icon
icon
article hero

12 Tempat Insta-Worthy di Singapura Yang Tidak Memerlukan Biaya Sepeser Pun

AvatarName

Vina Noviana  •  Sep 13, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Amira Rahmat. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Kehabisan tempat berkunjung untuk postingan mingguanmu? Butuh inspirasi untuk #OOTD berikutnya atau tempat selfie di pulau kecil kami? Jika kamu mengincar tempat-tempat sempurna yang Instagrammable di Singapura, kami punya solusinya. Dengan kombinasi bangunan yang menarik, nuansa lokal, dan objek wisata, kami punya sesuatu untuk kalian semua. Dan jangan khawatir – kamu tidak perlu membayar sepeser pun! Bersiaplah untuk petualangan seumur hidup, hanya di Singapura. Kredit: Giphy Tapi sebelum kami lupa, bawalah kamera yang layak untuk kualitas terbaik, begitu juga pengisi daya portable jika kamu menggunakan ponselmu! Cek kamera-kamera berikut untuk selfie sempurna!
1. Fort Canning
Kredit: @henysoe di Instagram Fort Canning merupakan bagian penting dari sejarah Singapura, tapi baru belakangan ini tempat ini diubah menjadi pusat perhatian karena tangga spiral yang super Instagrammable ini! Berada dekat dengan Fort Canning Park Tunnel di sepanjang Canning Rise, gambar ini diambil dari bawah tangga dan menyoroti pohon-pohon yang indah di latar belakangnya. 😍 Jangan lupa, kamu mungkin harus mengantri untuk mendapatkan foto yang sempurna di sini, karena akan ada penggemar Instagram lainnya juga.
Kredit: @fai_surachita di Instagram Jika kamu berencana mengunjungi Fort Canning, jangan lewatkan juga tempat-tempat foto sempurna di sekitar taman, ya! Dan kamu mungkin akan melihat pasangan yang menggunakan tempat ini sebagai foto pernikahan mereka, karena tempat ini berlokasi dekat dengan Kantor Pendaftaran Pernikahan. Alamat: 51 Canning Rise, Singapore 179872 (tangga terletak di antara National Museum of Singapore dan Fort Canning Lodge)
2. Jewel Changi Airport
Kredit: @amartuvshin05 di Instagram Daya tarik Singapura yang terkini pastinya juga salah satu dari tempat-tempat mengagumkan ini. Kami membicarakan Jewel Changi Airport! Dengan air terjun dalam ruangan yang tertinggi di dunia yaitu ketinggian 40 meter, kamu tidak akan mau melewatkan berfoto di tempat mempesona ini.
Kredit: @sandy_wu0516 di Instagram Air terjun tersebut, atau secara resmi bernama HSBC Rain Vortex, tampak sangat mengesankan dari sisi mana pun. Dan jika kamu ingin tahu cara mengambil foto yang sempurna, cek 6 tips fotografi ponsel yang berguna ini untuk memotret bagian terbaik dari Jewel! Alamat: 78 Airport Blvd, Singapore 819666 Cara menuju ke sana: Jewel Changi Airport terletak di tengah-tengah Bandara Changi, dan terhubung dengan terminal 1, 2, dan 3 melalui jalur berjalan.
3. National Gallery Singapore
Kredit: @markjason.tan di Instagram Mari kembali ke masa lalu di salah satu museum terbaru di sini, di pusat Civic District! Jika kamu menyukai arsitektur kolonial, ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi untuk melakukan pemotretan mini! Diperbarui dari bekas gedung Supreme Court dan City Hall, potretanmu di sini akan memancarkan nuansa berkelas. 
Kredit: @destination_hunters di Instagram
Berkat pilar yang menjulang tinggi, lekukan berbayang, dan arsitektur berkelas, kamu bisa mendapatkan banyak potret yang luar biasa dari berbagai sudut. Lantai paling atas museum juga menyediakan banyak kesempatan untuk sebuah hasil foto yang indah. Bangunan ini dengan mulus menyatukan desain modern dengan gaya neoklasik, menjadikannya surga baru berikutnya untuk para penggemar fotografi. #Tips HHWT: Jendela atap di lantai atas menghasilkan sinar matahari alami di dalam bagian remang-remang galeri untuk komposisi foto yang bagus! Alamat: 1 St Andrew’s Road, Singapore 178957
4. Singapore Botanic Gardens
Kredit: @amebeverly di Instagram Mencari sesuatu yang hijau untuk Instagram kamu? Tempat yang sangat Instagrammable ini selalu menghasilkan foto-foto yang bagus loh! Ini tempat wajib dikunjungi untuk piknik yang indah, berkencan, atau hanya untuk membaca buku. Jika kamu menjelajahinya lebih jauh, kamu akan menemukan tempat tersembunyi lainnya di sekitar untuk menyaksikan pemandangan nyata dari foto-foto bagus!
Kredit: @traveledgers di Instagram Jika kamu mau membayar sedikit untuk mendapatkan foto yang menakjubkan, cobalah kunjungi National Orchid Garden yang berada di dalam kebun raya. Lokasi di sini pastinya sangat indah! Dengan tiket masuk seharga $5 saja, kamu bisa mendapat foto yang Insta-worthy di trotoar kuno dengan lengkungan dan bunga nasional Singapura, Vanda Miss Joaquim, di atasnya. Alamat: 1 Cluny Road, Singapore 25969
5. Labirin Atap Marina Square
Kredit: @guderyl di Instagram Perhatikanlah yang satu ini, para pecinta potret kota! Tidak, ini bukan adegan dari film Maze Runner, tetapi ini adalah atap pusat perbelanjaan! Tempat ini memang berbeda dari yang lainnya. Kombinasi dari tembok putih mencolok dan lantai beton memberikannya efek yang sangat keren saat fotonya diambil dari atas.
Kredit: @hafiz_bin_hamidon di Instagram Secara teknis seperti rute kebakaran darurat, semua tembok tampak sama. Jadi, nikmatilah waktumu untuk mengelilingi labirinnya. Namun, jangan tanya kami bagaimana cara keluar dari labirin tersebut, ya! Alamat: Marina Square, 6 Raffles Boulevard Singapore 039594 Cara menuju sana: Keluar melalui tangga di Marina Square Mall, Lantai 3 di depan Beyond Pancakes untuk model foto. Sedangkan untuk fotografer, keluar melalui pintu yang menuju toilet, dan masuk melalui pintu di sebelah kananmu yang menuju sebuah tangga.
6. Old Hill Street Police Station
Kredit: @chloe_unnie di Instagram Tren warna pelangi selalu populer di media sosial, mulai dari bagel sampai minuman, dan bahkan bangunan! Menjadi sebuah impian bagi fotografi, Old Hill Street Police Station diresmikan sebagai monumen nasional. Bangunan bergaya neoklasik yang besar ini mustahil untuk dilewatkan! Berikan pose terbaik kamu di depan 927 jendela berwarna pelangi; waktu terbaik adalah pagi hari saat matahari belum terik – juga belum macet. 
Kredit: @yang__01 di Instagram Alamat: 140 Hill Street Singapore 179369
7. House of Tan Teng Niah, Little India
Kredit: @namagueyusdi di Instagram Rumah bagi beberapa jalanan paling berwarna-warni di sekitarnya, tempat budaya ini memiliki banyak tempat foto yang membuatmu akan terus mengeluarkan kamera. Ikon unik ini menampilkan arsitektur Eropa dan Tiongkok Selatan dengan warna-warna yang mencolok dan menarik, menjadikannya perubahan segar dari gedung pencakar langit biasa di sekitar.
Kredit: @just.a.bit.of.faith di Instagram
Dibangun pada tahun 1900-an, rumah bekas Tan Teng Niah adalah vila Tionghoa yang terakhir bertahan di daerah tersebut. Pada tahun 2018, tempat ini merupakan latar belakang yang unik untuk foto di feed Instagram kamu, juga sejarah yang menarik untuk dipelajari. Selagi kamu di sini, jangan lupa buat perutmu kenyang dengan sejumlah hidangan lezat di sepanjang jalan Little India! Alamat: Tan Teng Niah House, 37 Kerbau Road Singapore 219168 Cara menuju sana: Ambil Exit B dari MRT Little India, lalu masuk ke gang di sebelah kirimu.
8. Orchard Library
Kredit: @muhmadihsan di Instagram
 Jika kamu si kutu buku, kamu mungkin bisa menghabiskan waktu seharian di sini. Namun, ini bukanlah perpustakaan biasa. Dengan jumlah koleksi buku sebanyak 100.000 judul dan tampilan area yang didesain unik, perpustakaan ini jelas memanjakan para pengunjungnya. Bukan hanya tentang jumlah bukunya, tapi juga desain interior yang rapi dan konsep rustic di sini! Bahkan ada tangga geser agar kamu bisa memanjat dan mencari buku – oh, maksud kami, foto yang bagus.
Kredit: Nguyen Mai Anh di Facebook Tembok putihnya yang menakjubkan mensejajarkan lekukan rak dengan sempurna, memberikannya nuansa futuristik. Dengan latar dan bebagai benda bergaya di sana, tempat unik ini membuktikan dirinya sebagai tempat bermain untuk fotografer! Yang penting, jangan mengganggu para pembaca dan pustakawan, ya! P.S. Jika kamu merasa lapar, pilihlah 16 restoran halal sekitar Orchard yang dekat dengan tempat salat! Alamat: 277 Orchard Road #04-11 Orchard Gateway, Singapore 238858 Cara menuju sana: Keluar di MRT Somerset, perpustakaan berada di lantai 3 pusat perbelanjaan Orchard Gateway.
