icon
icon
article hero

Mengintip 10 Bali Baru, Destinasi Wisata yang Jadi Wajah Baru Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Jul 20, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Meski saat ini kita belum bisa liburan ke luar negeri karena pandemi, Indonesia punya ratusan destinasi wisata domestik yang telah menanti. Lebih baik lagi, pemerintah melalui Kementerian Parekraf kini tengah mempersiapkan 10 Bali baru! Tunggu dulu, maksudnya bukan 10 tempat baru di Bali. Jadi, pemerintah Indonesia tengah menyiapkan 10 Bali baru Kemenpar yang dikembangkan sebagai destinasi wisata. Ke depannya, destinasi ini ditengarai akan menjadi daya tarik yang tidak kalah dengan pesona Pulau Dewata. Adapun 10 Bali baru Kemenpar ini tersebar di beberapa pulau di tanah air (beberapa bahkan di dekat Jakarta!). Berikut adalah 10 Bali baru Kemenpar yang bisa dijadikan destinasi liburan kamu selanjutnya!
1. Pulau Seribu
Meski namanya Kepulauan Seribu, faktanya hanya ada sekitar 342 pulau di kepulauan ini. Untuk menuju ke sana, kamu cukup menempuh perjalanan dengan kapal dari Muara Angke, Jakarta Utara selama kurang lebih 2,5 jam, tergantung kondisi cuaca dan gelombang laut. Berlibur ke sana pun tidak selalu harus menginap karena banyak operator wisata yang menyediakan paket one day trip Pulau Seribu dengan harga yang cukup terjangkau. Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di kepulauan ini, mulai dari snorkeling, water sports , hingga berkemah di tepi pantai. Tinggal pilih mau menghabiskan waktu di pulau yang mana. Untuk kamu yang ingin melihat keindahan alam bawah laut, kamu bisa ke Pulau Harapan atau Pulau Tidung. Kalau kamu ingin bermalam di tengah suasana tropis, langsung saja menginap di resort yang ada di Pulau Macan atau Pulau Ayer. P.S Lihat contekan 6 pulau yang wajib kamu singgahi di kunjungan kamu ke Kepulauan Seribu nanti!
2. Tanjung Lesung
Di ujung barat Pulau Jawa, tersimpan sebuah keindahan pantai yang sudah menunggu untuk dikunjungi. Wisata pantai Tanjung Lesung bisa dijangkau hanya dengan 3-4 jam berkendara dari pusat kota Jakarta. Sebagai salah satu 10 Bali baru Kemenpar, pantai ini merupakan salah satu pantai paling indah yang berada di dekat ibukota. Dengan area seluas 1500 hektar, Tanjung Lesung menjadi lokasi one-stop destination untuk semua wisatawan. Para penyuka olahraga air bisa memilih ingin snorkeling, diving, atau memacu adrenalin dengan jetski atau banana boat. Kalau kamu malas basah-basahan, kamu bisa menikmati suasana dengan menyusuri hamparan pasir putih di sana. Mengingat lokasinya berada di ujung barat, pemandangan matahari terbenam di sini pun tidak ada duanya. Kamu bahkan bisa melihat pemandangan Gunung Anak Krakatau dari titik tertentu di sepanjang pantai ini.
3. Candi Borobudur
 Candi yang berada di Magelang ini telah berdiri ratusan tahun lalu dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Tidak heran jika ia masuk ke dalam 10 Bali baru Kemenpar karena sarat akan nilai sejarah dan keunikan. Faktanya, Candi Borobudur dibangung dengan balok batu vulkanik yang disusun tanpa bahan perekat. Ada 2672 relief dan 504 arca di candi ini yang sebagian diantaranya mengisahkan sejarah. 
4. Gunung Bromo
Destinasi yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu. Gunung Bromo memang menjadi salah satu destinasi paling populer di Jawa Timur. Gunung berapi aktif ini berada di 4 wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumayang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Malang. Sebagai destinasi 10 Bali baru Kemenpar, Gunung Bromo ditengarai bakal semakin digandrungi oleh wisatawan. Terlebih dengan semakin mudahnya akses dan akomodasi yang ada di sana.
5. Belitung
Negeri Laskar Pelangi ini juga menjadi salah satu destinasi 10 Bali baru Kemenpar. Tidak heran, Belitung memang menyimpan potensi pariwisata yang begitu besar, mulai dari keindahan alam hingga kulinernya. Snorkeling adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sini. Selain keindahan bawah lautnya, pulau-pulau kecil di Belitung pun akan membuat kamu tidak sabar untuk kembali lagi ke sini.  Selain lautnya, pemandangan indah pun bisa kamu temukan di daratan Belitung. Danau Kaolin dan mercusuar di Pulau Lengkuas adalah spot yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke sini! 
