icon
icon
article hero

11 Tips Puas Berbelanja Di Myeongdong, Seoul (Berdasarkan Pengalaman Pribadi!)

AvatarName

Jean Tora Thosan  •  Feb 18, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Hashim Abdulla. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Sudah tak terhitung berapa kali saya berkunjung ke Myeongdong, tetapi setiap pengalaman yang didapat selalu bervariasi. Berdasarkan pengalaman saya, jika seseorang kurang menguasai wilayah ini, maka untuk menyusurinya akan sedikit rumit. Anda dapat melewatkan banyak sekali diskon, toko-toko, dan tentu saja makanan. Ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan, yang membuat Myeongdong menjadi tempat belanja populer. Kredit: Giphy Meskipun daerah ini cukup dipadati oleh turis, Anda masih bisa berbelanja sepuasnya. Jadi, berikut beberapa tips terbaik agar Anda dapat memaksimalkan pengalaman belanja di area hits ini! [P.S. Bepergian ke Seoul? Pastikan Anda memeriksa rencana perjalanan ramah-Muslim di Seoul 5 hari 4 malam kami!]
1. Datanglah lebih awal
Berhubung Myeongdong merupakan jantung dari distrik perbelanjaan Seoul, tempat ini dapat menjadi sangat padat. Jika Anda ingin menikmati belanja dan menghindari keramaian, saya sarankan untuk datang lebih awal! Jika Anda ingin menyusuri jalan Myeongdong dengan damai, tenang, dan tanpa harus berdesakan, semakin awal Anda tiba, semakin baik. Sebagian besar toko dan mall buka sekitar jam 10-11 pagi.
Kredit: Doug Sun Beams di Flickr Tempat ini bisa benar-benar ramai pada sore hari dan pada akhir pekan kepadatan sudah dapat terlihat dari pukul 12 siang. Pada malam hari Myeongdong akan sangat padat, biarpun suasananya memiliki daya tarik tersendiri, tetapi untuk pengunjung yang ingin berbelanja akan terasa kurang nyaman - kecuali jika Anda menyukai hingar-bingar semacam ini. Tetapi meskipun begitu, bagi saya suasana Myeongdong di malam hari tetap terasa menyenangkan untuk dinikmati 😊  Jadi saran saya pergilah lebih awal dan tuntaskan kegiatan berbelanja dan nikmatilah suasana sibuk area Myeongdong setelahnya. Di sepanjang jalan juga banyak pedagang makanan kaki lima - harap diperhatikan bahwa saat ini kami belum dapat memeriksa status halalnya. Tanyakan pada tiap warung sebelum membeli dan keputusan untuk mengonsumsi jajanan-jajanan tersebut saya kembalikan kepada Anda.
2. Sewalah loker penyimpanan
Menyewa loker mungkin merupakan salah satu hal paling cerdas untuk dilakukan saat berada di Myeongdong, karena siapa sih yang suka menenteng barang belanjaan atau ransel berat sepanjang hari 😅
Kredit: @pennedplaces di Instagram Pergilah lebih awal untuk menyewa loker, kecuali jika Anda beruntung mendapatkan loker di siang hari. Harganya tidak terlalu mahal dan berada di stasiun kereta bawah tanah Myeongdong. Harap dicatat bahwa Anda harus membayar setiap kali Anda selesai menyimpan barang, jadi belanjalah sepuasnya terlebih dahulu baru kemudian masukkan kantong belanjaan Anda di loker.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Namun sayangnya loker Myeongdong terletak di sebelum pintu keluar subway, yang berarti Anda harus langsung ke tempat penyewaan pada saat turun dari subway. Meskipun begitu, menurut saya masih worth it!
3. Beli 1 Gratis 1
Korea dikenal dengan diskon beli 1 gratis 1, dan di Myeongdong penawarannya bisa gila-gilaan! Jika Anda terobsesi dengan skin care dan makeup seperti warga lokal pada umumnya, maka tips ini diperuntukkan bagi Anda 🤗
Kredit: @pennedplaces di Instagram Kebanyakan, hampir semua toko perawatan kecantikan akan memberikan penawaran beli 1 gratis 1 (atau bahkan bisa lebih dari itu!). Yang terpenting adalah menemukan merek yang paling Anda sukai dan memeriksa apakah mereka sedang ada penawaran khusus atau tidak.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Jika Anda beruntung, yang mana seringkali terjadi saat berbelanja di Korea - Anda pasti akan menemukan apa yang Anda cari. Biasanya saya membeli krim mata dan serum wajah dari Missha, tetapi tentu saja masih banyak pilihan tersedia di sana.