9. People’s Park Complex
Kredit: @immomiji di Instagram Parkir mobil beton yang terbengkalai tampak kontras dengan bagian depan berwarna kuning mencolok bangunan ini, yang menjadikannya latar vintage yang fotogenik!
Kredit: @cherrycornchips di Instagram People’s Park Complex sebenarnya bangunan komersial berpenghuni, tetapi bebaskan imajinasimu dan kamu akan mendapatkan beberapa foto yang menarik! Kamu juga bisa mencoba foto panorama di mana bangunan simetris dan langit cerah memberikan pemandangan yang semarak untuk story Instagram kamu yang terkini. Alamat: 1 Park Road, Singapore 059108
10. Bukit Timah Railway Tracks
Walaupun kedengarannya berlebihan, tetapi foto yang diambil di rel kereta mana pun memang fotogenik. Tersimpan jauh di pojok bagian Barat Singapura, tempat ini merupakan salah satu trayek rel kereta terakhir yang tersisa. Jembatan cor besi ini memberikan nuansa klasik dan nostalgia, dan kami bisa menjamin tiap foto di sini akan tampak (hampir) sempurna!
Kredit: The Rail Mall di Facebook Selain rel tersebut, struktur berkarat juga memberikan latar fotogenik sehingga fotomu tampak lebih berkarakter. Waktu terbaik ke tempat ini adalah pagi hari atau fajar untuk mendapatkan cahaya alami untuk foto Instagram kamu! Setelah itu, kenyangkan dirimu dengan beberapa makanan halal di Toko Prata di dekat Rail Mall. #Tips HHWT: Jika kamu ingin pergi ke sana pada siang hari, jangan lupa bawa tabir surya – matahari tropis akan sangat terik untuk mereka yang menginginkan foto yang bagus. Alamat: 380 Upper Bukit Timah Road 678040
11. Tiong Bahru
Kredit: Zatashah Idris di Facebook Gang kuno, kafe hipster, dan mural dinding yang rumit – apa lagi yang kamu minta? Tempat kaya warisan di Singapura ini menyediakan beberapa tempat foto terbaik di sekitar seni tembok yang berserakan di seluruh area! 
Kredit: JiahuiMuses di Facebook Arsitektur di seluruh lingkungan ini memiliki nuansa yang minimalis namun bergaya kuno sehingga dapat menciptakan postingan Instagram yang terasa seperti masa silam. Dan selagi kamu di sini, kamu juga berkesempatan besar untuk menemukan sisi berbeda dari hiruk-pikuk kehidupan kota kami dan mencoba beberapa hidangan Singapura lezat di kedai tua namun masih memiliki keindahannya, atau di kafe hipster. Jika kamu tertarik untuk menemukan pengalaman unik lainnya di Singapura, Tiong Bahru bukanlah satu-satunya lingkungan untuk dijelajahi! Alamat: 73 Eng Watt St Singapore 160073
12. Pulau Coney
Kredit: Mohamad Hafiz Abdul Azhiz di Facebook Tersimpan di bagian yang lebih terpencil di Singapura, permata ini menjanjikan tempat-tempat fotogenik terbaik untuk postingan Instagram kamu selanjutnya! Lakukan sedikit petualangan mini dari kota metropolitan, dan buatlah foto ajaibmu sendiri di Pulau Coney.
Kredit: @lilmisstpot di Instagram Ladang ilalang yang indah, tampilan pohon cemara laut, dan sejumlah cahaya alami tentu menciptakan foto impian tersebut. Bahkan jalur tanah tak berujung atau latar laut akan memancarkan nuansa ajaib dan bohemian di potretanmu. Bawalah losion antinyamuk dan serangga saat ke tempat ini. #Tips HHWT:  Sewalah sepeda agar kamu bisa menjelajahi Pulau Coney sepuasnya dan temukan beragam tempat untuk foto Instagram kamu yang berkualitas. Jika kamu ingin menjelahi Singapura sepenuhnya, cek itinerary 3D2N untuk mengungkap permata tersembunyi negeri kami! Cara menuju sini: Naik MRT ke Stasiun Punggol, lalu naik bus 84 ke Punggol End. Kemudian, sewa sepeda atau jalan kaki menuju Pulau Coney. Kini giliranmu mengambil kameramu dan waktunya kamu meningkatkan buruan foto Instagram kamu! Ayo kita mulai menjelajahi pulau yang cerah ini!