icon
icon
article hero

7 Alasan untuk Berlibur ke Pulau Belitung Setelah Pandemi Usai

AvatarName

Vina Noviana  •  May 26, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Cheng Sim. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kamu mungkin penggemar berat Bali dan Lombok, tapi kini saatnya menemui surga lainnya yang mulai terkenal di Indonesia, yaitu Belitung. Sebuah pulau indah yang terletak di bagian timur Sumatera, kamu akan terkagum oleh air jernihnya, terumbu karangnya yang mempesona, dan pasir putihnya yang lembut saat wisata di Belitung! Mungkin wisata Belitung kini belum sepopuler Bali, tapi rahasia ini tidak akan bertahan lama. Mulai dari snorkeling sampai pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, inilah alasan Belitung adalah surga liburan!
1. Kamu bisa menjelajahi surga snorkeling yang indah
Dikelilingi oleh air sejernih kristal dan langit yang biru, Belitung jelas permata sesungguhnya! Jika kamu bertanya pada warga lokal di mana spot snorkeling favorit mereka, mereka akan langsung merekomendasikan Pulau Lengkuas. Begitu kamu masuk ke air, bersiaplah untuk disambut oleh ikan-ikan eksotis dan terumbu karang yang menakjubkan. Kabarnya kamu juga bisa menemukan ikan badut di sini, jadi sampaikan salam kami ke Nemo, ya! #HHWT Tip: Untuk sampai di Pulau Lengkuas, naik perahu motor atau perahu pancing warga lokal dari Tanjung Kelayang atau Tanjung Binga Pier.
2. Kamu bisa melihat matahari terbenam yang indah
 Melihat matahari terbenam merupakan salah satu nikmat hidup. Saat di Belitung, tempat terbaik untuk menikmati keajaiban sore ini adalah Belitung Barat, di mana matahari terbenam  Ada dua pantai yang terkenal atas pemandangan matahari terbenamnya. Kamu bisa datang ke Pantai Tanjung Pendam atau Pantai Tanjung Tinggi untuk melihat pemandangan matahari terbenam terbaik di Belitung Barat. P.S. Mencari tempat yang jarang diketahui lainnya di Indonesia? Cek pulau Labuan Bajo untuk tempat liburan yang jarang dikunjungi orang lain! Check out the island of Labuan Bajo to go off the beaten path!
3. Kamu bisa berfoto di spot keren untuk diunggah ke Instagram
Liburanmu di Belitung tidak akan lengkap tanpa mengambil foto yang layak diunggah ke Instagram. Indonesia punya banyak tempat wisata unik yang dapat memberikan momen berkesan, termasuk di Belitung. Datanglah ke Museum Kata Andrea Hirata, sebuah museum sastra warna-warni yang didirikan oleh penulis lokal Andrea Hirata. Sekitar 10 menit berkendara dari museum, kamu akan menemukan Rumah Keong Laskar Pelangi yang terbuat dari rotan dan berbentuk seperti keong. Setelah berfoto-foto sejenak, berjalanlah ke Replika Sekolah Laskar Pelangi, replika SD Muhammadiyah Gantong yang berukuran seperti aslinya. Sesuai namanya, tempat-tempat wisata unik ini terinspirasi dari novel Andrea Hirata yang sangat populer, Laskar Pelangi.
4. Kamu bisa berpindah-pindah pulau
Dikelilingi oleh banyak pulau lepas pantai, berpindah-pindah pulau atau island-hopping merupakan aktivitas wajib di Belitung. Naiklah perahu dan biarkan warga lokal yang ramah membawamu berkeliling. Dimulai dengan mengunjungi Pulau Kelayang yang dikenal karena pantai dan batu granit raksasanya. Kemudian, berpindahlah ke Pulau Kepayang, atau kami dapat menyebutnya sebagai salah satu surga snorkeling di Belitung. Lalu, lanjutkan jalan-jalanmu ke Pulau Lengkuas untuk berenang dan berfoto-foto seharian. Untuk relaksasi total, nikmatilah waktumu di Pulau Burung dan Pulau Batu Berlayar yang pas banget buat bersantai. Terakhir, cek pulau rahasia yang hanya muncul pada siang hari. Betul, maksud kami adalah Pulau Pasir! Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pagi hari saat pasang turun. Begitu pasangnya naik, pulau akan menghilang sepenuhnya. Mungkin pulau ini kecil, namun pasir putihnya sungguh memikat! #HHWT Tip: Untuk berpindah-pindah pulau di Belitung, kamu bisa menyewa perahu untuk seharian penuh. Kisaran harganya adalah Rp 500.000 per perahu (satu hari). Dengan jadwal perahu yang fleksibel, perjalanan island-hopping ini akan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam.
 5. Kamu bisa mengunjungi mercusuar yang berusia ratusan tahun
Banyak hal yang bisa kamu lihat di Belitung, termasuk Mercusuar L.I. Enthoven. Kamu hanya perlu naik perahu ke Pulau Lengkuas dan melihat sebuah mercusuar berusia ratusan tahun yang dibangun oleh orang Belanda pada tahun 1882.  Sebelumnya, para pengunjung dapat naik tangga ke atas mercusuar dan melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Namun, saat artikel ini pertama kali dipublikasikan, mercusuar sedang ditutup untuk umum. Semoga segera dibuka lagi, ya!  #HHWT Tip: Untuk sampai di Pulau Lengkuas, naiklah perahu cepat atau perahu pancing warga lokal dari Tanjung Kelayang atau Tanjung Binga Pier. P.S. Check out these 9 awesome backpacking destinations in Indonesia for your next getaway!
6. Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai berpasir putih
Belilah air kelapa dan handuk pantai karena Belitung memiliki salah satu pantai terindah di Indonesia. Kabarnya, Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir yang hangat dan lembut, jadi cocok untuk jalan-jalan dalam waktu lama. Bayangkanlah istana pasir yang akan kamu buat dan jejak kaki yang kamu tinggalkan. Damai dan sunyi, pantai ini muncul di film Laskar Pelangi pada tahun 2008 lalu. Film ini merupakan adaptasi dari novel Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Surga di tepi laut ini sempurna bagi siapapun yang mencari liburan santai.
7. Kamu bisa menikmati kelezatan makanan lokal yang halal
Setelah semua aktivitas pantai dan island hopping, saatnya untuk isi ulang perutmu! Belitung memiliki sedikit restoran ramah-Muslim yang menyediakan hidangan lokal terbaik mereka. Ruma Makan Belitong Timpo Duluk Jika kamu lapar, pesanlah menu lengkap hidangan Belitung asli di Ruma Makan Belitong Timpo Duluk. Cobalah pepes ayam, rendang, dan sup kepala ikan Gangan! Alamat : JI. Lettu Mad Daud, No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Parit, Kabupaten Belitung, Pulau Bangka Belitung, 33411 Indonesia Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.30-21.30 Status Halal: Bersertifikat Halal Dapoer Belitung Untuk tempat makan malam lainnya, makanlah di Dapoer Belitung. Terkenal akan pilihan makanan laut mereka, kamu bisa menikmati ikan kakap goreng, kepiting saus Padang, dan sup ikan Gangan. Alamat: Tanjung Pandan, Belitung Regency, Pulau Bangka Belitung, 334411 Indonesia Jam Buka: Buka setiap hari, pukul 10.00-23.00 Status Halal: Bersertifikat Halal Ada kesenangan khusus saat menjelajahi surga tersembunyi di Indonesia. Baik kamu tertarik untuk melihat terumbu karang maupun Mercusuar L.I. Enthoven yang berusia ratusan tahun, kami tahu kamu akan mendapatkan liburan pulau terbaik di Belitung! P.S. Mencari tempat liburan rahasia lainnya di Indonesia? Inilah 10 resort tersembunyi memukau di Indonesia yang kamu butuhkan!