4. Window shopping adalah kunci
Ini merupakan hal yang saya pelajari dari istri saya yang cantik dan ahli dalam berbelanja, Fatima. Dia selalu menekankan pentingnya untuk tidak membeli barang pertama yang Anda lihat dan jangan, saya ulangi, jangan menghabiskan semua uang Anda di toko pertama yang Anda kunjungi 😂
Kredit: @pennedplaces di Instagram Ada banyak toko yang menjual merek pakaian atau produk kecantikan yang sama di daerah tersebut dan mereka semua memiliki diskon dan stoknya sendiri. Jadi silakan berkeliling terlebih dahulu untuk mencari harga terbaik dan yang terpenting, siapkan tenaga untuk berjalan. Area ini memiliki semuanya mulai dari merek pakaian populer, toko kosmetik, produk lokal, dan tentu saja toko-toko dengan berbagai diskon dan harga miring. 
Kredit: @pennedplaces di Instagram Kenakan sepatu Anda yang paling nyaman dan bersiaplah untuk banyak berjalan sepanjang hari. Ini merupakan kesempatan Anda untuk berbelanja sepuasnya, jadi maksimalkanlah dengan baik! Meskipun area Myeongdong sangat besar, menemukan diskon di sana sangatlah mudah. Yang harus Anda lakukan hanyalah susuri setiap toko dan jangan lupa untuk membandingkan harga-harganya.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Saya suka sepatu kets dan area ini memiliki semua merek terbaik di beberapa toko - Nike, Adidas, New Balance, dan Converse dan masih banyak lagi! Tentu saja, mereka juga memiliki toko-toko lokal seperti ABC mart dan Les More yang memasok semua merek di atas. Jika Anda mencari pakaian, di sini tersedia H&M, Zara, Forever21, dan Uniqlo - Anda akan dimanja oleh banyaknya pilihan. Saya sarankan untuk melakukan window shopping terlebih dahulu baru kemudian memutuskan untuk memilih penawaran terbaik.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Di lorong samping, Anda akan menemukan kios pasar seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Mereka memiliki penawaran yang luar biasa dan kamu masih dapat melakukan tawar-menawar jika Anda membayar dengan uang tunai dengan jumlah banyak. Ingat, jangan ragu untuk meninggalkan tokonya jika harga yang diberikan belum sesuai dengan yang Anda inginkan. Missha adalah merek favorit saya untuk krim wajah dan serum mata untuk pria, dan seperti yang sudah Anda tebak merek ini dijual hampir di semua toko di sana. Mustahil untuk tidak menemukan toko yang menjual produk incaran Anda. Berikut adalah beberapa merek kecantikan yang dapat saya rekomendasikan: Laneige, Skinfood, IOPE, Innisfree, Stylenanda 3CE, Olive Young, Boots, Aritaum, Nature Republic, Primera, dan Etude House. Untuk merek-merek premium seperti Sulwhasoo, History of Whoo, Hera, Amore Pacific, Clinique, MAC dan tentu saja Bobbi Brown - penawaran terbaik berada di Lotte Department Store. Setelah Anda menelusuri areanya dan tahu penawaran apa saja yang sedang  berlangsung - saatnya untuk berbelanja! 
5. Jangan lewatkan pusat perbelanjaan bawah tanah
Baik itu mall, department store hingga K-pop, Myeongdong memiliki segalanya. Inilah sebabnya mengapa seseorang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran untuk menyusuri area ini. Pada dasarnya, sebagian besar area Myeongdong merupakan sebuah mall outdoor atau area perbelanjaan.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Dengan demikian, ada seluruh pusat perbelanjaan bawah tanah yang dipenuhi dengan butik-butik kecil dan toko-toko, di mana orang bisa melakukan tawar-menawar. Meskipun tidak semua toko memberlakukan ini, tetapi masih banyak toko yang bersedia melakukannya dengan beragam penawaran. 
Kredit: @pennedplaces di Instagram Area bawah tanah ini terhubung langsung ke Stasiun Myeongdong, jadi pergilah ke sana dan lihat apakah Anda dapat membeli dengan harga terbaik. Jangan lupa catat frasa korea ini untuk meminta diskon: "Kaa-kka Ju Say Yo" (깎아 주세요). Ejaannya tidak ditulis secara persis agar mudah untuk Anda ucapkan. 😉
6. Kaus kaki, kami cinta kaus kaki!
Korea terkenal dengan kaus kakinya yang lucu dan di Myeongdong orang-orang dapat menemukan kaus kaki yang sesuai dengan berbagai macam selera busana.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Mereka menjual banyak karakter Disney, superhero, dan idola K-pop, ya idola K-pop. Saya sarankan untuk mencari penawaran 10 + 1 (beli 10, dapatkan 1 gratis).