6. Danau Toba
Danau terbesar di Indonesia (dan danau vulkanik terbesar di dunia) ini merupakan hasil letusan gunung  berapi yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Sebelum menjadi destinasi 10 Bali baru Kemenpar pun danau ini tentu sudah akrab di telinga karena sering disebut dalam pelajaran geografi semasa sekolah dulu.
Danau Toba membentang di 7 kabupaten, yakni Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. Di tengah danau ini ada Pulau Samosir yang juga menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Samosir dengan menyeberang menggunakan kapal ferry dari Parapat. Salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari atas adalah di Desa Tongging di Kabupaten Karo (sekitar 100 kilometer dari Medan). Memang cukup jauh, tapi setibanya di sana, kamu akan disambut oleh suasana sejuk dan pemandangan danau yang indah. Selain itu, kamu pun bisa mampir ke Air Terjun Sipiso-piso yang berada di desa ini.
7. Mandalika
 Selain menjadi salah satu destinasi 10 Bali baru, nama Mandalika pun semakin dikenal karena menjadi lokasi proyek sirkuit internasional untuk MotoGP di Indonesia. Mandalika juga dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga berbagai sarana seperti akses jalan dan kelistrikannya telah terfasilitasi dengan baik.  Sebelum sirkuit tersebut selesai pun berbagai objek wisata sudah siap menyambut kamu, mulai dari Bukit Merese, Batu Payung, Gua Kotak, hingga Pantai Seger.
8. Labuan Bajo
Destinasi 10 Bali baru yang satu ini sudah menjadi primadona di kalangan wisatawan sejak beberapa tahun lalu. Bagaimana tidak, ada begitu banyak potensi pariwisata yang masih tersimpan di kawasan ini. Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar adalah beberapa yang paling populer. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa Labuan Bajo lebih dari sekedar komodo dan pemandangan pantai. Beranjak ke dataran tingginya, kamu bisa menemukan Gua Batu Cermin. Gua ini diyakini merupakan gua bawah laut yang muncul ke permukaan akibat perubahan geografis di masa lalu. Di sini, kamu bisa melihat lorong-lorong batu karang serta beberapa fossil makhluk laut yang tertinggal. Tempat lain yang juga menarik adalah Pantai Pink yang hanya bisa ditemukan di 8 lokasi di seluruh dunia!
9. Wakatobi
 Sudah saatnya semakin banyak orang yang tahu tentang Wakatobi, surga bawah laut di perairan Sulawesi. Destinasi 10 Bali baru Kemenpar yang satu ini memang menyimpan keindahan laut yang begitu mempesona. Bayangkan saja, setidaknya ada 5 jenis paus yang bisa kamu temuka (jika beruntung) di sini. Selain itu, diketahui 6 jenis lumba-lumba pun kerap berada di wilayah perairan Wakatobi.  Dengan luas 1,39 juta hektar, Taman Nasional Wakatobi mencakup 4 pulau besar, yakni Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Dari keempat pulau inilah nama Wakatobi berasal. Posisinya yang berada di jantung segitiga terumbu karang dunia akan memanjakan matamu saat diving dan melihat ratusan spesies terumbu karang di sini.
10. Morotai
Destinasi 10 Bali baru Kemenpar yang berada di Maluku Utara ini sudah mulai mencuri perhatian karena kecantikannya. Salah satu spot yang paling populer adala Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang terhubung dengan sebuah gosong pasir saat air laut sedang surut. Untuk kamu yang suka snorkeling dan diving, Morotai adalah tempat yang wajib kamu selami paling tidak sekali seumur hidup. Setidaknya ada 28 diving spot di Morotai dengan berbagai terumbu karang dan kehidupan laut yang indah. Satu hal yang membuat lokasi ini berbeda adalah adanya bangkai pesawat dan mobil di kedalaman puluhan meter yang diduga berasal dari sisa-sisa peperangan zaman dahulu. Pengalaman lain yang tak kalah seru di sini adalah diving bersama hiu! Destinasi 10 Bali baru Kemenpar ini semakin membuka mata kita akan kekayaan wisata alam di Indonesia. Kesepuluh destinasi ini bisa menjadi target baru untuk menggantikan perjalanan luar negeri yang tertunda. Berwisata di tanah air pun tidak kalah indah dan berkesan jika kamu mengetahui destinasi yang tepat. Simak informasi terkai wisata domestik di tanah air lainnya dalam artikel berikut ini: