komodo, destinasi lain di NTT pun turut dibuka kembali. Beberapa di antaranya adalah Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, Pulau Sumba, Alor, Rote Ndao, dan Sabu Raijua. Pembukaan ini dilakukan serentak dengan kembali aktifnya kegiatan pembangunan dan pelayanan pemerintahan di wilayah NTT. Seiring dengan keputusan ini, Pemerintah NTT pun meminta agar pengelola mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan.
4. Pulau Belitung
Meski belum memberikan tanggal pasti, Pemerintah Kabupaten Belitung menyatakan akan mulai membuka pariwisata di Belitung secara bertahap. Beberapa tempat wisata yang akan dibuka terlebih dahulu antara lain Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Sementara objek wisata alam yang dikelola oleh kelompok masyarakat, seperti kawasan wisata Gunung Peramun dan Hkm Gusong Bugis Juru Seberang, akan menyusul kemudian. Pembukaan ini pun akan diikuti dengan penerapan protokol kesehatan bagi setiap pengunjungnya.  P.S Masih bingung mau melakukan apa di Belitung? Simak 7 alasan kenapa kamu harus berlibur ke sana!
5. Bukittinggi
Di pulau Sumatera, Bukittinggi tengah bersiap menyambut kembali wisatawan mulai Juni 2020 mendatang. Pemkot Bukittinggi sendiri tidak memperpanjang status PSBB yang berakhir pada 29 Mei 2020. Rencananya, objek wisata yang ada di Bukittinggi akan dibenahi secara bertahap untuk dibuka kembali pada bulan Juni. Protokol kesehatan Covid-19 seperti kewajiban memakai masker, mencuci tangan, dan pengecekan suhu tubuh juga akan diterapkan kepada pengunjung. Tempat wisata pun akan menyediakan sarana untuk mencuci tangan.
6. Padang Panjang
Rencananya, Pemkot Padang Panjang akan membuka kembali obyek wisata di daerahnya setelah PSBB berakhir tanggal 29 Mei 2020. Sebelum dibuka, akan dilakukan pembenahan diberbagai objek wisata terlebih dahulu. Di antaranya adalah di Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), pemandian Lubuk Mata Kucing, dan Desa Wisata Kubu Gadang. Pembenahan ini termasuk persiapan penerapan kenoramalan baru dan protokol kesehatan bagi para pengunjung. Selain pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung, para petugas yang berjaga pun akan dibekali alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan untuk meminimalisir kontak dengan para wisatawan.
7. Riau
 Pemprov Riau kini tengah bersiap untuk membuka kembali 117 destinasi wisata di daerah tersebut setelah status PSBB Riau tidak diperpanjang per 28 Mei 2020 lalu. Sebanyak 6 daerah, yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Siak, Kampar, Pelalawan, dan Bengkalis pun menjadi daerah percontohan penerapan fase kenormalan baru di provinsi tersebut. Saat ini, Pemprov Riau masih melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat wisata. Setelah mengecek kesiapan masing-masing daerah, diharapkan destinasi wisata di daerah tersebut bisa dibuka kembali. 
8. Garut
Seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut akan dibuka kembali mulai 2 Juni 2020 mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain obyek wisata, hotel dan penginapan pun diizinkan untuk kembali beroperasi dengan protokol keehatan serupa. Demikian pula dengan restoran. Untuk fase awal yang berlangsung tanggal 1-30 Juni 2020, pembukaan tempat wisata diiringi dengan penegakan disiplin, terutama di tempat keramaian. Selain itu, petugas gabungan dari TNI, Polri, tenaga kesehatan, dan Satpol PP pun akan disiagakan di tempat-tempat wisata. P.S Simak juga beberapa destinasi wisata indah Indonesia lainnya yang sudah menunggu untuk kamu kunjungi usai pandemi nanti!  Credit: Giphy Itulah dia beberapa tempat wisata di Indonesia yang akan segera buka kembali. Usai pandemi, kamu bisa pergi ke sana untuk berwisata sendiri ataupun bersama keluarga dan teman. Namun, perlu diingat bahwa kenormalan baru tentu membawa sejumlah protokol kesehatan dan kebiasaan baru yang harus diterapkan. Jangan lupa untuk selalu membekali diri dengan peralatan kebersihan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta selalu menggunakan masker wajah. Kamu tetap bisa menikmati suasana saat berwisata secara aman dengan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, dan melindungi diri. Selamat berlibur (nanti)!