Kredit: @pennedplaces di Instagram Mungkin Anda akan kebingungan memilih kaus kaki mana yang harus diambil, jadi menurut saya membeli langsung 11 pasang merupakan ide yang bagus 😉 Kaus kaki ini dapat dijadikan sebagai hadiah kecil untuk keluarga dan teman.
7. Ketahui waktu terbaik untuk berbelanja
 Baik itu Black Friday atau Cyber Monday, mengetahui kapan momen yang pas untuk berbelanja adalah sesuatu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh setiap pembelanja. Karena mendapatkan penawaran terbaik sama adiktifnya dengan berbelanja itu sendiri. 
Kredit: Visit Korea Committee(Korea Grand Sale Organizing Committee) Meskipun Korea adalah tempat yang tepat untuk berbelanja, tidak ada yang lebih baik dari Korea Grand Sale. Kebanyakan perusahaan dan hampir setiap toko ikut berpartisipasi! Di antaranya adalah maskapai penerbangan, produksi teater nasional seperti NANTA dan department store besar seperti Hyundai dan Lotte.
Kredit: Visit Korea Committee(Korea Grand Sale Organizing Committee) Obral musim panas biasanya hadir di bulan Juli dan berlangsung selama satu bulan dan obral musim dingin biasanya berlangsung selama pertengahan Januari hingga akhir Februari. Obral ini  berlaku di seluruh Korea dan Myeongdong merupakan pusat dari semuanya. Buka situs web ini untuk informasi lebih lanjut.
8. Restoran halal yang berlimpah
Sebelumnya saya telah menyebutkan soal makanan, tetapi kali ini bukan makanan yang ada di minimarket atau jajanan pinggir jalan! Yang saya maksud adalah restoran. Saya yakin jika Anda sedang bersama pasangan atau dengan orang tua, restoran merupakan pilihan yang jauh lebih nyaman. Setelah tinggal di sini selama hampir 8 tahun, saya telah melihat banyak perubahan pada barisan restoran halal dan tempat-tempat berikut ini telah sangat membantu. Kampungku Kampungku adalah restoran Malaysia otentik yang menyajikan makanan Malaysia dan Korea. Opsi menu yang lezat dan termasuk pilihan menu terbaik yang dapat ditawarkan oleh kedua negara ini. 
Saya selalu ingin mencoba ayam goreng ala Korea dan akhirnya kesampaian juga, ternyata rasanya sungguh lezat 😋 Tidak mengecewakan sama sekali. Dari nasi lemak, nasi goreng, tom yam dan sate ayam hingga hidangan lokal seperti Bulgogi, Sweet Crispy Chicken, Korean Fried Chicken, dan Kimchi Fried Rice - mereka menyediakan menu untuk semua orang. Status Halal: Milik muslim Alamat: Jong-ro 20-gil, Namsandong 2(i)-ga, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan Jam Buka: Pukul 11.00 - 21.00 Kontak: +82 02-310-9249 Harga: sekitar KRW 6,500-10,000 Dekat stasiun subway station: Stasiun Myeongdong (Line 4), Exit 3 Busan Jib Restoran kecil dengan gaya korea sejati ini tersembunyi di pinggir jalan Myeongdong, tetapi saya jamin Anda pasti menyesal jika sampai melewatkannya. Busan Jib menyajikan daging bersertifikat halal di semua hidangan Korea otentiknya yang lezat. Kualitas dagingnya sangat bagus dan begitu juga ayamnya. Jadi siapkan uang Won ekstra untuk puaskan selera makan Anda.
 Sup ayam pedas Korea, ayam ginseng dan bulgogi mereka merupakan menu wajibnya 😋 Berhubung sulit untuk menemukan makanan Korea halal, saya sarankan untuk puaskan diri Anda dengan semua menu yang mereka tawarkan. Jika Anda selalu ingin mencoba BBQ Korea, di sinilah tempatnya. Anda dapat memanggang Bulgogi Anda sendiri dan membungkusnya dengan selada segar! Halal status: Tersedia daging halal Alamat: 11-4 Myeongdong 8-gil, Myeongdong 2(i)-ga, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan Jam Buka: Pukul 11.00 - 22.00 setiap hari Kontak: +82 2-777-8660 Website Restoran Gurkha Saya suka Makanan India dan salah satu tempat terbaik di Seoul untuk menyantapnya adalah Gurkha. Meskipun begitu, bersiaplah untuk menggocek kantong lebih dalam. Ini merupakan hal biasa, kebanyakan hidangan negara asing memang lebih mahal di Korea. Dengan statusnya yang halal, ini artinya mereka menyediakan daging dan ayam halal, yang juga berarti tidak ada batasan pada apa yang bisa kita santap. Makanannya lezat dan paket menunya cocok jika Anda memiliki anggaran terbatas. Porsi mereka cukup untuk dinikmati sendiri hingga 4 orang. Harga menu di restoran-restoran seperti ini mungkin tidak murah, tetapi cocok untuk kencan, makan keluarga maupun jamuan bisnis. Status Halal: Tersedia daging halal Alamat: 4F, 16-1 Myeongdong 10-Gil, Jung-gu, Seoul, Korea Jam Buka: 10.30 - 22.30 setiap hari Kontak: +02-775-8860 Website #Tip HHWT: Jangan hanya berhenti di Myeongdong. Isi perut Anda di restoran-restoran halal ini selagi Anda berada di Seoul!
9. Dapatkan karikatur wajah sendiri
Salah satu hal paling keren di Myeongdong adalah mendapatkan karikatur diri Anda karena ada banyak seniman jalanan di daerah tersebut.
Kredit: @wanderlust_by_hashim di Instagram Tetapi jangan lupa untuk untuk melihat-lihat dan memilih seniman yang Anda sukai. Pastikan untuk minta digambarkan seimut mungkin 😂 Kalau tidak, bisa-bisa Anda berakhir dengan karikatur yang aneh dan hasilnya tidak akan mengesankan Anda atau teman Anda di rumah. 
10. Puaskan hasrat K-pop Anda
Bukan rahasia lagi bahwa K-pop telah mengambil alih dunia dan bagi penggemar K-pop, menemukan merchandise grup favorit berada pada urutan teratas dalam daftar barang belanja saat di Korea.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Salah satu tempat terbaik untuk berbelanja merchandise K-pop tidak diragukan lagi adalah Myeongdong, terutama pusat perbelanjaan bawah tanahnya. Ada begitu banyak toko yang dapat dipilih dan Anda dapat menghabiskan sepanjang hari untuk memuaskan hasrat fanboy/fangirl Anda.
Kredit: @pennedplaces di Instagram Jangan terlalu khawatir akan harga barang karena harganya terjangkau (kurang dari KRW 15.000). Sebagian target pasarnya adalah remaja tetapi meskipun demikian, semakin populer bintang favorit Anda, semakin mahal pula harganya!
11. Pengembalian pajak - hadiah Korea Selatan untuk para turis
Para turis dapat mengajukan permohonan pengembalian pajak yang dibayarkan sebelum meninggalkan negara atau menerima pengembalian pajak dengan batas tertentu pada saat itu juga dengan berbelanja di toko-toko bersertifikat bebas pajak. Silakan cari logo dan tandanya!
Kredit: @pennedplaces di Instagram Untuk dapat langsung menerima pengembalian pajak atas pembelian di toko Bebas Pajak, Anda harus menunjukkan paspor dan detail penerbangan Anda. Untuk menerima pengembalian pajak sebelum meninggalkan negara, Anda dapat memberikan struk belanja yang berlaku di gerai pengembalian pajak yang berada di bandara atau di toko-toko tertentu. 
Kredit: @pennedplaces di Instagram Untuk memenuhi syarat sebagai penerima pengembalian pajak, Anda harus:
  • Melakukan pembelian lebih dari 30.000 KRW dan kurang dari 300.000 KRW, sudah termasuk pajak
  • Namun, pengembalian pajak memiliki jumlah batas dengan total pembelian kurang dari KRW 1.000.000 selama masa perjalanan Anda di Korea
Anda juga harus memenuhi ketentuan berikut:
  • Warga Negara Asing (Kurang dari enam bulan di Korea)
  • Warga Negara Korea yang tinggal di luar Korea (Hidup lebih dari dua tahun di negara asing / berada kurang dari tiga bulan di Korea)
  • Tidak membayar pajak Korea
  • Telah meninggalkan negara dalam kurun waktu tiga bulan sejak tanggal pembelian
Jadi demikianlah beberapa tips terbaik saya untuk berbelanja dan makan dengan tetap hemat di Myeongdong. Anda punya merek Korea favorit? Ada barang yang ingin Anda beli? Atau Anda punya toko favorit? Tinggalkan komentar atau DM apabila kami melewatkan tips dan trik rahasia yang mungkin Anda ketahui. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain tentang Korea, Seoul, dan wisata halal lainnya! #Tip HHWT: Jika Anda suka berbelanja, pastikan Anda juga mengunjungi area perbelanjaan ini di Seoul! N.B. Ucapan terima kasih kepada teman baik saya pennedplaces untuk hasil rangkaian fotonya yang menakjubkan. Jangan ragu untuk kunjungi karya-karyanya di Instagram. Kepiawaiannya telah membantu mempercantik tulisan saya!